Bagaimana Cara Meningkatkan Traffic Blog atau Website



Bagaimana Cara Meningkatkan Traffic Blog atau Website - Traffic blog merupakan 'nyawa' dari suatu blog yang sangat diharapkan kehadirannya. Bila blog tanpa  kehadiran pengunjung maka apa yang telah kita tulis hanyalah sia sia belaka. Karena alasan itulah maka orang berlomba-lomba mencari cara meningkatkan trafik blog demi tujuan mendapatkan pengunjung yang banyak.

Lain halnya jikalau umur blog masih kategori baru maka lumrah sekali akan hal itu. Seperti seorang bayi yang baru belajar berjalan tentunya tidak dapat berjalan dengan cepat dan kokoh seperti seorang dewasa bukan ?.

Jadi traffic blog menjadi suatu target yang sangat diperjuangkan oleh semua blogger, tentunya dengan pengharapan apa yang telah kita tulis dapat dibagikan dan dapat bermanfaat untuk orang lain

Artikel kali ini bermaksud mengemukakan cara meningkatkan traffic blog yang tentunya untuk  diterapkan pada blog yang masih baru.
cara meningkatkan traffic blog atau website

Cara Meningkatkan Traffic Blog Secara Umum

1. Daftarkan blog anda ke berbagai search engine

Hal ini bermaksud agar blog kita dapat terindeks di berbagai search engine, sehingga bila ada yang mencari artikel maka diharapkan artikel kita sudah terdapat di direktori search engine tersebut dan inilah yang menyebabkan kenaikan traffic blog kita. Bagaimana mungkin dapat meningkatkan pengunjung jika blog kita saja tidak terdapat dalam search engine / mesin pencari.

2. Lakukan blogwalking

Dengan melakukan blogwalking atau kunjungan ke blog lain, selain dapat menjalin siraturahmi antar sesama blogger juga tentunya akan mendapatkan backlink dari blog yang kita kunjungi. Biasanya jika blogwalking ke blog lain maka akan ada kunjugan balasan dari blog tersebut dan kita sebaiknya mengunjungi kembali jika ada blog lain yang berkunjung ke blog kita dan timbal balik yang saling menguntungkan ini akan meningkatkan traffic blog / website kita.

3. Buat konten yang menarik

Salah satu cara untuk meningkatkan traffic blog yang boleh dibilang mudah tapi sulit adalah membuat konten yang menarik dan tentunya orisinil. Kesulitan yang dimaksud di sini adalah kesulitan mendapatkan ide ide untuk membuat artikel yang menarik tersebut. Buat juga artikel yang sedang hangat dibicarakan sehingga akan mendapatkan prioritas pencarian lebih banyak.

4. Keyword

Buat artikel menggunakan keyword yang banyak dicari, sobat blogger bisa membaca artikel tentang cara memilih keyword untuk membantu anda menemukan kata kunci yang banyak dicari tersebut dan inilah yang menjadi kunci utama dari cara meningkatkan traffic blog. Optimasikan juga blog anda agar bisa menempatkan artikel anda menempati page 1 pencarian google. Penempatan halaman pertama blog kita inilah yang paling meningkatkan traffic blog dan tentunya juga yang paling sulit dilakukan.

5. Optimasi Seo

Penting sekali suatu blog mengoptimasi seo blognya dengan baik sehingga perolehan traffic blog akan sangat terasakan oleh kita. Jika sobat blogger belum tahu cara mengoptimasi seo maka sobat bisa membaca artikel Cara optimasi Seo Onpage dan artikel Cara optimasi Seo Offpage

6. Update artikel rutin

Salah satu yang menjadi urat nadi untuk meningkatkan traffic blog adalah adanya update artikel secara rutin, semakin rutin update artikel blog anda maka semakin banyak juga ragam kata kunci / keyword yang terdapat pada blog,  sehingga saat pencarian lebih memungkinkan akan terbaca keyword pada artikel anda.

7. Social bookmark

Manfaatkan social bookmark yang ada , jangan ragu untuk bergabung ke dalamnya. Misalnya saja twitter, facebook, gabung juga ke dalam forum forum dan jangan ragu juga untuk berkomentar. Seperti yang kita tahu bahwa sosial bookmark mendapatkan traffic kunjungan yang luar biasa, sehingga harapan kita akan kecipratan traffic tersebut.

8. Manfaatkan situs tanya jawab

Misalnya saja anda dapat bergabung ke situs tanya jawab yahoo aswer. Upayakan untuk bergabung ke dalamnya dan tinggalkan link anda jika ada pengunjung yang ingin mendapatkan informasi yang lebih detil lagi.

Cara Meningkatkan Traffic Blog Secara Khusus


9. Buka box komentar untuk semua orang

Untuk yang satu ini saya mencoba untuk menelitinya, dan hasilnya cukup mempengaruhi pengunjung blog ini.. Jadi aturlah tempat untuk berkomentar dengan settingan untuk semua orang, jangan berupa pengguna terdaftar, jangan berupa pengguna dengan akun google (kecuali trafik sudah lumayan), jangan hanya anggota blog ini. Kenapa ? Ada kecenderungan pengunjung akan malas untuk berkomentar dengan ketiga tipe terakhir tersebut, karena tidak mendapatkan backlink dari blog anda yang memasang box komentar seperti itu, sehingga pengunjung yang sudah tahu tidak akan mau untuk kembali mengunjungi blog tersebut. Memang tidak menjadi keharusan untuk mensetting box komentar seperti itu. Tapi dari hasil pengamatan yang telah saya lakukan di beberapa blog yang awalnya traffik tinggi tiba tiba anjlok tidak karuan lantaran menggunakan box komentar seperti itu.


box komentar mempengaruhi traffic pengunjung blog


10. Kecepatan loading blog

Kalau loading suatu blog sangat lambat maka tidak menutup kemungkinan akan menyebabkan kemunduran traffik blog, bayangkan saja jika kita membuka sebuah blog tapi blog tersebut mengalami loading yang lama maka saya kira pasti anda akan malas untuk meneruskannya lagi bukan ?
Dan untuk mengunjungi kembalipun sudah malas meskipun artikel yang akan dibaca cukup menarik dan apa yang dapat diharapkan dalam upaya untuk meningkatkan traffic blog menjadi hambar. Jadi usahakanlah memiliki blog yang loadingnya tidak lemot / tidak lambat.

11. Menggunakan traffic exchange

Ada banyak website yang menyediakan traffic blog exchange secara gratis yang dapat anda pergunakan, cara kerjanya adalah setiap anda meng-klik beberapa detik web sponsor di situs tersebut maka anda akan mendapatkan nilai kredit yang dapat diconvert menjadi iklan untuk blog atau website anda, ada beberapa traffic blog exchange, dari indonesia adalah : auto traffik, belati, autotraffic, duitsurf, surgapromosi dan dari luar negeri adalah : blogclicker, easyhits4u, trafficG. Jadi silahkan saja anda gunakan, umumnya gratis koq. Tetapi saya tidak tahu apakah ada 'efek samping' dengan cara tersebut.

12. Blog dofollow

Untuk yang satu ini saya tidak menyarankan anda untuk merubah blog anda menjadi dofollow, karena seperti yang kita ketahui bahwa dofollow blog sangat tidak disukai oleh google, karena akan banyak link keluar yang akan menyebabkan pengeroposan blog. Tetapi imbas lain terhadap traffic blog seperti ini sangat signifikan dalam meningkatkan traffic blog tersebut.

Demikian artikel Bagaimana cara meningkatkan traffic blog atau website, semoga dapat bermanfaat