DAMPAK NEGATIF DARI PENGGUNAAN INTERNET



dampak negatif dari penggunaan internet

Dampak negatif dari penggunaan internet ~ Internet yang menjadi banyak sumber pencarian telah tumbuh dan berkembang dengan sangat pesat. Hal ini ternyata menuai berbagai konsekuensi sebuah kemajuan dunia internet, walaupun kita tahu bahwa semua itu tergantung kepada si pengguna itu sendiri.

Pada artikel sebelumnya kita telah mengetahui manfaat internet secara positif, dan kali ini saya akan membahas dampak negatif dari penggunaan internet yang cukup berpengaruh pada kehidupan nyata sehari-hari baik terjadi dengan sengaja maupun tidak sengaja.

Nah, berikut ini ada beberapa dampak negatif dari penggunaan internet yang sering ditemui dan terjadi dalam keseharian kita.

Dampak negatif dari penggunaan internet di rumah tangga


1.Egoisme
Ketika seorang yang asik dalam dunianya (dalam hal ini internet) sangat rentan sekali dengan kemarahan, misalnya saja ketika seorang sedang bermain game dan disuruh oleh orangtuanya, besar kemungkinan yang terjadi adalah enggan atau malas untuk beranjak dari depan monitor komputer.

2. Menjauhkan yang dekat
Hal ini kerap terjadi dalam kehidupan berumah tangga, contohnya adalah ketika seorang suami yang baru pulang dari kantor melihat istrinya asik berinternet ria atau sedang BBM dengan temannya dan porsi keberadaan seorang istri yang melayani suaminya menjadi terbengkalai. Contoh lain yaitu seorang suami yang sering comment / chat di facebook teman wanitanya akan mengakibatkan kecemburuan seorang istri. Dampak negatif penggunaan internet ini membuat kehidupan rumah tangga menjadi terganggu juga.

3. Perubahan pola kehidupuan sosial
Pengguna internet memberikan sudut lain dalam pola kehidupan sosial masyarakat, umumnya orang yang sudah sering berkomunikasi melalui internet sangat jarang bertatap muka. Bahkan yang tadinya sering bercengkerama dengan tetangga atau istri bahkan anak sendiripun dapat ditinggalkan karena sibuk dalam dunianya sendiri.

4. Content Dewasa
Kemajuan internet tidak akan terbendung oleh apapun juga, tidak terlepas juga content dewasa yang dengan mudah dapat diakses oleh segala usia. Hal ini tentu sangatlah berbahaya jika seorang anak yang dibawah umur mengakses content dewasa tersebut. Dan tidak menutup kemungkinan kepada si dewasa walaupun telah disahkan oleh usia juga akan memiliki sisi negatif jika berselancar content dewasa juga.

Dampak negatif dari penggunaan internet dalam bertransaksi

5. Penipuan
Transaksi internet dari sisi negatif telah memakan korban yang cukup banyak, walaupun tidaklah 100% dikatakan penipu. Oleh karena itu perlulah tingkat kehati-hatian tinggi dalam setiap transaksi agar rawan penipuan dapat diminimalisir.

6. Pencurian
Dunia maya sifatnya sangat terbuk, boleh dikatakan hampir tidak ada yang tidak bisa dibuka walaupun sudah terkunci dengan segala upaya. Saya ambil contoh sebuah perbankan yang cukup ketat dalam sistemnya, tetapi masih bisa ditembus oleh segelintir orang yang tidak bertanggungjawab sehingga terjadi pencurian maupun ilegal transaksi.
Hal serupa ini juga terjadi dalam dunia blogging, content - content ataupun template-tempate blogger yang telah dengan susah payah dibuat kemudian dicopas dan diakui sebagai hasil karya sendiri.

Nah, demikianlah beberapa dampak negatif dari penggunaan internet, harapan saya adalah agar kita tetap berhati-hati dalam menggunakannya dan tetaplah dalam wilayah yang positif saja, sehingga dirasakan manfaat dalam berinternet.