BERBAGAI MACAM MEDIA PENYIMPANAN DATA KOMPUTER



Berbagai macam media penyimpanan data ~ Sering kali kita menyebutnya sebagai memori komputer yang sejarah awalnya berasal dari bahasa Inggris yaitu "computer data storage" yang merupakan suatu alat yang dipergunakan untuk merekam data sebagai informasi yang penting untuk disimpan dalam kurun waktu tertentu.

Dalam penggunaanya terdiri dari bagian pengolahan data yang cepat (RAM) dan yang lebih lambat (Disk), Meskipun RAM (Random Access Memory ) merekam sangat cepat, sifat sementaralah yang menjadi kelemahannya. Lain halnya dengan media penyimpanan berbentuk piringan ( Disk ) akan bertahan lebih lama yang berupa cakram optic dengan media penyimpanan magnetic (Harddisk). Dan akhirnya kemajuan teknologi pun menjawab dengan perubahan-perubahan ke arah yang lebih canggih.

Sesuai dengan perkembangannya, media penyimpanan pun dikenal dengan beberapa macam antara lain:

1. Floopy Disk
Hampir dipastikan bahwa media penyimpanan yang satu ini sudah tidak dipergunakan lagi yang mana pada awalnya (sekitar tahun 1980an ) menjadi media yang sangat dicari / dipergunakan untuk menyimpan data. Jenis floopy disk ini memiliki 2 ukuran yaitu : 5 1/4 inch dan 3 1/2 inch yang berkapasitas Double Density (DD) dan High Density (HD). Perekaman FD ini dapat diulang-ulang walaupun sangat minim sekali kapasitas yang dapat ditampung.

macam-macam media penyimpanan
2. ZIP Drive
Berukuran sangat kecil yaitu : 1.47 inch. diciptakan untuk menutupi keterbatasan kapasitas dari Floopy Disk yang dapat memberikan ruang penyimpanan hingga 100 MB.

3. Harddisk
Sebagai bagian perkembangan teknologi komputer maka tercipta pula media penyimpanan yang lebih baik dengan kapasitas yang jauh lebih besar yaitu Harddisk yang menyimpan data dalam track, sektor, dan cluster yang menggunakan FAT ( File Allocation Table ). FAT berisi nilai yang menunjuk secara cepat setiap cluster dimana posisinya berada.

Media penyimpanan yang satu ini terbagi atas dua jenis :

A. Internal Harddisk
Penempatannya di dalam unit komputer yang biasa digunakan untuk menyimpan sebagian besar data atau program. Kapasitas yang dapat digunakan untuk penampungan sangat besar, bahkan hingga ukuran terabyte.

B. External Harddisk
Merupakan media penyimpanan yang bisa diletakkan di luar unit komputer melalui pengantar berbentuk kabel dan biasanya dihubungkan ke komputer melalui port, USB.

macam media penyimpanan data komputer


4. CD dan DVD
Merupakan media penyimpanan yang merekam setiap informasi / data secara digital menggunakan laser berintensitas tinggi. Saat membaca media tersebut akan menggunakan laser intensitas rendah yang menyinari lapisan bening dan bersamaan dengan itu motor akan melakukan pemutaran terhadap disk. Proses ini sering kali dipergunakan pada media yang kita sebut CD ROM.

Dan generasi lanjutan dari CD ROM adalah DVD, yang menggunakan media optical disc dan kapasitas yang diberikan jauh lebih besar dari CD ROM, Sehingga saat ini sering kali digunakan untuk perusahaan musik untuk merekam lagu atau gambar.

Dalam perkembangannya DVD-ROM lebih cepat dibandingkan CD-ROM. 1x, yang mana DVD-ROM memungkinkan rata-rata transfer data 1.321 MB/s dengan rata-rata burst transfer 12 MB/s. Semakin besar cache (memori buffer) yang dimiliki DVD-ROM, semakin cepat pula tingkat penyaluran datanya.

Demikianlah berbagai macam media penyimpanan data, semoga dapat memberikan manfaat. Salam blogger.

sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Penyimpanan_data_komputer
http://windha-kumala.web.ugm.ac.id