Cara Keluar Dari Google Sandbox




Cara Keluar Dari Google Sandbox ~ Selamat siang kepada rekan rekan blogger dan pembaca artikel ini, semoga saja dalam keadaan sehat selalu. Kali ini saya akan berbagi pengalaman yang terjadi dengan salah satu artikel saya yang ada di blog ini sehingga mudah mudahan sobat blogger dapat mengetahui apa penyebab dan solusi jalan keluar terbaik untuk artikel blog yang terkena hukuman google sandbox. Dalam blog ini terdapat artikel yang telah kehilangan pencarian di SERP Google, Ya salah satu artikel saya telah terkena hukuman dari google yang kita kenal dengan namanya google sandbox.

Artikel yang menempati pencarian yang cukup bagus pada halaman pertama no 1 tiba tiba menghilang dari pencarian. Awalnya saya hanya berpikir bahwa mungkin terlempar di halaman kedua. Tetapi setelah di cek trus hingga halaman 10 dan saya cek lagi artikel tersebut dengan mengetik alamat artikel di kotak search engine alangkah terkejutnya saya bahwa tidak diketemukan artikel tersebut. Dan saya langsung menyimpulkan bahwa artikel itu terkena google sandbox.

Pengertian Google Sandbox :

Google sandbox adalah suatu algorithma google yang bertujuan menyingkirkan / menurunkan peringkat artikel baru atau domain baru yang menempati ranking tinggi secara drastis dalam pencarian dari suatu blog dan dianggap sebagai indikasi melakukan SPAM oleh google.

Bagaimana cara mengetahui artikel terkena Google Sandbox ?

Saran saya untuk cara mengetahuinya adalah sobat blogger bisa mengetik alamat artikel anda di kotak pencarian google.com, jika artikel anda muncul maka tidak terkena hukuman tersebut, sebaliknya jika artikel yang dicari ternyata tidak muncul-muncul juga maka kemungkinan besar terkena hukuman sandbox. Anda juga dapat menggunakan cara lain yang dapat digunakan, tetapi tools ini sering error mungkin karena masih ada bugs-nya yaitu silahkan sobat blogger mengunjungi link berikut dan isi alamat URL dan keyword dari artikel yang ingin sobat cek apakah terkena dampak dari algorithma tersebut atau tidak, Link nya adalah : http://www.searchenginegenie.com/sandbox-checker.htm

Setelah mengisi alamat artikel dan keyword anda lalu anda isi test penjumlahan dan klik saja submit, tunggu beberapa saat.

Dan jika ada tampilan seperti  :

Your site is still in google Sandbox. 
Contact support@searchenginegenie.com to get you out of Sandbox

Maka kemungkinan bahwa blog anda masuk dalam istana google sandbox. Jika sudah demikian maka ada baiknya sobat blogger melakukan langkah langkah penyelamatan. Dan sangsi yang diberikan google tersebut akan ditentukan hingga blog atau website tersebut dapat dibuktikan kelayakan dari halamannya untuk mendapatkan peringkat yang baik. Tools ini hanya sebagai alat untuk membandingkan saja, saya lebih menyarankan anda untuk mencek-nya dengan mengetik url blog anda pada alat pencarian dari google.

Cara mengatasi Google Sandbox  :

1. Lakukan pengeditan terhadap artikel yang terkena sandbox tersebut, editlah dengan menambahkan atau mengurangi beberapa kata ataupun beberapa kalimat.

2. Cek broken link , hapus jika terdapat link yang rusak

3. Tetap membuat postingan dan arahkan link yang terkena dampak tersebut misalnya menuju artikel cara mengetahui blog dibanned oleh google dan arahkan link yang dianggap berkualitas ke artikel tersebut juga.

4. Kirim ulang sitemap anda ke google webmasters tools

5. Dan silahkan anda tunggu sambil mengecek di search engine apakah artikel anda sudah bebas atau belum, jangan lupa berdoalah. Mudah mudahan Google cepat melepaskan artikel anda dari hukuman tersebut.

Menurut beberapa sumber, ada penyebab suatu blog terkena google sandbox dan diantaranya seperti di bawah ini.

penyebab blog terkena Google Sandbox :

1. Optimasi yang berlebihan, umumnya setiap blogger pasti ingin menempatkan artikelnya ke dalam halaman pertama pencarian bukan ? dan optimasi demi optimasi telah dilakukan demi hasil tersebut.

2. Banyaknya melakukan Ping yang di submit dalam sehari

3. Terlalu banyak backlink yang masuk. hal ini biasanya terjadi dikarenakan upaya yang dilakukan dengan membeli backlink ataupun backlink gratis yang terlalu berlebihan.

4. Artikel hasil copy paste atau hasil dari plagiat yang sudah pasti tidak pernah dihalalkan dari google ataupun dari pihak penulis manapun. Walaupun cukup banyak artikel di blog ini yang telah dicopas oleh pihak yang tidak bertanggungjawab, saya tidak mempunyai daya dan upaya untuk menahan apalagi menghentikan hal tersebut. Dan anehnya malah salah satu artikel di blog ini telah menjadi korban dari google, walaupun saya tidak pernah melakukan copy paste.

5. Kesalahan optimasi, yaitu dengan terlalu banyak mengulang kata yang sama yang ada kaitan ke keyword artikel tersebut. Memang terkadang kita sulit untuk menghindarkan hal ini , dikarenakan memang kita sedang membahas topik yang ingin kita tuangkan ke dalam postingan, tentunya akan ada pengulangan kata kata yang terkait dengan keyword artikel.

Demikian artikel cara keluar dari google sandbox ,  semoga dapat bermanfaat ..salam blogger