Manfaat Menggunakan Sertifikat SSL Bagi Website Bisnis Online



Manfaat Menggunakan Sertifikat SSL Bagi Website Bisnis Online ~ Mungkin Anda pernah melihat bahkan sering kali menemukan alamat sebuah website yang menggunakan https:// yang bersimbol gembok berwarna hijau. Simbol yang sering kali terlihat di website bank, toko online adalah tanda dari sebuah website yang telah diberi pengaman ber-sertifikat serta merupakan lambang supremasi keamanan dan kepercayaan suatu website.

Kita tahu bahwa sampai kapanpun dan dimanapun yang namanya kepercayaan merupakan hal yang sangat berharga, Demikian juga halnya bagi suatu website, terutama website yang berbasis bisnis. Kepercayaan yang dimaksud adalah tingkat keamanan data untuk bertransaksi. Dimana sebuah website bersertifikat harus mampu menjamin data-data sensitif tersimpan atau tersampaikan dengan baik dan aman.

Manfaat Menggunakan Sertifikat SSL

Manfaat Menggunakan Sertifikat SSL

Jadi alasan utama mengapa website harus menggunakan SSL adalah menjaga informasi data sensitif selama proses pengiriman melalui Internet  dengan cara dienkripsi, dengan demikian hanya penerima pesan saja yang dapat memahami hasil enkripsi tersebut.

Hal ini sangat penting, karena informasi yang kita kirimkan di Internet membutuhkan proses perjalanan antar jaringan komputer hingga mencapai server tujuan. Bila data yang dikirimkan tidak dienkripsi maka data-data berupa nomor kartu kredit, username, password, tanggal lahir dan sebagainya dapat terlihat di komputer yang berada diantara komputer Anda dan server tujuan.

Selain itu manfaat Sertifikat SSL juga memberikan keamanan dari adanya email phising ( email penipuan ). Email phising merupakan email yang dikirimkan oleh seorang kriminal yang mencoba mengelabui website Anda. Email berisi link menuju website pribadi mereka yang digunakan untuk melakukan serangan saat data berada di tengah jalan, Tetapi karena adanya SSL ini maka usaha seperti itu akan sangat kecil kemungkinannya membuahkan hasil.

Biasanya dalam prosesnya SSL juga memberikan tanda berupa autentifikasi untuk memastikan proses pengiriman informasi tepat sasaran. Bila autentifikasi telah memberikan lampu hijau maka sudah bisa dipastikan bahwa data tersampaikan dan telah diterima di komputer (server) tujuan, Tanpa adanya autentifikasi ini masih ada kemungkinan data informasi menyasar ke fake server karena bisa saja ada komputer yang akan mengelabui hak penerimaan informasi tersebut.

Selain itu jasa penyedia SSL juga memiliki peran besar dan amat penting. Kita tahu bahwa setiap kejahatan bisa berpeluang dimana saja dan kapan saja. Karena itu penyedia SSL haruslah yang memiliki jaminan kepercayaan yang telah terverifikasi. Setiap penyedia SSL yang terpercaya harus melewati proses standarisasi identitas. Karena itu perlu memperhatikan dan memastikan penyedia SSL yang telah memenuhi persyaratan dan mendapatkan pengawasan auditor pihak ketiga.

Pihak penyedia hosting tidak kalah penting dalam konteks keamanannya terhadap serangan malware. Bisa saja ada pihak tertentu yang sengaja menanamkan semacam malware ke dalam hosting untuk mempersiapkan dirinya melakukan serangan atau hacking. Bila pengawasan dan pemeliharaan server hosting kurang diperketat (teliti ) maka bisa saja server terinfeksi yang akan menyebabkan jebolnya website bisnis tersebut, Jikalau sudah demikian maka SSL pun akan tidak berperan dengan sempurna.

Mengapa Sertifikat SSL mahal ?


Seiring dengan tuntutan performa menjaga keamanan website yang dihasilkan dari sebuah SSL maka hal ini juga sangat mempengaruhi usaha untuk mempersiapkan segala macam alat pendukung dan sumber daya yang tidak kecil. Penyedia SSL memerlukan dana yang tidak sedikit untuk mendukung hal tersebut, Dari persiapan hardware, software hingga ke tim validasi kepercayaan. Karena itu jangan heran sebuah sertifikat SSL menjadi cukup mahal.

Meski demikian tingginya biaya SSL tidaklah sebanding dengan hasil kepercayaan yang didapat oleh pelanggan, Pelanggan akan semakin yakin bila Anda dapat menjamin keamanan dalam bertransaksi. Saya yakin Anda lebih bijak memutuskan demi transaksi online setelah mempertimbangkan manfaat menggunakan sertifikat SSL bagi website bisnis online.