Microsoft Edge Browser Windows 10 Pengganti Internet Explorer



Belum lama ini pihak Microsoft meluncurkan sebuah browser baru yang dinamakan Microsoft Edge. Mesin pencari yang berawal dari project Spartan Browser yang kemudian secara resmi dirilis menggunakan nama Microsoft Edge pada tanggal 29 juli 2015. Browser ini ditanamkan secara default pada system operasi Windows 10 dirancang sebagai pengganti Internet Explorer. Bahkan Microsoft sangat percaya diri dengan kekuatan Windows sehingga menciptakan operating system tidak hanya untuk PC 32 bit dan 64 bit saja tetapi ditujukan pada perangkat yang lebih kecil seperti tablet dan smartphone.

Microsoft Edge browser Windwos 10

Microsoft Edge merupakan sebuah browser yang sama sekali baru dan tidak mendukung fitur-fitur yang dimiliki oleh browser produk Microsoft sebelumnya yaitu Internet Explorer karena dianggap mengurangi kinerja browser secara keseluruhan. Fitur tersebut antara lain adalah ActiveX, MIME filters. Webslices, Browser Helper Objects, VBScript dan Vector Markup Language. Browser ini mengandalkan dukungan pada JavaScript, HTML5, built-in flash player, rendering PDF, Cortana.


Selain mendukung fitur di atas ada satu fitur yang saat ini juga sudah diadopsi oleh browser lainnya, yakni Make a Web Note. Fitur ini mampu menangkap seluruh layar (screenshot) yang ditampilkan dan disimpan untuk dibaca secara offline melalui Reading List.

Jadi kalau Anda tidak sempat membaca suatu artikel, Anda dapat menyimpannya di reading list untuk dibaca saat sempat dan tidak perlu online yang akan memakan quota internet.

Pada fitur Make a Web Note tersedia juga fitur highlighter, pen, eraser, add a typed note, clip untuk menandai dan menambahkan catatan kecil semacam insert comment pada aplikasi Microsoft Excel dapat mudah berbagi artikel dan screenshot dengan menggunakan fitur share melalui Aplikasi OneNote dan Mail.

Fitur make a web note dari Microsoft Edge


Selain Reading List, Anda dapat menggunakan fitur Reading View mode. Fitur ini menggunakan icon sebuah buku, Bila icon buku ini berwarna hitam maka Anda dapat menggunakannya untuk proses baca, tetapi jika icon buku tetap berwarna abu-abu maka fitur tidak tersedia bagi website yang sedang Anda baca.

Bila mengaktifkan fitur reading view maka yang ditampilkan hanya berupa artikel utama saja yang terlihat tanpa ada iklan, tanpa related post, tanpa widget samping dan lain-lain. Jadi reading view ini benar-benar dimaksudkan hanya untuk membaca saja.

Jika Anda adalah pengguna Google Chrome atau Mozila Firefox yang sudah terbiasa menggunakan Add Ons maka Anda harus siap-siap kecewa karena hingga saat artikel ini dibuat Microsoft Edge masih belum men-support add ons pihak ketiga.

Nah, bila sudahkah Anda mencoba menggunakan Microsoft Edge browser Windows 10 yang dapat menampilkan tata letak tab baru berupa folder favorit atau thumbnail situs yang didesain model flat ? Bila belum silahkan Anda coba jangan sampai ketinggalan he he.