Allo dan Duo, Aplikasi Chat dan Video Call yang Pintar dari Google



Tanggal 18 Mei 2016 lalu Google telah melakukan presentasi di Google I/O keynote tentang aplikasi Allo dan Duo. Aplikasi serupa pesan yang cerdas dan video call ini rencananya akan diluncurkan pada musim panas tahun ini. Nah, apa dan bagaimana cara kerja Allo dan Duo ? Silahkan disimak ulasan berikut :

allo dan duo, aplikasi chat dan video call dari google

Google Allo


1. Allo Aplikasi Percakapan yang Cerdas (Smart Reply)

Allo adalah aplikasi yang cerdas untuk membantu percakapan menjadi lebih mudah, lebih produktif dan lebih ekspresif. Layaknya WhatsApp, agar dapat terhubung dengan pengguna, No. Hp harus ada dalam kontak pengguna. Saat melakukan percakapan, Allo akan menampilkan kata balasan (saran kata) untuk membantu Anda menanggapi percakapan lebih cepat. Ia akan dapat mengetahui dengan cepat jawaban yang kira-kira akan dilontarkan (Smart Reply=balasan cerdas). Jadi Anda cukup menyentuh layar Hp untuk memilih 1 kata yang tersedia sebagai balasan.

aplikasi percakapan yang cerdas (smart reply)

2. Fitur Asisten Google Allo

Saat melakukan percakapan, Anda akan mudah terhubung untuk menggunakan informasi lainnya yang telah terintegrasi di Google, Asisten di Allo akan memungkinkan Anda memberikan informasi yang berasal dari pencarian (Search), Alamat (Maps) bahkan YouTube.

Misalnya : ketika sedang melakukan percakapan tentang rencana makan di suatu tempat, Seketika itu juga aplikasi akan menampilkan tempat makan terdekat di layar Hp Anda. Sehingga akan memudahkan untuk melakukan pemesanan tempat makan.

fitur asisten google allo

3. Fitur Tinta, Stiker dan Whisper Shout

Fitur kreatif ini digunakan untuk mencoret-coret foto dan menampilkan stiker sebagai gambar ekspresi. Dengan fitur ini Anda akan cepat menanggapi sesuatu dengan menuliskan teks di foto atau menampilkan perasaan Anda saat itu melalui stiker.

Nah, Terkadang kita sulit mengungkapkan kata untuk berteriak atau berbisik ketika sedang ber-chatting. Namun dengan Whisper Shout Anda dapat melakukannya dengan sangat mudah, yaitu memperbesar teks  atau memperkecil teks. Memperbesar teks berarti berteriak atau marah, sedangkan memperkecil teks berarti berbisik... gampang kan ?

fitur tinta dan stiker allo



4. Privasi dan Keamanan Allo

Fitur ini mengikuti jejak dari browser Chrome yang mampu mengakses situs dalam modus penyamaran (Incognito Mode). Chatting dalam mode penyamaran akan memiliki enkripsi end-to-end untuk melakukan percakapan yang dianggap lebih rahasia.

baca juga : Anavigo : Aplikasi Pemandu Perjalanan Pengemudi


Google Duo


1. Aplikasi Duo Mudah digunakan

Selain mengeluarkan Allo, Google juga menawarkan Duo yaitu aplikasi khusus untuk video call yang berkualitas HD. Sama halnya dengan Allo, Hanya pengguna yang berada dalam kontak-lah yang bisa melakukan video call. Panggilan Anda akan mudah dilakukan hanya dengan satu sentuhan jari (Tap).

tampilan sederhana duo dan mudah digunakan


2. Knock Knock Fitur Preview Video Duo

Salah satu fitur unggulan dari Duo adalah Knock Knock, Fitur ini akan menampilkan video preview dari si pemanggil sebelum Anda menerimanya. Setelah menggeser tombol jawab maka aplikasi ini akan melakukan proses transisi yang mulus sehingga Anda tidak akan merasakan gangguan saat menerima panggilan.

fitur knock knock duo


3. Video Berkualitas HD

Selain itu hasil tampilan video akan berada di modus HD (hingga 720p). Meskipun berada pada bandwith yang sangat terbatas Duo tetap akan bekerja dengan baik sehingga Anda masih dapat terhubung. Bahkan ketika berada diantara transisi jaringan seluler dan Wi-Fi, Duo tetap mampu melakukan perubahan transisi panggilan sehingga Anda tidak akan merasakannya.

Artikel Lainnya : Smartcities.id, Aplikasi Layanan untuk Kota-kota di Indonesia

video duo berkualitas tinggi (HD)


4. Antar Platform

Google Duo memungkinkan untuk melakukan panggilan video call antara pengguna yang menggunakan perangkat Android dengan pengguna yang menggunakan perangkat iOS sehingga semakin banyak orang yang dapat terhubungi melalui aplikasi lintas platform ini.

Seperti halnya aplikasi Google Allo, Google Duo juga dirancang untuk melakukan panggilan yang mementingkan privasi dan keamanan, Seluruh panggilan dari Duo akan terenkripsi dalam modus end-to-end. Jadi Anda tidak perlu khawatir akan keamanan penggunaan video call Duo.

Sayangnya aplikasi Allo dan Duo ini baru akan tersedia di Android dan iOS pada musim panas nanti, Namun Anda bisa mendaftarnya terlebih dahulu di Google Play Store, agar ketika aplikasi ini sudah tersedia maka Anda akan diberitahu ketersediaannya.