Optimasi pagerank dengan Blogwalking



Optimasi pagerank dengan blogwalking
Sebagai blogger pemula yang sedang belajar SEO blog, saya ingin berbagi mengenai Optimasi Pagerank dengan Blogwalking. Seperti yang kita ketahui bahwa blogwalking adalah salah satu cara untuk meningkatkan trafik pagerank blog atau web kita. Saya lebih menyukai optimasi yang satu ini. Kenapa ? karena blogwalking merupakan suatu usaha yang murni dan usaha yang menandai keiklasan kita sebagai seorang penulis di blog atau website untuk mengunjungi blog blog lain. Walaupun memang benar bahwa blogwalking menyita waktu, tetapi cara inilah yang masih boleh dikatakan 'ampuh' untuk meningkatkan traffik pengunjung.

optimasi sehat dengan blogwalking
optimasi pagerank dengan blogwalking

Dengan blogwalking kita bisa sirahturahmi sesama blogger, kita harus iklas terlebih dahulu untuk mengunjungi blog lain. Dan biasanya blog yang kita kunjungi pun akan berbalas mengunjungi kembali. Inilah yang saya sebutkan sebagai 'keiklasan' kita sebagai seorang penulis.
Tentunya untuk mengunjungi blog lain sebaiknya menggunakan etika berbahasa yang baik, jangan asal berkomentar dan langsung meninggalkan link tanpa memperdulikan masalah etika berbahasa dan tata cara peletakkan link.

 Blogwalking yang saya temui terkadang tidak memperdulikan etika berbahasa atau tata cara penempatan link, hal tersebut biasanya kita jumpai di blog yang kategori dofollow. Kebanyakan blogwalking di blog hanya berkomentar singkat.. misalnya : ' artikel yang bagus gan...' , artikel yang menarik sob.. '. Memang kata-kata tersebut sah sah saja untuk digunakan, tetapi alangkah baiknya kita baca terlebih dahulu artikel yang terpampang di blog yang kita kunjungi dan berkomentarlah dengan yang ada hubungannya dengan artikel yang sudah kita baca.

Ada juga yang asal meletakkan link hidup yang tentunya bermaksud untuk mempromosikan blognya dan saya pribadi merasakan kurang etis.

Tetapi hal tersebut juga perlu menjadi catatan bagi penulis untuk menyediakan tempat untuk si pengunjung untuk bisa meletakkan link-nya dengan bijak. Sehingga pengunjung tidak asal meletakkan link hidup karena pos untuk url sudah di close oleh penulis untuk di arahkan ke facebook, twitter, openid, google. Maka ada baiknya penulis juga menyediakan tempat peletakkan url yang memang sudah disediakan oleh blogspot.
Belum lagi ada pengunjung yang sengaja menjadikan spam untuk blog tersebut. Hal ini yang terkadang membuat penulis enggan untuk menyediakan tempat peletakkan url / link bagi pengunjung.

keuntungan dari blogwalking adalah :
  • Meningkatkan Traffik rank / pengunjung / popularitas blog
  • Sirahturahmi sesama blogger
  • Promosi blog / memperkenalkan blog kita
  • Menambah informasi / pengetahuan
  • Memperoleh Backlink
Cara atau tips untuk blogwalking :
  • Berkomentarlah sesuai dengan topik yang sedang dikunjungi
  • Hindari penyisipan link (contoh : http://nama_blog_anda) di komentar
  • Gunakan anchor text untuk meletakkan link
  • Blogwalking dengan teratur dan santai, jangan terburu buru
  • Perbanyaklah komentar yang baik
  • Kritiklah ataupun saranlah dengan cara yang sopan dan beretika
Nah sekian dulu sedikit petikan blog belajar menjadi blogger kali ini semoga artikel Optimasi pagerank dengan blogwalking dapat bermanfaat , salam blogger