Firebase, Alternatif Pengganti Layanan Web Hosting Google Drive



Pihak Google melalui G Suite Updates telah mengumumkan bahwa mulai 31 Agustus 2015, web hosting di Google Drive akan hentikan bagi pengguna dan pengembang. Namun Pelanggan Google Apps yang melayani konten melalui googledrive.com/host/[doc id] diberikan waktu untuk dapat menggunakan fitur ini hingga jangka waktu 1 tahun ke depan (31 Agustus 2016).

Alasan pihak Google menghentikan layanan web hosting di Google Drive lebih dikarenakan banyak layanan konten web hosting publik yang telah bermunculan. Hal ini dianggap akan memberikan pilihan yang  lebih baik bagi pengguna. Selain itu, Pihak Google akan menfokuskan diri pada layanan core Drive dan Google Apps.

Meski Google telah benar-benar menghentikan layanan web hosting di Google Drive, Pihaknya merujuk layanan pengganti ke pihak ketiga yaitu Google Cloud Platform sebagai solusi untuk melayani konten.

Layanan ini akan memberikan kredit secara cuma-cuma sebesar $300 untuk digunakan di Google Cloud Platform selama 60 hari ke depan. Setelah itu pengguna akan diminta rincian kartu kreditnya untuk melakukan pembayaran sebagai pelanggan.

Firebase Sebagai Alternatif Pengganti Google Drive


Selain Google Cloud Platform, Alternatif pengganti layanan web hosting di Google Drive yang dapat digunakan ialah Firebase Hosting. Firebase ini sebenarnya juga bagian dari Google Cloud Platform, Namun diberikan secara gratis terbatas. Ada 3 jenis paket yang dapat dipilih yaitu SPARK, FLAME, BLAZE. dan untuk jelasnya silahkan lihat disini

Nah, Bagi Anda yang sudah "dikecewakan" oleh Google Drive, dapat memilih Firebase sebagai alternatif pengganti layanan web hosting. Kode-kode script atau file-file untuk keperluan hosting seperti JS, dll dapat disimpan menggunakan paket SPARK yang gratis. Bila Anda ingin mencobanya, Berikut ini penjelasannya :

Cara Menggunakan Layanan Web Hosting di Firebase


1. login ke https://firebase.com , melalui akun Google Anda. , Lalu klik "BUAT PROYEK BARU"

2. akan tampil menu untuk buat proyek, Isikan saja nama proyek, negara, kemudian klik "BUAT PROYEK"

memulai pembuatan proyek di firebase

3. Akan masuk ke dashboard Firebase, temukan dan klik "Storage".
Selanjutnya lihat di sebelah kanan layar, klik kotak hitam untuk membuat folder. Folder dibuat untuk menampung file agar menjadi lebih tertata rapi.

baca juga : Macam-macam Media Penyimpanan Data Komputer

4. Setelah selesai membuat folder, Klik "UNGGAH FILE" untuk melakukan upload file yang diinginkan.


buat folder dan unggah file ke penyimpanan firebase

5. Setelah proses unggah selesai, klik nama file yang baru saja diunggah untuk mendapatkan rinciannya

file sudah tersimpan di firebase


6. Lihat bagian kanan bawah, temukan dan klik "Lokasi File", Kemudian klik "URL Unduhan" yang ada di bagian bawah. Tautan inilah yang biasa digunakan untuk web hosting.

ambil tautan di firebase

Terlihat tautan tersebut sangat panjang, Jika demikian Anda bisa mengakalinya dengan cara memendekkan tautan tersebut melalui URL Shortener.

Nah, bagi Anda yang telah menyimpan file dan tidak dapat mengakses tautan di googledrive.com/host/[doc id] silahkan mencoba Firebase, sebagai alternatif pengganti layanan web hosting Google Drive.