Penyebab dan Cara Mengatasi Invalid Klik Google AdSense



Penyebab dan Cara Mengatasi Invalid Klik Google AdSense ~ Invalid Klik Google AdSense merupakan suatu aktifitas klik iklan atau peningkatan impresi yang dianggap tidak sah atau tidak diakui oleh Google. Aktivitas klik iklan ini sangat merugikan advertiser karena berasal dari upaya untuk meningkatkan perolehan klik atau impresi melalui cara yang disengaja oleh publisher.

penyebab dan cara mengatasi invalid klik Google AdSense


Bila terdeteksi adanya invalid klik maka pihak Google tidak akan mengenakan biaya klik pada advetiser dengan kata lain publisher Google AdSense tidak akan memperoleh bayaran.

berikut ini pernyataan dari Google
Invalid click activity consists of any clicks or impressions that may artificially inflate an advertiser's costs or a publisher's earnings, and for which we decide not to charge the advertiser. This includes, but is not limited to, clicks or impressions generated by a publisher clicking on his own ads, a publisher encouraging clicks on his ads, automated clicking tools or traffic sources, robots, or other deceptive software
Yang kira-kira kalau tidak salah menerjemahkan artinya :

Aktivitas klik tidak sah yang terdiri dari beberapa klik atau impresi yang akan menyebabkan peningkatan biaya terhadap pengiklan atau penghasilan penayang iklan maka kami memutuskan tidak akan mengenakan biaya pada pengiklan. Hal ini termasuk pada upaya klik atau tayangan yang dihasilkan oleh penayang untuk melakukan klik iklan sendiri. Penayang yang secara sengaja mendorong terjadinya klik oleh orang lain, alat klik otomatis, atau sumber lalu lintas, robot, atau perangkat lunak lainnya.

Apa Penyebab Terjadinya Invalid Klik AdSense ?


Klik yang secara berulang kali dilakukan pada suatu halaman merupakan kasus penyebab invalid klik AdSense yang paling sering ditemui. Ketika hal ini terjadi maka sebuah akun Google AdSense akan mengalami banned.

Penyebab lain adalah aktivitas klik sendiri iklan yang ditayangkan, Hal ini dapat terjadi karena upaya buruk untuk memperoleh peningkatan perolehan AdSense, Meskipun secara tidak sengaja melakukan klik tetap saja tidak diperbolehkan, Hal ini juga akan menyebabkan banned akun. Oleh karena itu jangan coba-coba Anda mempraktekannya jika tidak ingin akun ditutup :-D.

Penyebab curang lainnya adalah penggunaan tools otomatis atau software berupa robot pembangkit sumber trafik sebagai tindakan yang sangat tidak beretika karena keputus-asa-an si penayang.

Selain itu ada penyebab lain yang cukup membahayakan keutuhan akun AdSense, Yaitu terjadi pemasangan kode akun (unit iklan ) yang berasal dari pembajakan source code baik dengan sengaja maupun tidak sengaja pada blog yang melanggar kualifikasi konten AdSense.

Bila hal seperti di atas terdeteksi oleh AdSense maka akan diberikan tindakan berupa penarikan atau pemotongan hasil perhitungan pendapatan per bulan, pemberian peringatan hingga hukuman banned akun.

Cara Mengetahui terjadinya Invalid Klik AdSense


Bagi Anda pemilik blog yang berasal dari Blogger memang sedikit repot untuk mengecek penyebab invalid klik AdSense. Anda perlu memantau aktifitas tersebut menggunakan bantuan tools seperti Google Analytics ataupun tools lain. Lain halnya jikalau Anda pengguna WordPress yang dapat menggunakan plugin pencegah invalid klik untuk meminimalisir terjadinya hal buruk  tersebut.

Selain menggunakan tools, Ada ciri-ciri yang patut untuk segera diwaspadai sebagai aktifitas invalid klik AdSense sehingga dapat segera curiga dan mengambil tindakan lanjut sebelum mengalami hal buruk pada akun AdSense.

Berikut ini ada beberapa ciri invalid klik yang patut diwaspadai :


1. CTR atau Click Through Rate yang sangat tinggi ( di atas 10 %) walaupun kisaran seperti ini belumlah pasti mengalami invalid klik tetapi hal ini patut diwaspadai karena pencapaian CTR yang tinggi bagi suatu website merupakan ciri ketidakwajaran.

2. Earning naik drastis dan turun drastis, Misalnya suatu ketika mendapatkan $5.00 tetapi tidak lama kemudian turun menjadi $ 0.5.sedangkan trafik yang terjadi selama ini tidaklah tinggi.

3. Adanya warning invalid klik yang terdapat pada akun AdSense saat persiapan pembayaran.

Jikalau terdapat ciri-ciri seperti di atas maka sebaiknya Anda melakukan berbagai tindakan untuk mengantisipasi hal buruk yang akan berakibat fatal terhadap akun ( banned ), Nah ada beberapa tips untuk mengantisipasi hal tersebut antara lain :

Cara Mengatasi Invalid Klik AdSense


1. Segera hentikan penayangan iklan pada website

2. Gunakan fitur "Site Management" untuk meng-claim website milik Anda, agar iklan yang ditampilkan pada website lain akan diabaikan oleh Google.

3. Instal Google Publisher Toolbar works with AdSense agar bisa melakukan cek secara rutin dan realtime,

Ok, semoga Anda dapat mengetahui penyebab dan cara mengatasi invalid klik Google AdSense untuk mengantisipasi kemungkinan hal - hal buruk pada akun Anda, Semoga dapat bermanfaat, Salam sukses.