Cara Perpanjang STNK Motor 5 Tahunan (Ganti Plat Nomor)



Cara Perpanjang STNK Motor 5 Tahunan (Ganti Plat Nomor) ~ Perpanjang STNK motor (Surat Tanda Nomor Kendaraan) 5 tahunan sebenarnya tidaklah sulit, hanya saja pemilik kendaraan sering kali tidak sempat (sibuk), tidak mau capek antri dan menyerahkannya kepada pihak biro jasa untuk mengurusnya.

Sebelumnya saya juga demikian menyuruh teman untuk membantu perpanjang STNK motor ( bayar pajak motor ). Tetapi kali ini saya jalan sendiri untuk melakukan perpanjangan surat tersebut. Terlihat di Samsat (Jakarta) orang-orang yang datang mengurus surat banyak yang bertanya-tanya mekanisme perpanjangan (dalam hati pun berkata, wah pasti banyak yang bingung harus mulai dari mana). Karena alasan itulah maka saya buatkan artikel ini dengan harapan dapat membantu Anda yang ingin mengetahui cara perpanjang STNK motor 5 tahunan (ganti plat nomor). Silahkan di simak yak.
cara perpanjang STNK motor ganti plat nomor

Cara Perpanjang STNK Motor / Ganti Plat Nomor


A. Persiapan sebelum berangkat
1. Mempersiapkan surat - surat : STNK asli, BPKB asli, KTP asli (tidak usah difotocopy, biasanya sudah tersedia di Samsat tapi tidak gratis loh )

2. Menyiapkan biaya (sekitar Rp. 300.000, usahakan ada uang kecil juga untuk parkir dan foto copy )

3. Bawa ballpoint (pulpen) untuk isi data formulir.

4. Usahakan bawa peralatan obeng, kunci pas, tang untuk membuka kap motor bila diperlukan.

5. Berangkat pagi-pagi (perkirakan sudah sampai di tujuan jam 7.30 pagi)


B. Menuju Bagian CEK Fisik
1. Langsung menuju bagian perpanjangan STNK Motor dan foto copy surat-surat (STNK, BPKB, KTP) biasanya langsung diberikan formulir juga, jika tidak ada maka mintalah ke petugas, Kemudian isi data-data Anda dan data kendaraan.
perpanjang STNK Motor ganti plat nomor

2. Selesai mengisi data, motor langsung diarahkan menuju bagian CEK FISIK untuk antri. Matikan motor dan jangan kunci stang.
cara perpanjang STNK motor

3. Sembari menunggu petugas (nunggu giliran), datangi loket pendaftaran untuk meminta formulir cetak nomor rangka dan nomor mesin.

pendaftaran perpanjang STNK Motor


4. Selanjutnya persiapkan (buka) bagian jok motor (nomor rangka). Khusus untuk motor Vega-R, Jupiter harus membuka kap tengah yang terimpit sayap motor karena nomor rangka ada di bagian batang motor (As besar). Jadi di sini Anda perlu obeng, kunci pas, atau tang.  Jika Anda ragu bagian mana letak nomor rangka maka sebaiknya tanyakan ke petugas.

nomor mesin motor untuk perpanjang STNK motornomor rangka untuk perpanjang STNK Motor

Setelah selesai melakukan CEK FISIK, parkirlah motor Anda. Kemudian berikan formulir CEK FISIK ke bagian pendaftaran tempat Anda meminta formulir tadi. Tunggu hingga selesai verifikasi di loket pengeluaran hasil cek fisik dan petugas akan memanggil nomor kendaraan Anda. Jadi jangan tertidur yak :-D

C. Menuju Bagian Perpanjang STNK dan Plat

1. Langsung menuju lantai 1 gedung Samsat Jakarta, bagian perpanjangan STNK motor untuk cek kelengkapan surat-surat (loket 1). Tidak usah isi formulir lagi (karena sudah ada). Petugas akan berikan nomor antrian ke bagian cek notice (loket 2) sebelum melakukan pembayaran. dan tunggu panggilan nomor Anda.
antrian perpanjang STNK Motor dan ganti plat nomor

2. Setelah nomor Anda dipanggil, Langsung ke bagian pembayaran (loket 3 dan 4), Saat ini ada kenaikan pajak kendaraan sekitar 30 %, Jadi Anda perlu persiapkan dengan baik. Sebagai perbandingan, Pajak motor Vegar-R tahun 2006 (ganti plat nomor) menghabiskan biaya Rp. 189.000. Jadi kalau motor yang tahunnya lebih muda maka biayanya akan lebih besar lagi.

3. Selesai membayar, akan diberikan 3 rangkap resi, Serahkan lembar yang ke 3 ke petugas loket 5 ( bagian penyerahan kembali STNK, SKPD, TNKB). Di bagian inilah STNK yang baru perpanjang akan diberikan berikut nomor plat. Jikalau hanya perpanjang STNK saja maka waktu untuk menunggu tidaklah lama (sekitar 15 - 30 menit saja), Tetapi bila ganti plat nomor maka Anda harus menunggu lebih lama lagi, Jadi sabar yaa.

Nah, demikian cara perpanjang STNK Motor 5 Tahunan (ganti plat nomor), Semoga saja dapat memberikan manfaat. Oh iya proses di atas merupakan pengalaman yang saya alami di Samsat Jakarta, Mungkin saja di lain tempat bisa berbeda, Tapi intinya adalah tetap sama.

Setelah perpanjang STNK Motor, Tetaplah berkendaraan sesuai dengan rambu-rambu yang berlaku, Kenali Yellow Box Junction agar tidak kena tilang polisi.  Salam sukses