CARA PING IP UNTUK CEK KONEKSI INTERNET



Cara ping ip untuk cek koneksi internet ~ Saat menggunakan Speedy (telkom), mungkin Anda sebagai pengguna pernah mengalami kesulitan untuk membuka halaman web atau browsing, padahal lampu indokator LAN, ADSL, Internet dalam keadaan nyala yang seharusnya menandakan conected atau tersambung. Tetapi yang saat ini terjadi adalah modem belum terhubung ke internet untuk browsing hal ini bisa jadi karena line telpon putus, splitter yang sudah korosif atau memang kondisi modem yang perlu disetting ulang. Tetapi bagaimana caranya agar kita mengetahui line telepon terputus atau tidak ? Splitter karatan / korosif atau tidak ? Untuk itu saya akan memberikan cara ping ip untuk cek koneksi internet

Perlu di ketahui bahwa lampu indikator yang ada di modem itu hanya menunjukkan koneksi dari PC ke modem, sedangkan untuk mengetahui dengan pasti apakah modem sudah tersambung ke internet atau belum, Anda harus melakukan perintah ping dari cmd atau command prompt

Pengertian ping itu sendiri adalah suatu program yang digunakan untuk memeriksa konektivitas jaringan berbasis teknologi Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP).

Sehingga dengan cara ping ini, anda dapat melihat atau menguji apakah sebuah komputer terhubung dengan komputer lainnya atau internet yang dilakukan dengan mengirimkan sebuah paket sinyal kepada alamat IP yang hendak diujicoba konektivitasnya dan menunggu respon darinya.

cara cek ping koneksi internet adalah :


1.    Klik Start --> Klik Run --> ketik cmd --> Enter ( lihat gambar di bawah ).



cara ping ip internet


 2. Akan terbuka layar baru warna hitam, Jika anda tahu address ip computer anda langsung  ketik Ping [spasi] alamat IP yang dituju. misalnya  ping 198.130.1.101   dan kemudian tekan enter. , tetapi jika belum tahu alamat ip computer maka ketik ipconfig pada menu cmd tersebut. dan akan tampil di layar



cara cek ping

  3. Untuk melakukan proses ping ke alamat ip 198.130.1.101 adalah ketik ping 198.130.1.101 dan tekan enter dan tunggu proses ping yang akan tampak seperti pada gambar di bawah ini :


cara melihat ping

Gambar di atas menunjukkan 0% loss yang berarti tidak ada masalah dengan koneksi internet, jadi jika anda tidak dapat melakukan browsing maka ada kemungkinan kabel telepon, splitter yang bermasalah, misalnya kabel terputus atau splitter dalam kondisi sudah korosif atau berkarat.

Nah, dengan mengetahui cara ping ip tersebut kita akan mengetahui juga koneksi internet yang akan digunakan. Semoga saja artikel ini dapat bermanfaat, salam sukses.