CIRI-CIRI ARTIKEL TERKENA GOOGLE SANDBOX ATAU HILANG DARI PENCARIAN SERP




google sandbox

Ciri-ciri artikel terkena google sandbox - Google Sandbox merupakan salah satu hal yang paling ditakuti, menyebalkan. Bagaimana tidak, artikel yang tadinya berada pada posisi serp yang lumayan bagus tiba-tiba hilang dari serp. Awalnya dikira artikel tersebut hanya terlempar pada halaman kedua, tetapi setelah ditelusuri terus tidak juga diketemukan pencariannya.

Apa sih Google Sandbox itu ?

Google sandbox adalah suatu algorithma google yang bertujuan menyingkirkan / menurunkan peringkat artikel baru atau domain baru yang menempati ranking tinggi secara drastis dalam pencarian dari suatu blog dan dianggap sebagai indikasi melakukan SPAM oleh google.

Bagaimana ciri - ciri artikel terkena google sandbox ?


Ciri - ciri artikel terkena google sandbox adalah tidak diketemukannya artikel dalam upaya pencarian atau dengan kata lain hilangnya suatu artikel dari pencarian. Artikel saya misalnya cara membuat blog di wordpress. artikel cara mengetahui ip address komputer, cara setting modem telkomsel pernah mengalami hal demikian. Sebenarnya kepastian penyebab dari artikel tersebut terkena google sandbox masih hal yang tidak terjawab dengan mutlak. Ada yang mengatakan bahwa terlalu banyak optimasi backlink, terlalu banyak menggunakan keyword yang berulang, bahkan ada juga yang mengatakan backlink yang diarahkan ke artikel terlalu banyak dibanding dengan laman utama. Tetapi saya sendiri tidak melakukan optimasi seperti itu terhadap artikel yang tersebut di atas. Penyebab awalnya adalah adanya pesan error 503 pada saat saya cek menggunakan google webmasters tools yang artinya ada error dari server. Dan halaman yang tersebut tiba tiba hilang dari serp. Sungguh suatu hal yang menjengkelkan dan menghabiskan waktu saya untuk menyelidikinya.

Berbagai saran saya coba terapkan agar artikel saya bisa kembali lagi dari serp atau keluar dari google sandbox, misalnya edit artikel, kirim ulang sitemap, arahkan artikel pada komentar blog lain. Dan saat ini saya coba buatkan artikel ini untuk mencoba melakukan upaya rescue terhadap artikel yang terbaring di kamar ICCU tersebut. Mudah-mudahan ada titik terang terhadap artikel tersebut. Salam blogger.