Fitur Matched Content Adsense Meningkatkan Pageviews Blog



penampilan Fitur Matched Content
sumber gambar : Inside Adsense

Sekitar bulan April 2015 lalu pihak Google Adsense memperkenalkan fitur Matched Content, Yaitu suatu alat rekomendasi konten (semacam related post) yang dihadiahkan secara gratis kepada publisher Adsense untuk membantu mempromosikan konten kepada pengunjung situs.

Google Adsense memberikan fitur Matched Content (Konten Yang Sesuai) kepada publisher yang memiliki persyaratan minimum dari Google Adsense. Persyaratannya ialah situs harus memiliki volume lalu lintas (trafik) yang cukup serta memiliki banyak konten yang unik.


Apa Fungsi Fitur Matched Content ?



Fungsi dari fitur matched content adalah menampilkan konten-konten terkait suatu blog. Sebenarnya fitur ini tidak jauh berbeda dengan related post, Hanya saja bentuknya berupa iklan dan mudah diatur penempatannya karena sudah disediakan settingannya.

Iklan berupa konten yang ditampilkan melalui fitur ini jika diklik oleh pengunjung tidak akan menambah earnings Adsense. Sehingga jangan heran bila Anda melihat ada blog / situs yang memiliki 4 unit iklan. Pemasangan 4 unit iklan dalam satu halaman tidaklah dianggap melanggar TOS Google Adsense karena sudah memiliki ketentuan yang telah disetujui oleh Adsense sendiri.


Apakah Fitur Matched Content Akan Meningkatkan Pageviews ?



Ketika fitur Matched Content digunakan maka pengunjung akan dengan mudah menemukan artikel yang relavan di blog. Artikel-artikel tersebut akan mucul sebagai iklan di blog kita melalui unit matched content yang dipasang sehingga terlihat seolah - olah kita mengiklankan artikel milik sendiri.

Ketika pengunjung melihat konten yang sesuai maka besar kemungkinan membuat para pengunjung untuk membaca artikel dan betah untuk lebih lama berada di blog sehingga otomatis memberikan pengaruh terhadap peningkatan tampilan halaman blog (pageviews).


Apakah Matched Content Dapat Meningkatkan Perolehan Earnings ?



Sebenarnya matched content tidak langsung mempengaruhi perolehan earnings, matched content hanya menambah pageviews, Namun seiring dengan peningkatan pageviews blog maka secara otomatis tayangan iklan (RPM) juga akan meningkat yang pada akhirnya menambah pendapatan Adsense. Tentunya hal ini sangat bergantung kepada karakter situs / blog itu sendiri dan cara mengatur penempatkan unit iklan Adsense .


Bagaimana Cara Mendapatkan Fitur Matched Content ?



Berikut ini saya ambil kutipan dari laman Bantuan Adsense :

The Matched content feature is not available to all publishers. To be eligible, you must have a site that meets our minimum requirements for traffic volume and number of unique pages. We've put these requirements in place to ensure that Matched content provides a great experience for you and your site visitors. Once your site is approved, you'll have access to the Matched content feature in your AdSense account

Seperti yang telah dibicarakan di atas pihak Google Adsense tidak memberikan rincian secara detail cara mendapatkan fitur matched content. Google Adsense hanya akan memberikan fitur ini kepada situs yang memiliki persyaratan minimum terhadap volume lalu lintas dan jumlah konten unik untuk menentukan pantas tidaknya suatu blog memiliki fitur tersebut.

Jadi bila Anda ingin memperoleh fitur tersebut maka tingkatkan volume lalu lintas (trafik) dan perbanyak konten unik yang original kemudian masukkan ke dalam otoritas situs di akun Adsense.

Untuk mengetahui apakah situs / blog telah disetujui atau tidak, Anda dapat memeriksa bagian "pengelolaan situs" di akun Adsense.


Cara Mengetahui Blog Mendapatkan  Fitur Matched Content



  • Login ke akun Adsense
  • Klik gambar roda gigi
  • Klik Setelan
  • Pada Tab Akun , Klik pengelolaan situs
  • Pada Tab Milik, Cek apakah ada tulisan "matched content" atau "Konten yang Sesuai"
  • Bila tidak ada maka situs / blog Anda belum disetujui
situs yang mendapatkan fitur matched content
sumber gambar : Google Support


Hal Penting Tentang Matched Content



Ada beberapa hal yang penting untuk diketahui tentang matched content tersebut , antara lain :
  • Unit konten yang sesuai akan menghadirkan konten yang relavan kepada pengunjung, sehingga hal ini akan meningkatkan pageviews
  • Bebas menempatkan unit konten yang sesuai di halaman manapun, asalkan pada situs yang telah disetujui
  • Hasil klik dari unit tersebut tidak akan diperhitungkan dalam perolehan Google Adsense
  • Unit matched content bersifat responsive, artinya dapat menyesuaikan penampilannya di media mobile, tablet maupun desktop

Demikian Fitur Matched Content Adsense sebagai alat rekomendasi konten yang gratis untuk publisher Adsense, Semoga dapat memberikan manfaat.