PERBEDAAN GSM DAN CDMA UNTUK KOMUNIKASI PONSEL



perbedaan gsm dan cdma untuk komunikasi ponsel
Perbedaan GSM dan CDMA untuk komunikasi ponsel ~ Saat ini ponsel sudah bukan merupakan barang mewah lagi, tapi merupakan barang kebutuhan sehari-hari. Ponsel yang beredar saa ini terdiri atas jenis GSM dan CDMA, Umumnya orang lebih familiar dengan hp GSM, dan masih banyak juga yang tidak tahu apa perbedaan GSM dan CDMA, baik pada ponsel ataupun pada modem.

Sepintas lalu keduanya sulit dibedakan, ponselnya juga sama-sama menggunakan Sim Card, padahal jika dilihat pada jaringannya sangatlah jauh berbeda. Ditinjau dari segi hargapun sebenarnya juga relatif berbeda, umumnya hp yang menggunakan GSM lebih mahal dibanding yang menggunakan CDMA.

Setiap sambungan handphone menggunakan jalur tersendiri supaya tidak terjadi saling tubrukan / gangguan antara saluran yang satu dengan saluran yang lain, dan hal ini merupakan konsep dibuatnya sistem multiple access. Inilah yang merupakan hal utama dalam perbedaan GSM dan CDMA.

GSM ( Global System for Mobile ) merupakan jaringan komunikasi yang mengirimkan data berdasarkan slot waktu yang membentuk jalur pada setiap sambungan telepon dengan rentang waktu yang sangat cepat. Metode yang digunakan GSM adalah metode TDMA ( Time Division Multiple Access ) yang dari namanya saja kita bisa tahu bahwa itu meenggunakan waktu sebagai perantara akses.

Adapun keuntungan menggunakan GSM adalah :
> kualitas suara yang dihasilkan lebih jernih
> Jaringan lebih luas
> Kekuatan sinyal lebih baik

Kekurangannya adalah :
> Sistem informasi mudah bocor
> Lebih mudah disadap
> Relatif lebih mahal

CDMA ( Code Division Multiple Access ) merupakan metode komunikasi yang mengirimkan data berupa kode unik yang akan mengatur paket data yang dikirim.

Keuntungan :
> Relatif lebih murah
> Kualitas panggilan lebih baik

Kekurangan :
> Komunikasi sering terganggu
> Jaringan terbatas / kurang luas

Seperti yang sering kali kita temui bahwa pengguna GSM lebih banyak dari pada pengguna CDMA, Handphone yang disediakan pada tipe GSM pun lebih bervariasi sehingga orang lebih suka karena variasi pilihan tersebut.

Wilayah jangkauan juga menjadi motif utama untuk memilihnya.  Sebuah hp GSM menjangkau wilayah lebih luas dari pada CDMA yang umumnya terdapat di perkotaan saja.

Demikian perbedaan gsm dan cdma , semoga dapat memberikan manfaat. Salam sukses