Cara Mengatasi Error Missing Field Updated di WordPress



Cara Mengatasi Error Missing Field Updated di WordPress ~ Error missing updated seperti ini bisa saja diketemukan saat Anda mengecek kesehatan blog self hosted WordPress menggunakan Google Webmasters Tools.

cara mengatasi error missing field updated di wordpress

Penyebab terjadinya error / kesalahan tersebut dikarenakan tidak ditemukannya "updated" sebagai bagian dari struktur data pada template WordPress yang berfungsi untuk menunjukkan tanggal diperbaharuinya artikel. Bila search engine Google (mesin pencari) tidak menemukannya maka ia akan menganggapnya sebagai suatu kesalahan. Kesalahan itulah yang kemudian dilaporkan pada Alat Webmasters Google sebagai error missing updated.

Hal sepele ini sebaiknya tidak dibiarkan begitu saja tanpa ada tindakan apa-apa, Karena error tersebut sedikit banyak akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan blog. Jadi ... mau tidak mau harus dicari solusi / cara mengatasi error missing required field updated di wordpress Anda.

Meskipun template yang digunakan sangat banyak ragamnnya, Tehnik perbaikannya tidak jauh berbeda antara template yang satu dengan yang lainnya. Anda hanya perlu menambahkan ketelitian menemukan bagian errornya.

Sebagai contoh saya gunakan salah satu karya ThemeGrill yaitu ColorMag yang ditemukan adanya error missing field updated.

Cara Mengatasi Error Missing Field Updated di Blog WordPress


1. Masuk ke dashboard WordPress, cari Appearance, klik editor

cara mengatasi error missing field updated di wordpress


2. Klik "functions.php' (inc/functions.php) yang ada di samping kanan editor ( lihat gambar di bawah )

mengatasi error missing field updated di wordpress

3. Cari kode-kode seperti di bawah ini ( gunakan Ctrl + F untuk mempermudah pencarian )

<?php      $time_string = '<time class="entry-date published" datetime="%1$s">%2$s</time>';      if ( get_the_time( 'U' ) !== get_the_modified_time( 'U' ) ) {         $time_string .= '<time class="updated" datetime="%3$s">%4$s</time>';

4. Setelah ketemu, Ganti tulisan berwarna merah dengan "updated", sehingga menjadi seperti :

<?php
      $time_string = '<time class="updated published" datetime="%1$s">%2$s</time>';
      if ( get_the_time( 'U' ) !== get_the_modified_time( 'U' ) ) {
         $time_string .= '<time class="updated" datetime="%3$s">%4$s</time>';

5. Save dengan mengklik "Update File" di bagian bawah.

Nah, selesai sudah cara mengatasi error missing field updated di wordpress,  Silahkan tunggu crawl dari search engine yang nantinya akan melaporkan ke search console. Bila error yang terjadi adalah blogspot maka temukan solusinya di artikel memperbaiki missing required field update dan hcard author., Semoga bermanfaat.