9 PENYEBAB TRAFFIC BLOG TURUN



9 Penyebab Traffic Blog Turun ~ Pernahkah Anda mengalami traffic blog turun ? Atau dengan kata lain kenapa pengunjung blog berkurang ? Saya kira banyak blogger yang sudah pernah mengalaminya dan sempat bingung dengan apa penyebabnya. Traffic yang awalnya tumbuh dengan memuaskan kini tiba-tiba turun drastis memang menjengkelkan. Betapa tidak,  blog yang sudah dengan susah payah dipupuk hingga besar dan menghasilkan hingga ribuan pengunjung tiba-tiba harus menghilang entah kemana. Apalagi jika suatu blog menjadi sumber penghasilan dari traffic tinggi tentu lebih memusingkan lagi bukan ?

Berikut ini saya akan memaparkan penyebab traffic blog turun dengan harapan dapat diantisipasi maupun sebagai bahan untuk mengoreksi blog agar bisa meningkatkan traffic blog lagi.

1. Backlink tumbuh tidak konsisten
Bisa saja kaitan blog dari backlink yang tidak konsisten akan membawa perubahan traffic untuk blog Anda, artinya begini jika biasanya Anda selalu rajin mencari backlink dengan rutin setiap hari kemudian tiba-tiba Anda menjadi segan  dan malas untuk mencari backlink selama berminggu-minggu maka traffic blog tentu akan terpengaruh juga. Jadi usahakanlah agar pendapatan backlink secara konsisten.

2. Artikel terkena copas
Nah ini yang cukup menjengkelkan, artikel yang sudah dibuat dengan susah payah tiba-tiba dicopas begitu saja oleh orang yang tidak bertanggung jawab tanpa meletakkan link sumber.

3. Update artikel
Rutinitas update artikel juga merupakan salah satu penyebab traffic blog turun, Dan ini merupakan hal yang sangat umum terjadi. Kesibukan-kesibukan dunia offline terkadang membuat kita tidak bisa melakukan kegiatan blogging ataupun membuat artikel, terlebih lagi kehabisan ide. Blog yang melakukan update artikel secara rutin memiliki trafik yang lebih baik daripada blog yang membuat postingan dalam jumlah banyak sekaligus. Jadi perlulah melakukan update, tetapi harus diperhatikan rutinitas yang teratur, misalnya 2 hari 1 artikel.

4. Mengganti template
Penyebab lainnya adalah terlalu sering mengganti template blog, awalnya template blog yang sudah sering dikunjungi oleh robot pencari lalu karena Anda terlalu sering mengganti atau mengubah template blog maka robot pencari akan mengalami masalah / kesulitan untuk mengenali standar blog Anda.

5. Tambah widget / iklan
Penambahan widget ataupun iklan juga merupakan penyebab traffic blog turun, kenapa ? Karena blog yang tadinya ringan tanpa banyak widget / iklan yang bergelimpangan di blog tentu akan berubah menjadi berat loadingnya sehingga pengunjung akan merasakan lamanya menunggu loading blog.

6. Berubah Trend
Misalnya saja jika ada hal baru yang menjadi pokok bahasan yang sedang trend dipasaran, dan blog Anda berisi tentang trend tersebut pasti akan menambah traffic blog, tapi ketika pokok bahasan yang dibicarakan sudah tidak menjadi trend lagi maka tentu berkurang juga peminat untuk mencari hal tersebut.

Contohnya : Jika artikel Anda yang membahasa tentang seorang artis terkenal dan sedang ramai dibicarakan tentu banyak yang mencari artikel tentang hal itu, tetapi jika kepopuleran artis tersebut tidak lagi dibicarakan maka pencariannya juga berkurang.

7. Kalah Keyword
Persaingan dunia blogging tentulah semakin hari semakin tinggi dan berkembang, salah satunya adalah posisi ranking keyword. Jika posisi ranking keyword yang menjadi target Anda sudah tersaingi oleh kompetitor lain maka tentu blog artikel Anda juga akan tersingkir dari tingkat pencarian.Awalnya artikel berada di halaman pertama dan ranking 1 pencarian, dan kini posisi berada di no 5 tentu akan sangat mempengaruhi tingkat kepadatan pengunjung. Seperti yang kita ketahui bahwa ranking 1 akan memperoleh sekitar 50% pengunjung dan selain dari itu dibawah 15%.

8. Terkena google sandbox
Kalau yang satu ini sudah jaminan tidak akan mendapat trafik apapun, bagaimana tidak ? Jangankan mendapatkan traffic blog untuk muncul ke permukaan pencarian saja sudah tidak bisa. Dan untuk jelasnya bisa dibaca di ciri-ciri artikel terkena google sandbox

9. Faktor blog gone
 Faktor ini saya tambahkan ke dalam penyebab traffic blog turun karena juga memberikan amdil untuk blog. Faktor blog gone ini bisa saja terjadi misalnya bencana banjir, bencana alam, hari raya, dan lainnya. Bayangkan saja jika terjadi bencana banjir atau bencana alam, bagaimana bisa berpikir untuk kegiatan blogging atau connect ke internet sedangkan saat itu kita sedang dalam kesulitan mengatasi bencana yang melanda. Dan tentu saja traffic blog juga akan terpengaruh bukan ?

Dan pengaruh hari raya juga terasa, tentulah blog yang berisi artikel yang berkaitan dengan hari raya misalnya tentang pembuatan kue hari raya atau masakan hari raya sudah tentu akan melonjak trafiknya, lain halnya dengan artikel yang berisi seo, ataupun tutorial sudah pasti akan berkurang jauh dari biasanya.

Demikianlah 9 penyebab traffic blog turun, semoga dapat bermanfaat.