Cara Memperkecil Ukuran Foto Dengan Mudah



Cara Memperkecil Ukuran Foto Dengan Mudah ~ Umumnya hasil jepretan sebuah foto dari kamera digital ataupun ponsel berukuran cukup besar, kisaran MB (Megabyte). Apabila foto dengan ukuran seperti itu langsung diunggah ke blog tentu akan memberikan dampak terhadap loading blog (kecepatan), waktu upload lebih lama dan memboroskan bandwidth.

Solusinya ialah memperkecil ukuran foto (merubah ukuran foto) terlebih dahulu, Setelah kapasitas foto (size) mengecil baru diupload ke blog.

Tentunya hasil perubahan size diharapkan tidak akan mengurangi kualitas jepretan aslinya atau paling tidak tidak jauh berbeda.

Nah, Salah satu aplikasi kompress foto online canggih yang bisa Anda coba ialah TinyPNG. Aplikasi ini menggunakan tehnik kompresi (quantization) untuk mengurangi jumlah warna dalam gambar dan mampu menangani hingga 20 gambar berekstensi .png atau .jpg dengan maksimal 5 MB setiap foto yang akan diunggah.

Selain itu, Tehnik kompresi yang mengkonversi file 24 bit menjadi gambar 8 bit ini dapat ditampilkan dengan sempurna di semua browser modern termasuk perangkat mobile.

Bila Anda ingin mencobanya maka berikut ini langkah-langkah memperkecil ukuran foto yang bisa Anda ikuti, Selain itu ada metode lain yang bisa Anda coba juga, silahkan baca lebih lanjut di artikel cara kompress foto / gambar.

Cara Memperkecil Ukuran Foto Dengan TinyPNG


1. Sebagai langkah pertama, kunjungi situs https://tinypng.com atau https://tinyjpg.com

2. Klik kotak upload yang tersedia ( lihat gambar di bawah )

cara memperkecil ukuran foto

3. Pilih file foto yang akan diunggah , sebagai contoh saya ambilkan salah satu file berukuran 3.217 KB (3,3MB). Setelah itu klik Open.

cara memperkecil ukuran foto dengan mudah

4. Tunggu proses compressing beberapa saat ( tergantung kepada ukuran file )

memperkecil ukuran foto

5. Proses dinyatakan selesai setelah tampil tulisan 'finished'.

6. Klik download yang ada di sampingnya dan simpan file

7. Selesai.

Khusus untuk Anda pengguna website WordPress bisa langsung mengaktifkan plugin tinypng untuk mempermudah kompresi file gambar yang akan digunakan.

baca juga : cara membuat website toko online

Demikian cara memperkecil ukuran foto, Semoga dapat bermanfaat.