Istilah-Istilah yang Digunakan Dalam Toko Online



Istilah-istilah yang digunakan dalam Toko Online ~ Toko Online atau Online Shop semakin hari semakin diminati orang dalam bertransaksi di dunia maya. Kemudahan transaksi adalah salah satu alasan yang paling banyak ditemui. Selain itu efisien dalam mencari dan memilih produk yang diinginkan melengkapi alasan sebelumnya.

Untuk bertransaksi di toko online Anda hanya perlu memiliki koneksi internet, Lalu mengunjungi situs-situs online shop, mencari produk yang diinginkan, kemudian membayar sejumlah uang sejumlah yang tertera. Dan hanya dalam hitungan hari, produk yang telah Anda beli akan tiba di rumah. Sangat mudah bukan ...?

Bagi Anda yang sudah pernah atau sering kali bertransaksi di toko online tentu tidak asing dengan berbagai istilah yang digunakan dalam toko online. Namun bagi orang awam tentu akan merasa asing dan tidak mengerti akan bahasa yang digunakan.

Nah, Bagi Anda yang masih awam mengenali istilah-istilah tersebut, berikut ini telah saya buatkan rangkumannya untuk membantu Anda memahaminya. Silahkan disimak aja yaa :

istilah-istilah yang digunakan dalam toko online

Istilah Dalam Toko Online


1. COD

Istilah ini sering kali digunakan dalam transaksi online, COD yang merupakan kependekan dari Cash On Delivery yaitu suatu transaksi yang terjadi melalui perjanjian bertemu di suatu tempat. Jadi istilah kasarnya ada barang ada uang, Saat penyerahan barang maka uang langsung dibayarkan saat itu juga. Banyak pembeli yang memilih cara ini untuk menghindari terjadinya penipuan.

baca juga : Cara Membuat Toko Online Gratis

2. Sold

Artinya barang sudah terjual. Jadi setiap barang yang telah laku (terjual) biasanya ditandai dengan kata sold.

3. Resi

Resi di sini biasanya berupa secarik bukti pengiriman barang yang dipesan. Resi ini akan menambah keyakinan pembeli bahwa barang yang dipesan sudah diserahkan ke jasa pengiriman barang.

Misalnya pengiriman melalui JNE, Ketika selesai menyerahkan barang akan diberikan secarik kertas berisikan nama dan alamat penerima, nama dan alamat pengirim, berat barang. Secarik kertas inilah yang disebut dengan resi. Jadi setelah Anda membeli suatu produk, Anda berhak untuk menagih resi kepada si penjual.

4. Ongkir (Ongkos Kirim)

Yaitu biaya pengiriman barang yang dikenakan dalam suatu transaksi (pembelian). Umumnya biaya ini dibebankan kepada pembeli dari penjual. Biaya ini sangat tergantung kepada jarak pengirim ke tujuan dan berat produk yang dibeli. Jadi jangan lupa tanyakan kepada penjual berapa ongkos kirim saat membeli suatu produk.

5. Buyer

Artinya pembeli atau orang yang akan membeli suatu barang di toko online.

6. Seller

Artinya penjual barang atau pemilik toko online

7. Reseller

Adalah pelaku bisnis atau orang yang menjual kembali produk maupun jasa dari distributor, produsen atau pemilik toko online yang telah mereka gandeng.  Seorang reseller biasanya perlu melakukan persediaan barang atau produk yang akan dijual.

8. Dropship

Suatu kerja sama pemasaran online dimana para pelaku bisnis toko online atau penjual tidak perlu menyimpan stok barang banyak, Karena saat mendapatkan orderan dari konsumen maka penjual langsung meneruskan detail pengiriman kepada pemilik toko online, produsen, atau distributor.

9. Return

Artinya mengembalikan produk yang telah dibeli, Proses return dapat terjadi ketika seseorang mendapatkan barang yang tidak sesuai dengan kriteria pesanan. Tentunya harus didahului dengan persetujuan atau perjanjian yang berlaku antara penjual dan pembeli ketika bertransaksi.

10. Refund

Sedangkan refund berarti membatalkan transaksi yang sudah disetujui. Proses refund biasanya terjadi ketika ada kesalahan teknis seperti uang sudah terlanjur di transfer, ternyata stok barang kosong. Sehingga pihak pembeli dapat meminta refund atau pengembalian uang.

11. Testimonial

Testimonial adalah pernyataan dari pihak pembeli mengenai suatu produk yang telah dijual. Fungsinya ialah sebagai bahan penilaian terhadap barang yang diperjual belikan.

12. PO

PO atau Pre Order adalah proses pemesanan suatu barang yang posisi barangnya akan dipesankan oleh penjual. Pembeli perlu memesan dan membayar terlebih dahulu, Kemudian penjual (pemilik toko online) akan memesankan barang yang telah dipesan oleh pembeli.

13. Ready Stock

Artinya barang tersedia dan siap dibeli oleh calon pembeli.

14. Out Of Stock

Merupakan kebalikan dari Ready Stock, yaitu stok barang yang akan dibeli sedang tidak ada (kosong).

15. DP ( Down Payment)

DP adalah pembayaran yang dilakukan oleh pembeli kepada penjual, Jumlah yang dibayarkan tidak seluruhnya. biasanya sekitar 10% dari keseluruhan transaksi. Namun tidak menutup kemungkinan pembayaran di atas 10 %.

16. FP (Full Payment)

Kebalikan dari DP, Pembeli melakukan pembayaran secara menyeluruh terhadap harga yang telah ditentukan.

Nah, itulah beberapa istilah yang digunakan dalam toko online. Masih banyak istilah yang juga digunakan, namun istilah di atas adalah yang umum digunakan. Semoga dapat memberikan manfaat.