Mau Nulis Artikel Yang SEO Friendly ?.. Inilah Caranya !!



Mau Nulis Artikel Yang SEO Friendly
Artikel yang SEO friendly  termasuk bagian penting dari sebuah  blog / web . Sebab tanpa ada artikel, mustahil akan ada orang yang mengunjungi blog Anda. Itulah sebabnya menulis artikel dianggap cukup penting demi kemajuan dari blog milik Anda. Disadari atau tidak , ternyata untuk meningkatkan arus pengunjung ke blog Anda, mutlak diperlukan tips khusus agar web Anda tercatat di urutan teratas dari SEO Google, Yahoo, maupun yang lain.

Manfaat Artikel Yang SEO Friendly

Agar artikel  dalam blog  Anda dapat berada pada urutan teratas pada berbagai  mesin pencari , maka artikel dalam blog Anda harus bermanfaat untuk para pembaca web Anda. Ada pepatah  yang beranggapan bahwa “ Isi Artikel Adalah Raja “ , yang berarti apapun cara Anda , yang paling utama untuk diperhatikan adalah isi daripada artikel Anda yang harus 100% berorientasi pada azas kemanfaatan  dan berkualitas bagi para pengunjung web Anda.

Di Google memang pemilihan keyword, template maupun link building dengan kualitas bagus  juga diperlukan, tapi tanpa didukung isi artikel yang  berkualitas , maka hasil yang Anda peroleh hanya akan sia sia saja.


Hal Yang Harus Ada Pada Artikel Yang SEO Friendly

Inilah hal - hal yang harus Anda perhatikan untuk memperoleh artikel yang SEO friendly  :

1.     Judul Artikel Harus Mengandung Keyword Dan Menarik

Judul termasuk hal utama yang harus Anda tentukan sebelum menulis sebuah artikel. Ingat bahwa judul artikel Anda harus mengandung keyword dan harus menarik sehingga akan sangat mudah dicari oleh mesin pencari Google atau yang lain.

Untuk memperoleh hasil yang maksimal, sebaiknya letakkan keyword yang Anda kehendaki di awal paragraf, di tengah paragraf, di akhir paragraf, atau di belakang judul dari artikel Anda. Judul artikel yang baik sebaiknya terdiri dari 4 - - 5 kata saja . Yang penting, untuk menghindari tingkat persaingan antar blog yang ada, sebaiknya judul artikel harus lebih dari 3 kata.
  
2.     Keyword Harus Ditempatkan Secara Tepat

Artikel yang SEO friendly umumnya terdiri dari 300 – 400 kata, sebab untuk Yahoo minimal 5% dari total jumlah kata dalam artikel tersebut merupakan keyword, untuk Google 1,5% - 3,5% dari total jumlah kata adalah keyword.

3.     Gunakan Bahasa Baku Yang Benar dan Baik

Saat Anda menulis sebuah artikel, penggunaan bahasa baku yang benar dan baik kadang terasa sangat janggal dan sulit. Tapi hal ini mutlak harus Anda terapkan pada artikel Anda. Jangan terpengaruh oleh kebiasaan harian Anda yang sering menggunakan  bahasa yang tak baku.

4.     Optimalkan Permalink

Permalink / Permanen Link merupakan sebuah link atau URL yang sudah tak dapat diubah lagi sebab sudah permanen. Penggunaan permalink pada web Anda , akan memiliki peran yang sangat penting untuk memperoleh posisi yang bagus di berbagai mesin pencari. Permalink yang baik mengandung keyword yang tepat. Anda dapat gunakan Permalink Otomatis ( URL menyesuaikan judul artikel Anda) maupun Permalink Khusus ( URL dapat diubah sesuai keinginan Anda).

5.     Perhatikan Format Tulisan Artikel Anda (Italic, Bold, atau Underline)

Atur format tulisan artikel Anda dengan penggunaan secara maksimal fungsi  Italic, bold, atau Underline. Fungsi ini dapat  lebih memberi tekanan pada mesin pencari agar keyword yang Anda  gunakan punya format tulisan yang lain, sehingga mesin pencari Yahoo / Google dapat lebih mudah mendeteksi keyword Anda.

6.     Atur Format Heading Artikel

Dalam sebuah artikel yang seo friendly harus memiliki format baik pula agar mesin pencari dapat membedakan bagian yang penting dan kurang penting. Untuk Menunjang hal itu maka format heading artikel yang SEO Friendly adalah :

Format Special Untuk Judul Blog => H1

Format Heading Artikel =>
                                              H2  Untuk Judul Artikel
                                              H3  Untuk sub judul
                                              H4  Untuk Minor Judul

Saat mesin pencari menemukan tanda seperti itu maka secara otomatis akan memberikan prioritas utama pada H1, kemudian H2 , H3 , H4 dan seterusnya. Utamanya posisi H1 hanyalah untuk Judul blog saja, Ada pendapat lain bahwa penggunaan format dynamic heading akan mendapatkan manfaat lebih baik lagi dalam hal pencarian, Untuk jelasnya baca saja cara membuat dynamic heading blog

7.     Gunakan Deskripsi Penelusuran

Jangan pernah lupa untuk selalu mengisi Search Description / Deskripsi Penelusuran  yang terdapat pada sisi sidebar blogger.  Gunakan beberapa keyword unik, gunakan kalimat tambahan yang belum tercantum pada postingan Anda . Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan para  pengguna internet saat ingin mencari sebuah artikel melalui SEO. Ini lebih sering disebut sebagai Meta Deskripsi .

8.     Optimalkan Penggunaan Internal Link

Penggunaan Internal Link banyak manfaatnya, seperti :

Internal link umumnya mengarah pada artikel lain di dalam blog Anda , dengan fungsi untuk sebuah penjelasan yang lebih spesifik tentunya harus relavan, artinya artikel Anda dapat memperoleh pagerank google secara lebih merata, sebab ada banyak artikel yang saling berkaitan. Selain itu dapat mengurangi bounce rate, sebab  banyak pengunjung lebih suka  membuka internal link yang terdapat di  tiap artikel, dapat memberi penjelasan secara lebih spesifik, juga dapat menambah pageview blogger, Anda.

Itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar Anda dapat membuat artikel yang SEO friendly.