Google Cardboard, Karton Lipat Untuk Nonton Gambar 3D



salah satu bentuk fisik dari Google Cardboard

Google Cardboard, Karton Lipat Untuk Nonton Gambar 3D ~ Cardboard adalah salah satu teknologi Virtual Reality (VR) berbahan karton yang dikembangkan oleh Google dengan melibatkan penggunaan ponsel berbasis Android.

Google Cardboard dibuat bertujuan untuk mengembangkan alat Virtual Reality (VR) agar dapat diakses dengan mudah sehingga setiap orang dapat menikmati VR secara sederhana, mengasyikkan dan alamiah.

Potongan karton ini bisa dirakit sendiri dengan sangat mudah sehingga membentuk kaca mata unik, Tentunya Anda juga bisa membuatnya sendiri dari karton biasa asalkan mengikuti pola rancangan yang telah diberikan oleh Google, Termasuk mengikuti pola aplikasi Cardboard SDK untuk Android dan Unity.

Cardboard SDK untuk Android digunakan untuk membentuk aplikasi yang akan menampilkan adegan 3D dengan menggunakan perenderan binokular sehingga dapat melacak dan bereaksi terhadap gerakan kepala serta dapat berinteraksi dengan aplikasi melalui input magnetik.

Sedangkan Cardboard SDK untuk Unity mempermudah Anda mengadaptasi aplikasi 3D Unity dari awal.

tampilan gambar VR dari Google cardboard

Dalam penggunaannya Cardboard sederhana ini harus menggunakan sebuah ponsel berbasis Android dan lensa untuk memproyeksikan gambar 3D ke mata pengguna. Ponsel atau smartphone disisipkan ke cardboard tersebut hingga dapat ditatap layarnya. Tentunya sebelum menyisipkan, Ponsel tersebut harus mengaktifkan terlebih dahulu aplikasi yang akan dijalankan. Setelah aplikasi berjalan maka user tidak perlu menyentuh layar smartphone seperti biasa. Cukup dengan menolehkan kepala ke kiri atau ke kanan sebagai pengganti jari navigasi, Goyangan kepala akan terdeteksi oleh sensor yang ada di smartphone.

Menu yang sudah terpilih akan di-highlight kemudian dijalankan sambil menggeser magnet bulat di samping cardboard sebagai pengganti "klik" menu yang telah dipilih. Dengan adanya magnet ini maka pengguna tidak perlu kembali membuka smartphone untuk menjalankan menu aplikasi cardboard. Pengguna tinggal menggeser magnet tersebut maka aplikasi kembali akan terbuka dengan mudah.

Cardboard menyajikan gambar di 2 area, Tampilan ini dimaksudkan untuk memproyeksikan mata kiri dan mata kanan sehingga bila menggunakannya maka akan sangat terasa sensai 3D nya. Berikut ini adalah video tampilan saat menggunakan cardboard.



Bila Anda tertarik dan ingin mencobanya akan sangat mudah untuk membelinya, Sudah banyak koq toko online yang menjualnya, Anda bisa search menggunakan kata kunci jual google cardboard, Harga yang ditawarkanpun sangat bervariasi, Tergantung selera dan tipe smartphone yang ingin dipasangkan ke cardboard tersebut.