Mengatasi Tidak Bisa Login Website WordPress Gratis dan Self-Hosted



Mengatasi Tidak Bisa Login Website WordPress Gratis dan Self-Hosted ~ Pernah gak sih mengalami lupa password atau username sehingga tidak bisa login ke wp-login website WordPress kesayangan ? Hal seperti ini dapat saja terjadi karena sebagai manusia memang sulit untuk bisa luput dari sifat lupa, atau selain itu bisa juga dikarenakan ada seseorang yang telah dengan sengaja merubah username atau password website WordPress self-hosted Anda.

Jika ya maka jangan panik karena ada solusi untuk mengatasi tidak bisa login seperti itu dengan cara yang mudah dan tepat. Mengingat pengguna WordPress terbagi atas 2 jenis yaitu website yang dihost oleh WordPress sendiri (sebut saja website gratis ) dan website yang Anda hosting sendiri (self-hosted) maka saya akan membahasnya satu per satu agar dapat membantu mengatasi masalah yang sedang menerpa Anda tersebut.

Mengatasi Tidak Bisa Login Website WordPress Gratis

1. Lakukan klik "Lost your password? "

mengatasi tidak bisa login website wordpress


2. Akan terbuka layar baru yang meminta Anda memasukkan Username atau Email, Bila Anda dapat mengingat username dan sebelumnya telah melakukan verifikasi no Hp maka dapat menggunakan langkah ini dengan langsung meng-klik "Get New Password". WordPress akan mengirimkan Anda kode VerifyID untuk mereset password yang lupa.

Tetapi bila Anda tidak dapat mengingat username maka masukkan saja alamat email yang digunakan untuk login. Dan pihak WordPress.com akan mengirimkan email untuk melakukan reset password. Lakukan klik "Reset password"


mengatasi tidak bisa login wordpress gratis


3. Selanjutnya masukkan password baru, lanjutkan dengan meng-klik Reset Password, Nah Anda dapat gunakan wp-login lagi dengan cara klik log-in dan lakukan login seperti biasa untuk masuk ke blog WordPress kesayangan


mengatasi tidak bisa login website wordpress self-hosted


Bagaimana jikalau website Anda bukan yang gratis alias self-hosted (menggunakan hosting berbayar) ? , Berikut ini solusi untuk mengatasinya :

Mengatasi Tidak Bisa Login Website WordPress Self-Hosted


1. Login terlebih dahulu ke cpanel


login ke cpanel mengatasi tidak bisa login WP-Admin


2. Temukan "phpMyAdmin" kemudian klik untuk masuk

3.Temukan Database yang menampung data-data website Anda, biasanya berupa kode-kode/ rangkaian kombinasi huruf-huruf dan angka

4. Setelah ketemu, klik saja wp_users ( lihat gambar di bawah )


phpMyAdmin untuk mengatasi tidak bisa login WP-Admin website


5. Akan terlihat data berupa ID, user_login, user_pass, user_nicename, user_email dan lain-lain. Perhatikan apakah ada yang mencurigakan dan tidak Anda buat sebelumnya (jikalau demikian laporkan ke penyedia hosting secepatnya). Selanjutnya langsung klik Edit ( lihat gambar di bawah )


mengatasi tidak bisa login WP-Admin


6. Akan masuk ke table wp_users, kemudian pada bagian user_pass pilih Function "MD5", Setelah itu lakukan penggantian password yang berada di kolom sampingnya. Lakukan juga penggantian terhadap username bila perlu. Di sini lah fungsi untuk mengembalikan password atau username agar bisa masuk ke dashboard WordPress melalui wp-login website.

7. Selanjutnya, Klik "Go" untuk merubah dan menyimpan password atau username tersebut.


mengatasi tidak bisa login website wordpress self-hosted


8. Selesai, Sekarang Anda bisa coba masuk ke wp-login menggunakan username dan password yang baru saja Anda ubah.

Jikalau Anda memang seorang pelupa ada baiknya password atau username dicatat dalam notepad rahasia agar dapat dibuka sewaktu-waktu. Semoga saja artikel mengatasi tidak bisa login website WordPress dapat memberikan manfaat.