PERBEDAAN / PERSAMAAN ANTARA INTERNET DAN INTRANET



Perbedaan / persamaan antara internet dan intranet  ~ Bagi sebagian besar penduduk yang berada diperkotaan sudah tidak heran yang namanya internet, Dan dibeberapa tempat pedesaan juga sudah banyak yang mengenal dan menggunakan internet sebagai bagian dari kemajuan teknologi terkini.

Nah, jika intranet mungkin masih terdengar asing bagi kebanyakan orang. Sebenarnya fungsi dasar keduanya adalah sama, yaitu sama-sama menghubungkan komputer yang satu dengan komputer yang lain. Hanya saja ruang lingkup penggunaannya saja yang memberikan perbedaan antara internet dan intranet.

Pengertian internet itu sendiri adalah jaringan komputer yang saling berhubungan antara komputer yang satu dengan komputer yang lain melalui protocol berstandar international agar dapat saling berinteraksi, bertukar informasi dan protocol tersebut kita kenal dengan istilah TCP/IP (Transmission Control Protocol / Internet Protocol Suite ) Ruang lingkup yang dicapai adalah tidak terbatas,dan sangat luas dan hal ini pula yang menjadikan pemerintah kita bekerja extra untuk membendung dampak negatif dari.internet tersebut.

Sedangkan pengertian Intranet adalah suatu jaringan pribadi atau perusahaan yang menggunakan protocol internet untuk berbagi informasi dalam lingkup lokal yang lebih kecil dan dalam penggunaannya kita kenal pula dengan berbagai jenis topologi jaringan, Misalnya penggunaan LAN diperkantoran, sekolah dan lain sebagainya. Komponen yang membangun sebuah intranet antara lain protocol TCP/IP, Ip address, Client / Server.

Jadi apa perbedaan antara internet dan intranet ?

Internet :
> Jaringannya menjangkau wilayah yang sangat luas
> User sangat banyak
> Bisa diakses kapan saja, oleh siapa saja dan dimana saja
> Berkecepatan tinggi berupa grafik, suara, video, teks
> Berkembang dengan cepat

Intranet :
> Jaringannya menjangkau wilayah lokal / sekitar ( kecil / sempit )
> User terbatas , berskala kecil
> Akses terbatas, hanya komputer tertentu yang dapat mengakses
> Perkembangnya relatif lebih lambat
> Biasa digunakan di perkantoran, sekolah

Nah, ada perbedaan, tentu ada persamaan juga, berikut ini sedikit coretannya :

Persamaan internet dan intranet :
1. Sama-sama berupa jaringan
2. Sama-sama harus menggunakan komputer
3. Memiliki hubungan antar komputer
4. Untuk membantu mengolah data
5. Sama-sama memerlukan alat penerima dan pengirim data
6. Media komunikasi dan penyimpanan data


Saat ini sudah banyak sekolah yang menggunakan intranet di samping internet tentunya, Sebenarnya ada manfaat yang bisa didapat jika sekolah menggunakan intranet, antara lain :

> Membuat sistem pengajaran / pembelajaran di sekolah menjadi lebih mudah
> Bisa dipergunakan untuk lebih mengembangkan kurikulum yang berlaku
> Membantu siswa menambah ilmu pengetahuan / informasi
> Membantu siswa mengakses informasi dengan cepat

Dan manfaat lain dari penggunaan internet adalah bisa digunakan untuk berbagi pengalaman, ilmu pengetahuan, sirahturahmi bahkan untuk mencari uang di internet. Tentunya para blogger sudah sangat paham dengan hal tersebut.

Nah, sekian dulu artikel perbedaan / persamaan antara internet dan intranet, semoga dapat memberikan manfaat. Salam sukses