APA ITU IKLAN KONTEKSTUAL ? APA MANFAATNYA ?



iklan kontekstual

Apa yang dimaksud iklan kontekstual ? Seberapa penting iklan kontekstual itu ? Apa ada pengaruhnya terhadap publisher iklan dan marketing online ? Mungkin begitu banyak pertanyaan yang timbul dari benak seorang pemula publisher iklan Indonesia, kalau yang tingkatan advance ya sudah pasti tidak perlu penjelasan lagi karena tidaklah asing dengan istilah seperti itu.


Apa yang dimaksud Iklan Kontekstual ?


Iklan kontekstual adalah suatu jenis iklan yang isi iklannya telah menyesuaikan diri dengan isi konten suatu blog atau website.

Contohnya :
Artikel blog Anda yang memberikan bahasan tentang cara membuat website ,atau cara membuat blog, cara membuat twitter atau apalah yang intinya membahas suatu tutorial, dan iklan yang muncul saat itu merupakan iklan yang relavan dengan artikel anda misalnya menampilkan iklan hosting, iklan buat website, iklan seo.dan lain lainya.


Lalu buat apa iklan kontekstual itu ? Apa kelebihannya untuk publisher ?


Jika suatu blog atau website yang menampilkan iklan kontekstual tentu akan menambah besar niat pengunjung untuk klik iklan tersebut sehingga menimbulkan peningkatan pendapatan bagi publisher.

Sebagai contoh : saat ada pengunjung yang sedang membaca artikel tentang cara membuat donat dan iklan yang muncul saat itu memberikan tampilan tentang kecap manis, penyedap rasa, atau resep yang relavan dengan artikel itu tentu akan menjadi suatu daya tarik yang amat besar untuk diklik oleh pengunjung.


Apa manfaatnya iklan kontekstual bagi pebisnis ?


Manfaatkan / keuntungan yang didapat sebagai advertiser adalah kemajuan promosi produk / bisnis yang ada di websitenya. antara lain:

  • Website akan muncul di artikel publisher dan sering dikunjungi jika kata kunci artikel yang dibaca oleh pengunjung
  • Investasi yang minimal dengan hasil yang maksimal
  • Cepat mengembalikan modal hanya dengan membayar per klik saja untuk mendatangkan calon pembeli yang unik
  • Waktu yang digunakan sangat hemat dan efektif karena langsung memunculkan iklan ke website yang relavan dengan konteks.
  • Jangkauan yang sangat luas, karena iklan akan tampil dalam setiap keyword yang tertarget
  • Biaya budget sangat terkendali karena kita dapat menentukan anggaran

Dimana bisa kita temui sumber untuk menampilkan iklan kontekstual ?


Kita bisa mendapatkan sumber pengiklan yang dapat menampilkan iklan kontekstual antara lain adalah Google Adsense, Sitti.co.id, Infolinks, Chitika, AdRewa dan lain lain. Silahkan saja dicicipi kalau memang belum ada di blog Anda.

Ok, demikian saja dulu postingan kali ini semoga dapat memberikan manfaat, salam sukses