PERBEDAAN LAPTOP, NOTEBOOK DAN NETBOOK SEHARI-HARI



perbedaan laptop, notebook dan netbook

Perbedaan Laptop, Notebook dan Netbook Sehari-hari ~ Saat ini banyak orang yang masih menanyakan apa perbedaan Laptop, Notebook dan Netbook bahkan menjadikannya sebagai bahan perdebatan. Dalam penggunaan sehari-haripun masih banyak yang menyebut sebuah netbook adalah laptop, dan menyebut laptop adalah netbook. Sebenarnya ketiganya adalah produk yang satu varian, hanya saja ukuran dan kebiasaan dalam sebutanlah yang sering kali menjadikannya sebuah perbedaan.

Teknologi yang sudah sangat maju saat ini membuat orang semakin menambahkan fitur atau invovasi baru untuk mendukung setiap perangkat yang diciptakan. Setiap ada teknologi tercipta selalu dipikirkan pula perubahan ke arah yang lebih ringkas atau lebih simple untuk mendukung kebutuhan sehari-harinya.

Hal ini berlaku juga terhadap Laptop, Notebook dan Netbook, yang awalnya berasal dari teknologi komputer yang diciptakan dalam bentuk desktop PC ( komputer meja ) yang kita tahu sangat sulit untuk dibawa-bawa. Dengan pengembangan seperti ini membuat kita semakin mudah mempergunakan sebuah komputer dimana saja dan kapan saja. Kita bisa menggunakan komputer di taman, teras rumah, terminal, bandara dan lain sebagainya karena perkembangan teknologi tersebut.

Seiringan dengan perkembangannya kita pun biasa menyebutkan beberapa perbedaan Laptop, Notebook dan Netbook yang saat ini sudah marak digunakan. Dan untuk mengakomodir perbedaan tersebut saya akan jelaskan sesuai dengan spesifikasi yang biasa disebut di pasaran :

Laptop Atau Notebook

Sebenarnya Laptop atau Notebook adalah perangkat komputer yang sejenis / sama satu varian, yang membedakannya adalah sebutan yang biasa beredar / dipergunakan sehari-hari.  Jadi Laptop atau Notebook adalah sama-sama perangkat komputer jinjing yang portable.

Sebuah Laptop / notebook biasanya memiliki spesifikasi :

> Bisa dijinjing / dibawa dengan mudah
> Sumber daya baterai atau adaptor A/C
> daya tahan baterai sekitar 1 - 6 jam
> Ukuran layar sekitar 10 - 17 inch
> Terdapat CD atau DVD / DVD Writer
> Konsumsi Daya relatif besar
> Berat sekitar 3 - 5 kg
> Harga baru berkisar 3-4 jutaan ( rata-rata )

Netbook

Adalah perangkat komputer yang lebih kecil dari laptop / notebook dan lebih mudah untuk dibawa ( lebih ringan ), Sebenarnya netbook juga merupakan perangkat komputer yang sejenis dengan laptop / notebook hanya berukuran lebih kecil saja yang paling membedakan. Netbook diciptakan untuk pengguna yang tidak memerlukan komputer berspesifikasi tinggi dengan kata lain tidak perlu canggih-canggih asal bisa konek ke internet saja.

Sebuah netbook biasanya memiliki spesifikasi :

> Bisa dijinjing
> Layar berukuran
> Tidak terdapat CD atau DVD
> Konsumsi daya relatif kecil
> Berat sekitar 1 kg
> Harga baru berkisar 2 jutaan
> Ukuran layar di bawah 12 inch
> Umumnya menggunakan processor intel Atom

Nah, kesimpulan yang dapat diambil dari penjelasan di atas adalah, bahwa sebenarnya Laptop, Notebook, Netbook adalah perangkat komputer yang satu varian, hanya sebutan dan bentuk yang membuatnya dibedakan di pasaran komputer atau dalam penggunaan keseharian.

Demikianlah perbedaan Laptop, Notebook dan Netbook sehari-hari semoga dapat memberikan manfaat. Salam Sukses Belajar Blog.