Inilah Video Penyebab YouTube dibeli Google



Inilah Video Penyebab YouTube dibeli Google ~ Saat ini bisa dipastikan bahwa tidak ada yang tidak tahu YouTube, Hampir setiap orang menggunakannya setiap hari, Baik sebagai alat pencari dollar, untuk informasi, atau bahkan sebagai ajang mempromosikan produk melalui video.

Tetapi tahukah Anda bahwa YouTube awalnya merupakan start-up kecil asal Silicon Valley, bahkan tidak banyak orang maupun perusahaan yang memperdulikannya ? Termasuk juga Google.


Lalu apa yang membuat Google akhirnya melirik hingga mengakuisisinya ?  Berawal dari andil seorang manajer pemasaran pertama Google yang bernama lengkap Susan Diane Wojcicki. Saat itu Susan mengusulkan ke dewan Google agar YouTube dibeli oleh perusahaan karena dianggap kelak dapat memberikan keuntungan yang besar bagi perusahaan. Namun para pembesar Google lainnya yakin bahwa YouTube tidak akan menguntungkan.

Hingga suatu ketika Susan yang dilahirkan pada tanggal 5 Juli 1968 dari pasangan Esther Wajcicki dan Stanley Wojcicki menyaksikan sebuah video dua anak laki-laki asal China yang sedang melakukan lipsync atas lagu Backstreet Boys "As Loing As You Love Me", Ia pun berpikir bahwa suatu saat YouTube akan menjadi besar dan banyak digunakan orang.


Video yang berdurasi 3:38 menit dan diupload pada tanggal 11 April 2006 ini sebenarnya hanyalah berisikan dua orang teman asal China yang sedang melakukan lipsync tetapi memberikan inspirasi besar bagi seorang Susan Wojcicki dan disebut sebagai video penyebab YouTube dibeli oleh Google.

"Video ini membuatku menyadari bahwa semua orang di dunia dapat membuat konten video sendiri tanpa harus berada di studio" demikian Susan mengomentari.

Akhirnya ... setelah 6 bulan setelah video itu diupload, Susan memimpin Google melakukan akuisisi sebesar $1,65 Miliar yang merupakan salah satu akuisisi terbesar Google.

Selain itu pada tahun 2007 Susan juga dipercaya menangani pembelian DoubleClick seharga $3.1 Miliar. Karena berbagai keberhasilannya maka pada Februari 2014 Ia diangkat menjadi CEO YouTube.

Wojcicki disebut juga sebagai "orang paling penting dalam periklanan", Kemudian oleh majalah TIME dimasukkan sebagai 100 orang paling berpengaruh tahun 2015 dan dijelaskan pada edisi TIME selanjutnya sebagai "wanita paling kuat di internet"