PENGERTIAN, JENIS JENIS KOMPUTER SECARA UMUM DAN PARA AHLI



pengertian, jenis jenis komputer secara umum dan para ahli

PENGERTIAN KOMPUTER SECARA UMUM

Pengertian komputer secara umum merupakan alat yang digunakan untuk pengolahan data informasi yang digunakan sesuai dengan perintah yang telah dirumuskan. Pada awal permulaan istilah komputer digunakan sebagai sebutan bagi orang yang mempunyai pekerjaan di bidang arithmatika tanpa menggunakan alat bantu. Informasi yang diolah selalu berhubungan dengan perhitungan arithmatika walaupun pada kenyataanya komputer saat ini digunakan orang untuk membidangi pekerjaan yang tidak selalu berhubungan dengan matematika.

Pengertian komputer pada saat ini dapat didefinisikan sebagai suatu kesatuan alat yang dapat mengolah data dengan menggunakan rangkaian beberapa komponen elektronik yang saling mendukung berdasarkan perintah suatu program.

PENGERTIAN KOMPUTER MENURUT PARA AHLI

Selain dari pengertian komputer secara umum seperti di atas masih ada pendapat para ahli yang patut untuk kita ketahui juga antara lain :

1. Robert H. Blissmer
komputer adalah suatu alat elektronik yang dapat melakukan serangkaian tugas yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perinteah dan hasil pengolahannya serta menyediakan output dalam bentuk informasi

2. Larry Long dan Nancy Long
Komputer adalah alat hitung elektronik yang mampu mengiterpresentasikan dan juga mampu melaksanakan perintah program untuk input, output perhitungan dan operasi operasi logic.

3. VC. Hamacher ZG
komputer adalah mesin penghitung elektronik yang dapat dengan sangat cepat menerima informasi input digital memproses dengan suatu program yang tersimpan di memori dan menghasilkan output informasi.

4. McGraw-Hill
Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input secara digital, lalu memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpa di dalam memorinya dan  kemudian menghasilkan output berupa informasi

5. Donald H.Saders
Komputer adalah suatu system elektronik yang dapat memanipulasi data dengan cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output berdasarkan intruksi-instruksi yang sudah tersimpan di dalam sebuah memori.

6. William M Fuori
Komputer adalah suatu pemeroses data yang dapat melakukan perhitungan yang besar dan cepat termasuk perhitungan arithmatika yang besar atau operasi logika tanpa campur tangan dari manusia selama pemrosesan.

7. Williams Sawyer
Komputer adalah mesin multiguna yang dapat diprogram, menerima data dan memprosesnya atau memanipulasinya ke dalam informasi yang dapat kita gunakan

artikel terkait : pengertian jaringan komputer

JENIS JENIS KOMPUTER

1. Komputer analog
 Komputer yang bekerja pada level analog yang biasanya disebut opertional amplifier dan inilah yang menjadi dasar dari sebuah komponen elektronik.

2. Mikrokomputer
Merupakan komputer yang CPU nya menggunakan mikroprosesor, misalnya  komputer pribadi (PC =personal computer), Laptop.

3. Super Komputer
Yaitu komputer yang kecepatannya lebih unggul dari komputer pasaran. Komputer ini digunakan dalam suatu perhitungan tertentu misalnya perhitungan intensif prakiraan cuaca dan lain-lain.

Contoh :  Computer buatan Fujitsu, jepang kecepatan 8.162 petaFLOP diluncurkan juni 2011, Tianhe-IA buatan National Supercomputing Center Tianjin, RRC berkecepatan 2.566 petaFLOP diluncurkan oktober 2010, Jaguar buatan Cray, Amerikat Serikat berkecepatan 1.759 petaFLOP diluncurkan tahun 2009.

artikel terkait : macam-macam topologi jaringan komputer

BAGIAN-BAGIAN KOMPUTER


Komputer dibagi menjadi 2 bagian besar yaitu Hardware ( perangkat keras ) dan Software ( perangkat lunak )

1. Hardware (perangkat keras komputer)
    a. CPU (Central Processing Unit) - unit pengolah data
    b. RAM (Random Access Memory) - Tempat menyimpan data sementara
    c. DiskDrive / Harddisk - Tempat menyimpan data
    d. Keyboard / Papan ketik

2. Software (perangkat lunak)
   a. Sistem Operasi (OS) yaitu suatu program dasar pada komputer yang menghubungkan hardware dengan si pengguna komputer. Contoh OS : Windows, Mac , Linux
  b. Program Komputer Pendukung yaitu aplikasi yang dipasang pada komputer yang didukung sistem operasi.

Demikianlah pengertian, jenis-jenis komputer secara umun dan para ahli, semoga dapat memberikan manfaat, salam blogger.