Apa itu Plugin WordPress, Bagaimana Cara Menginstallnya ?



Bagi pengguna blog / website dari platform WordPress Self Hosting tentu pernah merasakan manfaat dari penggunaan plugin WordPress. Plugin ini akan bekerja "menambal" kekurangan platform tersebut sehingga terjadi peningkatan kinerja blog itu sendiri. Sebenarnya apa itu plugin WordPress dan bagaimana cara menginstallnya ?

Apa itu Plugin WordPress ?


Plugin WordPress adalah aplikasi pihak ketiga yang ditanamkan ke dalam blog dan dimaksudkan untuk membantu meningkatkan kinerja sebuah blog. Berbagai macam plugin dalam jumlah yang sangat banyak dapat dengan mudahnya ditemukan dalam situs WordPress.org.

Plugin - plugin inipun disediakan secara gratis, Anda dapat dengan mudah men-download dan menginstallnya ke dalam blog WordPress kesayangan. Bila ingin mendapatkan kemampuan yang lebih disediakan pula versi "premium" yang tentunya harus membayar sejumlah biaya.

Contoh Plugin WordPress :


- Akismet
- Google XML Sitemaps
- Yoast SEO
- W3 Total Cache
- Jetpack by WordPress.com
- All in One SEO Pack
- dll

apa itu Plugin WordPress dan bagaimana Cara Menginstallnya ?


Bagaimana Cara Menginstall Plugin WordPress ?

Seperti yang dijelaskan di atas, bahwa fungsi dari sebuah plugin adalah membantu peningkatan kinerja blog WordPress. Anda tinggal memilih plugin mana yang ingin digunakan lalu download dan install, tentunya tidak harus seluruh plugin yang tersedia ditanamkan ke dalam blog. Pilih beberapa saja sesuai kebutuhan, tetapi yang memiliki tugas yang berbeda-beda.

baca juga : Plugin WordPress yang Wajib digunakan Blog

Nah, Setelah mengetahui plugin apa saja yang dibutuhkan, Kini tiba saatnya melakukan penginstalan. Ada 2 cara menginstal plugin WordPress yang bisa Anda gunakan, Cara yang pertama mendownload di WordPress.org, Kemudian lakukan proses upload. ( cara ini lebih panjang prosesnya )

Sedangkan cara yang kedua menginstall langsung di menu plugin. Saya lebih merekomendasikan cara kedua karena lebih mudah dan lebih mempersingkat proses penginstallan. Karena itu saya akan jelaskan cara kedua, Berikut ini langkah-langkahnya :

Menginstall Plugin WordPress Secara Langsung di Blog


1. Login ke dashboard WordPress
2. Temukan "Plugins" yang ada di kiri menu
3. Klik "Add New" di bagian atas

apa itu plugin WordPress dan bagaimana cara menginstall plugin wordpress


4. Lalu pilih plugin WordPress yang ingin digunakan, Anda bisa mencarinya di bagian "Featured, Popular, Recommended, Favorites", atau lakukan pencarian di "Search Plugins" dengan mengetikkan kata kunci ke dalamnya.

baca juga : 6 Plugin SEO Terbaik Untuk WordPress


Apa itu Plugin WordPress dan Cara Menginstall Plugin WordPress


5. Setelah ketemu pluginnya, Klik "Install Now". Tunggu proses instalasi hingga selesai. Kemudian klik "Activate Plugin" untuk mengaktifkannya. Nah, sampai di sini selesai sudah cara menginstall plugin WordPress.

Kebanyakan plugin yang terinstall perlu dilakukan langkah lanjut berupa settingan-settingan. Pelajari dengan seksama dan hati-hati dalam melakukan settingan. Bila Anda ragu, biarkan dalam keadaan default saja.

Memang banyak plugin-plugin WordPress yang sepintas lalu mirip, Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Anda bisa mencobanya menginstall plugin tersebut, Jika dirasa tidak cocok maka Anda dapat menghapusnya kembali dengan mudah.

Proses delete plugin ini harus dilakukan hingga tuntas tanpa menyisakan file-filenya sedikitpun di dalam hosting. Bila tidak dihapus tuntas maka kapasitas hosting pasti akan termakan oleh file sisa tersebut. Proses penghapusan tidaklah sulit, Hanya saja bagi pemula mungkin sedikit ragu untuk melakukannya.

Nah berikut ini akan dijelaskan cara menghapus plugin WordPress hingga tuntas. Silahkan disimak :

Cara Menghapus Plugin WordPress Hingga Tuntas


1. Klik "Deactivate" plugin
2. Klik "Delete" plugin
3. Klik "Yes, delete these files" , tunggu proses hingga selesai.

Dengan demikian seluruh file plugin WordPress yang dipilih akan terhapus seluruhnya, Anda tinggal menginstall kembali jika menginginkannya lagi.

Tentunya kini Anda sudah mengetahui apa itu plugin WordPress, dan mengetahui cara menginstall maupun menghapus plugin WordPress tersebut, silahkan dipraktekkan .. Ok,

Semoga bermanfaat dan Salam sukses.