8 Hal yang Akan Membuat Wawancara Kerja Anda jadi Gagal



8 Hal yang Akan Membuat Wawancara Kerja Anda jadi Gagal ~ Setelah prosesi membuat dan menyerahkan lamaran kerja, Hal yang paling ditunggu-tunggu adalah panggilan wawancara kerja.

Bisa dibayangkan alangkah senangnya bila si pelamar kerja mendapatkan kabar bahwa dirinya mendapatkan respon sebagai bentuk peluang diterima kerja dari pihak HRD perusahaan.

Tentunya kesempatan seperti ini haruslah dapat dimanfaatkan sebaik mungkin dengan melakukan persiapan- persiapan untuk menghadapi berbagai pertanyaan interview kerja atau wawancara kerja.

Keberhasilan dalam wawancara kerja membutuhkan waktu dan latihan yang maksimal karena tidak sedikit pertanyaan yang dilontarkan pihak HRD atau si pewawancara perusahaan berupa pertanyaan menjebak dan membuat bingung si pelamar kerja untuk menjawabnya.

Selain melakukan latihan-latihan wawancara kerja, Ada beberapa hal yang perlu mendapatkan perhatian ektra dan sebaiknya tidak dilakukan karena dapat membuat kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan menjadi gagal total.

penyebab wawancara kerja gagal
sumber gambar : lppmp.uny.ac.id

Penyebab Wawancara Kerja Gagal


1. Berpakaian Tidak Sopan

Saat menghadiri jadwal wawancara kerja sebaiknya memperhatikan pakaian yang dikenakan. Upayakan tidak mengenakan celana jeans, celana pendek, kaos oblong, baju super ketat, sandal slop dan sebagainya. Meskipun Anda melihat situasi kerja perusahaan yang terlihat santai, kurang tertib, atau kurang bonafit. Tentunya Anda tetap harus mengenakan pakaian yang formal sehingga kesan serius untuk bekerja terlihat pada penampilan pertama.

2. Jangan Menceritakan Keburukan Atasan Terdahulu

Ketika Anda menceritakan keburukan orang lain, Selain memperburuk perangai Anda dalam suatu tim kerja, Hal ini akan membuat si calon atasan Anda menjadi khawatir jika suatu saat Anda akan menceritakan hal yang sama tentang dirinya. Dengan demikian kesempatan kerja Anda akan gagal sepenuhnya.

3. Terlambat Datang Pada Saat Wawancara Kerja

Jika terjadi demikian, Anda akan dicap sebagai orang yang tidak disiplin dan meremehkan waktu. Seseorang yang menduduki posisi HRD tentunya memiliki tingkat kesibukan yang tinggi dan biasanya sudah menjadwalkan waktunya untuk sesi wawancara kerja, Ketika Anda terlambat datang maka akan membuat jadwal proses wawancara menjadi terganggu sehingga besar kemungkinan peluang untuk diterima kerja menjadi semakin tipis.

4. Menceritakan Kehidupan Pribadi yang Berlebihan

Memberikan informasi yang mendetil disetiap pertanyaan yang diberikan sudah menjadi suatu keharusan, Tetapi Anda tidak perlu memberikan informasi berlebihan hingga panjang lebar yang akan menghambat prosesi pertanyaan wawancara selanjutnya. Berikan informasi secukupnya ketika diminta oleh si pewawancara.

5. Mengatakan Hal yang Kurang Pantas

Tampaknya pepatah "Lidah Memang Tak Bertulang" memang benar adanya, Anda perlu menjaga ucapan atau perkataan pada saat wawancara. Jangan mengeluarkan perkataan yang terlihat tidak pantas di hadapan HRD, Mungkin ada saatnya Anda tidak menyadarinya telah mengeluarkan kata yang tidak pantas di hadapannya, Hal ini biasanya akan membuat si pewawancara terlihat kaget, melotot, mengenyitkan dahi atau alis. Jika terjadi demikian sebaiknya segera hentikan berkata-kata kemudian meminta maaf dan segera memperbaiki kesalahan tersebut.

6. Tidak Memperhatikan Bahasa Tubuh yang Mengganggu

Untuk yang satu ini Anda perlu berlatih dengan sebaik mungkin sebelum prosesi wawancara kerja. Posisi duduk adalah hal yang paling utama, Usahakan jangan memposisikan duduk bersandar karena Anda akan terlihat malas bergerak dan kurang bersemangat.

Cobalah untuk duduk dalam posisi badan tegak tetapi rileks. Kedua tangan tetap berada di atas paha atau di atas meja. Jangan menyilangkan tangan mendekap dada, memutar-mutar pulpen atau menekan-nekan kepala pulpen jikalau Anda memegang pulpen.

Jikalau Anda seorang wanita usahakan jangan memegang rambut panjang mu, memutar-mutar rambut, membelai-belai rambut, mengusap-usap hidung atau menggaruk-garuk kepala yang tidak gatal.

7. Menggunakan Wewangian yang Menyengat Hidung

Hal ini yang sering tidak kita sadari, Anda perlu menanyakan parfum yang digunakan kepada teman terdekat apakah menyengat atau tidak. Tanyakan ke lebih dari satu teman akan lebih baik, Anda perlu berhati-hati untuk hal yang satu ini, Karena tidak menutup kemungkinan bau menyengat tersebut akan membuat selera si pemberi wawancara menjadi buruk sehingga memberikan penilaian buruk terhadap Anda.

8. Mengeluarkan Keluhan

Apapun kondisi yang Anda hadapi untuk mencapai tempat wawancara sebaiknya tidak perlu diceritakan kepada si pewawancara (HRD). Ada kemungkinan keluhan yang Anda lontarkan akan membuat kesan pertama yang buruk pada diri Anda.

Kesalahan kecil yang mungkin Anda anggap adalah hal biasa, bisa membuat wawancara kerja Anda jadi gagal. Oleh karena itu perlu membuat persiapan-persiapan, latihan kemampuan untuk memastikan tidak mengalami kesalahan sekecil apapun. Semakin tinggi percaya diri Anda semakin dekat pula peluang diterima kerja. Salam sukses, Semoga bermanfaat.