Cara Mendapatkan API Key dan Mengaktifkan Akismet di Blog WordPress



Cara Mendapatkan Mendapatkan API Key dan Mengaktifkan Akismet di Blog WordPress ~ Salah satu plugin yang sering kali digunakan dalam blog WordPress Self Hosted adalah Akismet. Penggunaan plugin ini dimaksudkan untuk menghalau masuknya komentar spam pada blog yang mengaktifkan bagian komentar.

Sebenarnya banyak blogger ingin menggunakan plugin akismet yang terkenal mahir menghadang komentar spam itu bahkan dicap sebagai salah satu plugin WordPress yang wajib digunakan, tetapi terkendala tidak mendapatkan API Key sehingga mengurungkan niatnya.

Nah, Apabila kendala tersebut juga ada pada Anda maka Anda perlu mencoba cara mengaktifkan akismet berikut ini, Silahkan ikuti langkah-langkahnya ya :

1. Cara Mendapatkan API Key WordPress Gratis


API Key terdiri dari versi berbayar dan versi gratis, Tentunya versi berbayar akan jauh lebih efektif menghadang spam, tetapi di sini saya akan menggunakan versi gratis saja karena yang gratis kan tidak usah bayar ... ya kaannn :-D.

Langkah pertama siapkan email (digunakan untuk mendaftar Akismet) bisa menggunakan email Gmail atau email Yahoo.

Kemudian instal plugin Akismet pada blog WordPress Anda.

Selanjutnya, Cari kalimat (Link) "Sign up for an Akismet plan" pada bagian deskripsi plugin tersebut seperti tampak pada gambar di bawah.

cara mengaktifkan akismet di blog wordpress

Anda akan masuk ke website Akismet For WordPress, Klik "GET AN AKISMET API KEY" yang terdapat di bawah Saya goodbye to comment spam.

cara mendapatkan API Key

Selanjutnya isi email, username, dan password untuk mendaftar. Jika sudah lengkap klik "Sign up".

cara mengaktifkan akismet

terdapat 4 pilihan yaitu Basic, Plus, Backup Bundle, Security Bundle. Pilih Basic dengan mengklik "Add Bundle Subscription". Kemudian akan terlihat harga yang ditawarkan untuk menggunakan layanan Akismet per tahun. Geser tombol hitam ke kiri sehingga menampilkan $0.00 / year. (lihat gambar)
mendaftar akismet


selanjutnya klik "Create Subscription" tunggu proses hingga selesai,

daftar akismet basic


Klik "Got It" , dan masuk ke menu dashboard (Account Overview)

Account Overview

Nah, API Key sudah ada, Anda bisa mengklik gambar mata untuk mengubah kode-kode bintang menjadi kombinasi huruf dan angka. Copy dan simpan kode tersebut ke Notepad. Atau Anda bisa juga melihat kode API Key yang dikirimkan ke alamat email terdaftar.


2. Cara Mengaktifkan Akismet di Blog WordPress


Untuk mengaktifkan Akismet, Klik plugin pada dashboard blog WordPress dan cari Akismet kemudian klik Settings.

Setting Plugin Akismet

Selanjutnya copy dan pastekan kode Akismet yang sudah didapatkan tadi pada tempat tersedia ( lihat gambar di bawah )

mengaktifkan API Key

kemudian klik "Use this key", Selesai.


Mudah-mudahan dengan mengetahui cara mendapatkan API Key dan Mengaktifkan Akismet di Blog WordPress ini dapat membantu mengatasi komentar spam. Salam sukses.