Google Penguin



Google penguin - merupakan sebuah code algorithma dari google yang baru saja di update dan diumumkan pada tanggal 24 april 2012.
Dimana algoritma google yang sebelumnya dikenal dengan nama Algoritma Panda. Algoritma panda bertujuan menurunkan ranking suatu website yang dianggap sangat "miskin" pengalaman. Algoritma ini menggunakan penilaian logika manusia untuk mengindentifikasi situs-situs yang dinilai kurangnya kualitas suatu web.

algorithma google penguin


Google Panda juga mengalami pembaharuan berkala dengan diriliskannya google panda versi 3.2 pada tanggal 14 januari 2012 dan versi 3.3 pada tanggal 27 Februari 2012.

Sedangkan Algoritma Google Penguin lebih mengutamakan kepada pemeriksaan webspam disamping itu juga memperhatikan adanya cara-cara tidak terpuji misalnya copy paste, penerapan blackhat Seo dan yang mengutamakan Link Building suatu website(terutama link yang berbayar).

Dengan perkiraan dari google, Algoritma Google Penguin akan mempengaruhi sekitar 3.1 % dari pencarian dalam bahasa inggris, 3% dalam permintaan pencarian bahasa Jerman, Cina dan Arab. ( sumber : wikipedia )

Menurut salah satu penulis dari Google yaitu Matt Cutts yang menulis di Webmaster Central  Blog, beliau menyarankan untuk para webmaster agar fokus kepada pembuatan situs yang berkualitas tinggi yang berasal dari pengalaman pengguna dan penerapan metode "white hat" SEO, bukan menggunakan taktik agresif dalam bentuk webspam.

Dan mengapa google mengeluarkan algorithma yang semacam itu ? Hal itu terjadi karena google mengupayakan langkah untuk menghargai situs yang berkualitas tinggi. Diharapkan dengan adanya algorithma penguin ini, tersaring situs situs berkualitaslah yang masih bertahan di mesin pencarian google.

Algoritma Google Penguin akan membantai habis situs situs yang dianggap mempunyai ketentuan seperti :

Sengaja menyembunyikan link
Menggunakan link dengan cara menuliskan teks yang berwarna sama dengan latar, Jadi secara langsung akan bisa menipu mata manusia, tetapi buat algoritma akan terbaca dengan mudah.

gbr promote blog Spamming
Permasalahan yang satu ini juga menimbulkan pro dan kontra, karena spamming juga tergantung kepada pelaporan adanya spam. Bagaimana hal nya dengan pelaporan palsu yang mengatakan bahwa suatu web/blog adalah spam ? Inilah hal yang masih menjadi tanda tanya besar.

Keyword yang berlebihan
Penggunaan keyword yang berlebihan dengan maksud untuk lebih mudah diindeks oleh mesin pencaripun menjadi salah satu sasaran dari algoritma penguin. Oleh sebab itu janganlah memasang keyword dengan jumlah yang berlebihan.Keyword yang ideal adalah 3-5 kalimat saja, jika sobat merasa terjadi penumpukan keyword sobat, lebih baik di rubah secepatnya.

Optimasi yang berlebihan
Banyak web/blog yang mengunakan backlink yang tidak wajar belum tentu akan membuat efek SERP akan akan sesuai dengan algoritma yang sekarang ini.Optimasi yang paling saya sukai adalah optimasi dengan blogwalking, ini bisa saja menjadi pertimbangan untuk anda jika ingin melakukan optimasi backlink tersebut.

gbr no copy pasteCopy paste
Hal ini sudah menjadi rahasia umum, bahwa banyak content content yang merupakan hasil dari upaya copy paste. Memang hal tersebut menguntungkan buat si peng-copy tetapi kerugian merupakan hasil yang harus di terima oleh penulis yang sudah dengan susah payah menulis ataupun membuat karya karyanya. Dan bersiaplah jika web atau blog yang berlaku seperti itu untuk di depak oleh penguin algoritma.

Web yang mengandung malware, trojan
Silahkan saja jika ada yang ingin mencoba memasukkan virus ataupun malware di balik sebuah web atau blog tersebut jika ingin langsung terdepak oleh algoritma. Karena hal tersebut akan merugikan pengguna dunia maya seperti kita.

Nah dari kriteria tersebut di atas, kita bisa menilai apakah web kita mempunyai kriteria tersebut ? Jika ada maka segeralah dirubah. Memang kita selalu menginginkan blog atau website kita mendapatkan tempat di mesin pencari. Usahakanlah agar kita selalu membuat artikel yang asli dan berkualitas. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari suatu kinerja tentunya bukan merupakan hasil yang instan, perlu kesabaran dan kerja keras untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Kecenderungan tergoda untuk mendapatkan instanisasi  hasil pencarian membuat orang menerapkan segala blackhat seo.
Kini dengan datangnya algoritma google penguin maka upaya tersebut akan sia sia., Demikian artikel Google Penguin, semoga bermanfaat.