APA ITU ANDROID, PENGERTIAN DAN PERKEMBANGANNYA



apa itu android, pengertian dan perkembangannya
Apa itu Android ? ~ Saat ini Hp Android kian bertambah populer di mata dunia yang merupakan suatu terobosan teknologi yang dianggap mampu menjadi pesaing para raksasa Hp dunia misalnya Nokia, Blackberry. Demikian halnya di Indonesia yang lambat laun sudah ikut menggunakan tehnologi tersebut, mesikipun tidak signifikan sekali perkembangannya, Meski demikian masih banyak yang bertanya Apa itu Android.?

Pengertian Android adalah merupakan suatu sistem operasi berbasis Linux yang ditanamkan di smartphone, tablet dan fungsi antarmuka pengguna didasarkan pada proses manipulasi layar secara langsung dengan cara mengetuk (tapping ), menggesek (swiping), mencubit (pinching)

Dan faktor-faktor tersebut menyebabkan banyaknya kontribusi terhadap perkembangan Android sehingga saat ini Android dianggap memiliki fitur yang lebih baik dari teknologi lainnya. Misalnya saja Hotspot WIFI, Multitasking, GPS, Multi-Touch, Support Java dan juga mendukung jaringan GSM/EDGE, CDMA, EV-DO, UMTS, Bluetooth, Akselerometer dan sensor proksimitas. (sumber : wikipedia )

Android yang dibuat dari modifikasi basis kernel Linux pertama kali diperkembangkan oleh perusahaan Android Inc., dan memiliki keunggulan sebagai open source yang gratis dan akhirnya diakuisisi oleh Google pada tahun 2005. Karena keunggulan berbagai fitur yang dimiliki, membuat Android semakin dikembangkan dan hingga kini kita mengenal berbagai versi Android yang tengah beredar , diantaranya adalah :

1. Eclair ~ Android versi 2.0 / 2.1
Merupakan versi Android yang pertama dipergunakan oleh kebanyakan smartphone, adapun fitur utama Eclair adalah memiliki perubahan struktur tampilan interface yang mendukung format HTML5.

2. Frozen Yogurt ~ Android versi 2.2
Versi ini merilis peningkatan kecepatan, penambahan fitur Wi-Fi dan adobe flash

3. Gingerbread ~ Android versi 2.3
Peningkatan pada fitur soft keyboard, sehingga memudahkan untuk proses copypaste dan power management

4. Honeycomb ~ Android versi 3.0 ~ 3.2
Fitur ini mengkhususkan diri mendukung processor dan tehnis grafis pada tablet

5. Ice Cream Sandwich ~ Android versi 4.0
Fitur utamanya adalah Face Unlock Android Bean dan dirilis pada 19 oktorber 2011 di hongkong dan dapat digunakan di smartphone ataupun tablet.

6. Jelly Bean ~ Android 4.1 ~ 4.3
Fitur utamanya adalah peningkatan user interface yang lebih baik dan responsif

7. KitKat ~ Android 4.4
Sering kali dipasaran smartphone menyebut dengan singkat Android KitKat, yang difokuskan pada device low-end yang memiliki memori kecil dapat berjalan dengan lancar dan juga mendukung Mobile Printing.

Dan saat ini Android semakin antusias sekali untuk meningkatkan pengembangan teknologi pada berbagai aplikasi baik itu yang gratis ataupun berbayar dan dengan mudah kita dapat mengunduh berbagai aplikasi tersebut di Google Play.

Dan kebanyakan hp Android menggunakan touchscreen yang masih dianggap agak sulit / ribet menggunakannya, terasa lebih cepat panas, perlu koneksi internet yang cepat sehingga membuat Android agak terhambat perkembangannya di pasar Indonesia.

Ok, demikian saja artikel Apa itu Androidpengertian dan perkembangannya semoga dapat memberikan manfaat.