PERILAKU PELAKU COPY PASTE ARTIKEL BLOG HASIL KARYA ORANG LAIN

anti copy paste

Artikel Copy Paste Blog Hasil Karya Orang Lain ?Seperti yang kita tahu bahwa pelaku kejahatan tidak hanya di dunia nyata, tetapi berlaku juga di dunia maya (dalam hal ini artikel copy paste). Kejahatan di dunia maya memang tidak membuat kita berdarah darah secara langsung, tetapi perbuatan kejahatannya sudah mengakibatkan kerugian baik materil maupun inmateril. Salah satu perbuatan kejahatan di dunia maya yang banyak melanda adalah perbuatan mencuri hasil karya orang lain (dalam artikel ini penulis membahas pokok masalah hanya di blog saja).  Perbuatan yang dimaksud di sini adalah perbuatan meng-copy tanpa seijin dari si penulis / si pemilik hasil karya dengan kata lain perbuatan dengan cara mencuri hasil karya orang lain.

Apa yang menyebabkan adanya perbuatan copy paste artikel blog hasil karya orang lain ? 

 Setelah melalui beberapa pengamatan yang terjadi di dunia blog,  kesimpulan yang dapat diambil dari penyebab perbuatan copy paste artikel blog hasil karya orang lain adalah :

1. Ketidakmampuan untuk membuat hasil karya sendiri
    Karena keterbatasan ilmu ataupun kemampuan dari seseorang untuk berkarya lebih baik, maka cenderung orang akan mengambil jalan pintas untuk melakukan hal tersebut.

2. Keinginan memiliki sesuatu dengan instant
    Keinginan memiliki sesuatu hal yang bagus/lebih baik tidak disertai kesabaran untuk membuatnya ataupun menciptakannya. "Hasil karya" nya ingin cepat cepat dipublikasikan dan mendapatkan hasil yang maksimal tanpa memperdulikan dari mana asalnya dengan harapan blognya akan mendapat ranking yang baik dan bisa menggunakannya untuk berpromosi mendapatkan uang dan keuntungan lainnya.

3. Malas untuk berkarya
    Malas untuk berkarya sudah pasti tidak menghasilkan apapun, 'penyakit' yang satu ini memang tergolong unik, banyak dan menjamur. Ingin mendapatkan sesuatu yang 'high' tetapi malas untuk mempelajari ataupun mengembangkan diri bahkan untuk berkarya.

4. Karena kebiasaan buruk
    Kebiasaan buruk untu meng-copy paste hasil orang lain ini juga tidak terlepas dari salah satu kriteria buruk dari plagiator. Memang sejak awal sudah menjadi kebiasaan buruk yang tidak bisa dihilangkan ataupun menjadi 'hobby' menjiplak hasil karya orang lain.

5. Tidak percaya diri
     Merasakan hasil karya orang lain selalu lebih baik, tanpa mencoba untuk menciptakannya sendiri. Biasanya tidak percaya diri pada saat akan menpublikasikan hasil karyanya. Dan akhirnya melakukan jalan pintas untuk mencuri hasil karya orang lain.

6. Tidak punya waktu
    Kesibukan lain ataupun acara acara lain yang mendadak / menghambat untuk membuat karya sendiri hal inilah menjadikan salah satu pokok sifat tersendiri yang  mendorong secepatnya untuk mendapatkan hasil karya terbaru/terbaik

Bagaimana antisipasi dari perbuatan tersebut ?

1. Protect hasil karya anda dengan bantuan Situs yang berkompeten,
     misalnya saja DMCA atau Myfreecopyright.com anda bisa memprotect dengan cara berbayar ataupun gratis. Sudah tentu berbeda tingkat protetksinya. Proteksi yang berbayar melindungi hasil karya anda lebih luas sehingga web kita ataupun blog kita akan lebih aman dari perbuatan pencurian.

2. Terapkan anti klik kanan
Salah satu proteksi awal yang bisa juga digunakan adalah dengan memproteksi dengan mematikan proses klik kanan, walaupun ini masih bisa ditembus paling tidak kita sudah meminimalisir upaya untuk copy paste hasil karya tersebut.

3. Tampilkan Gambar warning
Cobalah untuk menampilkan gambar ataupun tulisan berupa warning/peringatan agar tidak mencuri hasil karya kita, Misalnya saja
              "Warning : blog anda akan terhapus jika anda copypaste"
              "Peringatan : copypaste adalah perbuatan melanggar hukum"
              "Peringatan : copypaste tidak dibenarkan "

Dari hasil pengamatan selama ini, ternyata ada keuntungan dan kerugian dari hasil copypaste suatu blog.

Keuntungan dan kerugiannya ?

Keuntungan :
1. Artikel hasil karya copypaste biasanya akan menduduki peringkat pencarian lebih tinggi dari artikel sumber.
2. Tidak perlu bersusah payah membuat artikel /hasil karya

Kerugian :
1. Artikel aatau bahkan blog akan terhapus semua
Jikalau ada pelaporan dari pihak yang dirugikan dan terbukti benar maka search engine tidak akan ragu ragu untuk menghapus artikel /blog tersebut

2. Hasil karya akan sia sia
Walaupun hanya 1 artikel saja yang dicuri, kerugian bisa berujung kepada penghapusan seluruh blog/artikel yang selama ini berupa artikel original. Usaha mendapatkan backlink, menulis artikel ataupun pagerank yang sudah tinggi menjadi sia sia belaka.

3.Mendapat malu
Tentunya akan tercemar namanya dan sudah ter-stempel jikalau sudah melakukan pencurian dan blog nya sampai terhapus..

4. Memulai dari 0 lagi
Jika blog anda sudah terhapus tentunya tidak ada jalan lain selain harus memulai dari awal lagi baik pagerank, backlink, alexa rank,  maupun artikel dari usaha yang selama ini menjadi sia sia

Saya menemukan adanya blog yang telah menggunakan cara cara yang tidak patut untuk ditiru dan mengakui hasil karyanya yaitu hasil copypaste dari blog belajar menjadi blogger. Saya tidak akan menyebutkan nama blognya tetapi saya akan menampilkan screenshoot blognya, Dan saya berharap jika ada admin dari blog tersebut yang sedang blogwalking dan membaca artikel ini dapat menghapus artikel yang telah dicopy nya.
    Screenshottnya  1:
blog pelaku copy paste


Screenshootnya 2:
blog pelaku copy paste 2

Harapan saya menulis artikel ini adalah semoga para blogger yang nakal dapat menjadikan copypaste adalah sesuatu yang tabu untuk dilakukan. Lebih terhormat jika anda menulis menggunakan narasi sendiri walaupun tidak merupakan hasil pemikiran anda 100% .

Kata tidak pada copypaste !!

Demikian artikel Perilaku Pelaku Copy Paste Artikel Blog Hasil Karya Orang Lain  ini semoga bermanfaat., salam blogger

12 Responses to "PERILAKU PELAKU COPY PASTE ARTIKEL BLOG HASIL KARYA ORANG LAIN"

  1. oke sob ane setuju dengan ente... copas mewujudkan orang yang gak kreatif

    BalasHapus
  2. lanjut gan.. say no copas post :)

    BalasHapus
  3. hahaha. sangat setuju sob, jangan biarkan copaser merajalela...
    :D

    BalasHapus
  4. mulai sekarang harus belajar menulis sendiri...apapun itu...yg ada di dalam pikiran kita tuangkan semuanya kedalam blog. dan tulisan kita tentunya yg berguna bagi pembaca

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya benar sob, sudah seharusnya sebuah blog adalah bertaburkan hasil karya yang original,terima kasih sudah berkunjung ke artikel perilaku pelaku copy paste artikel blog hasil karya orang lain

      Hapus
  5. Terlalu Berlebihan itu mas,banyak orang copy paste hasil saya tapi nggak pernah saya mempermasalahkannya bahkan saya katakan kalau bermanfaat ambil saja tidak usah minta-minta lagi,silahkan ambil apa bila itu berguna.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan berlebihan sob, tapi itu merupakan kebiasaan buruk yang patut kita hilangkan, jikalau anda menyetujui hasil karya anda untuk dicopy paste ya silahkan saja sob. Tetapi kita tidak mau kan menjadikan bangsa dan diri kita ini tidak berkarya sendiri dan selalu dicap oleh negara lain sebagai bangsa yang suka dengan copy paste ?
      Ingat.. bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai hasil karya orang lain.
      Dan artikel perilaku pelaku copy paste artikel blog hasil karya orang lain bermaksud untuk mengingatkan dan memberikan contoh perilaku yang merugikan orang lain.
      Terimakasih sob sudah berkunjung, salam blogger

      Hapus
  6. bagaimana jika mencantumkan sumbernya.... misalnya saya ingin isi artikel di web bapak.. jadi saya copy dengan catatan saya cantumkan sumbernya yauti web bapak ...????? apa diperbolehkan pak????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf sob, kalau menurut saya yang diperbolehkan adalah mengutip karena mengutip adalah mengambil sebagian kecil artikel dan adanya pencantuman sumber penulis. Tetapi kalau copas saya kira tidak dibenarkan, kalaupun dirasakan artikelnya bermanfaat silahkan tulis kembali dengan menggunakan narasi sendiri, demikian menurut saya sob.
      Terimakasih sob sudah berkunjung

      Hapus