8 KRITERIA BLOG SUKSES




kriteria blog sukses

Setiap Blogger pasti ingin memiliki blog yang sukses dan hal ini yang menjadi idaman yang selalu menjadi incaran dengan berbagai cara. Tidak mengherankan, jika banyak blogger yang bekerja keras untuk mewujudkan impian tersebut.

Bagi setiap blogger, nilai kesuksesan ini tentu berbeda-beda bergantung kepada target apa yang hendak dicapai.  Terlepas dari semua itu, paling tidak ada 8 indikator suatu blog dikatakan sukses. Berikut penjelasan singkatnya :


1. Jumlah artikel

Jumlah artikel yang tentunya saya anggap asli merupakan hasil karya sendiri ( diluar dari hasil copas ) dapat menunjukkan kemampuan produktivitas dan profesionalisme yang tinggi dari si pengelola blog. Kemampuan seorang blogger yang melakukan copy paste dan mencuri tulisan blogger lain  tentulah tidak produktif dan tidak profesional, bukan ?

2. Jumlah pengunjung

Pernahkah mengalami blog bila tidak didatangi pengunjung?  Saya kira setiap blogger pasti pernah merasakannya sewaktu masih menjadi pemula, rasanya seperti rumah tak berpenghuni hiii serem. Itulah sebabnya para blogger berjuang dan berusaha sekuat tenaga untuk mendatangkan pengunjung sebanyak mungkin ke blognya. Semakin banyak pengunjung yang datang (misalnya 1000 orang per hari), semakin besar peluang menarik minat pengiklan sehingga dapat mendulang kesukses blog dengan tingkat keuangan yang lebih baik.

3. Jumlah komentar

Jumlah komentar menunjukkan seberapa tinggi pengunjung merespon topik tulisan dan juga menunjukan kemampuan menduduki posisi pencarian yang cukup baik. Semakin menarik sebuah tulisan dan semakin baik posisi pencarian, maka semakin banyak pula komentar yang didapat.

4. Jumlah anggota fans page Facebook

Setiap facebooker meng-klik tombol suka ( like ), maka link postingan terbaru akan muncul di akunnya. Seperti halnya jumlah pelanggan, semakin banyak fans menunjukkan bahwa semakin bermanfaat konten blog bersangkutan.

5. Jumlah anggota tweet dari Twitter

Twitter juga merupakan jejaring sosial sudah sangat banyak dipergunakan saat ini. Para pengguna Twitter dimanjakan oleh fasilitas tweet yang terpasang di blog. Jika ia merasa postingan yang dibacanya sangat bermanfaat dan menarik, maka ia akan sukarela menekan tombol tweet dengan harapan postingan tersebut diketahui oleh para pengikutnya dan tentunya semakin banyak tweet, semakin berkualitas pula tulisan tersebut.


6. Jumlah pelanggan

Jumlah pelanggan dapat diperoleh dari RSS Feed dan Newsletter dengan sangat mudah, bagi pengunjung yang merasakan konten yang dibacanya bermanfaat maka dengan suka rela ia akan berlangganan melalui RSS Feed dan Newsletter untuk mendapatkan postingan terbaru ataupun tools dari blog tersebut.

7. Pagerank

Pagerank blog yang tinggi merupakan suatu tingkat kegengsian blog, baik di mata blogger maupun para pengiklan. Banyak blogger yang ingin bertukaran link dengan blog yang berpage rank tinggi dengan niat agar page rank blognya terimbas naik juga. Bagi para pengiklan, blog berpage rank tinggi adalah sasaran untuk membeli text link ads.

8. Alexa Rank

Indikator ini hampir sama dengan pagerank. Semakin ramping angka alexa rank (misalnya di bawah 50 ribu), tentunya semakin bergengsi pula blog bersangkutan.


Nah , sudahkan blog Anda memiliki 8 kriteria blog sukses seperti di atas ?

Salam blogger dan salam sukses , semoga bermanfaat.