CARA MENGGUNAKAN FILEZILLA UNTUK TRANSFER FILE



Transfer file menggunakan filezilla biasanya diperlukan pada saat upload file dari komputer ke direktori public_html pada server hosting untuk menginstall software aplikasi. Hal ini dilakukan untuk membantu mempermudah proses upload file. Proses ini akan sangat terasa manfaatnya jika file yang diupload jumlahnya banyak dan hal ini tentunya dipengaruhi juga kelancaran sinyal modem.

Melalui artikel ini saya ingin berbagi cara menggunakan filezilla untuk transfer file atau upload file ke server dengan maksud membantu bagi yang belum tahu caranya. Siapkan terlebih dahulu file yang akan ditranfer, kemudian silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini :

1. Download FTP-Client Filezilla terlebih dahulu https://filezilla-project.org/download.php dan install

2. Setelah selesai install, Klik Filezilla untuk mengaktifkan aplikasinya

3. Isi kolom ” Host ” dengan ftp.namadomain.com

4. Isi kolom username dan password ftp domain hosting anda

5 Isi Port dengan 21 atau biarkan kosong saja tidak usah diisi

6. Klik “ Quickconnect ” dan jika settingan anda benar maka akan langsung terkoneksi ( jangan lupa aktifkan modem juga )



7. Setelah berhasil terkoneksi, Pilih file yang akan ditransfer dari direktori komputer anda yang ditampilkan pada kolom B.

8. Pilih direktori server untuk menympan file anda di server hosting, biasanya di public_html

9. Lihat di kolom C, pilih file yang akan ditransfer dengan cara klik 2x , Jika berbentuk folder maka klik kemudian drag di kolom E. , bisa juga dengan cara klik kanan mouse, dan pilih upload. Salah satu cara upload cepat adalah dengan mengklik folder file, sehingga proses upload akan otomatis bekerja sendiri.

10. Tunggulah proses upload file hingga selesai. Filezilla akan otomatis melakukan koneksi ulang jika pada saat transfer file ada sinyal yang terputus.

Kecepatan proses upload file ke direktori sangatlah bergantung kepada banyaknya file dan kemampuan sinyal pada saat sedang bekerja, jadi kemungkinan juga ada error yang mungkin terjadi. Oleh sebab itu pastikan sinyal modem dalam keadaan cukup bagus pada saat upload file agar tidak ada file yang rusak.

Demikianlah cara menggunakan filezilla untuk transfer file server, semoga dapat memberikan manfaat, salam blogger