6 Faktor Penting Dalam Membuat Website Bisnis Online



faktor penting dalam membuat website bisnis online

Saat kita sedang berbicara dengan orang lain tentunya kita dapat berusaha menjelaskan segala produk atau topik yang kita kuasai kepada lawan bicara agar mereka dapat tertarik terhadap topik tersebut. Kita dapat menjelaskannya secara lisan menggunakan gambar, benda atau media lain sebagai alat peraga.

Lalu bagaimana halnya bila ingin membuat orang lain tertarik ataupun mengerti topik yang dibicarakan melalui media website ? Pastinya kita tidak mungkin menggunakan cara-cara seperti di atas.

Hal yang sangat menentukan adalah membuat website yang mampu menjelaskan kriteria-kriteria menarik sehingga orang dapat dengan mudah mengerti topik ataupun produk yang akan ditawarkan tersebut. Dengan kata lain desain website harus terlihat profesional dan dapat menjelaskan isinya dengan baik. Bayangkan jika Anda melihat suatu website penjualan yang terlihat asal-asalan. Jangankan untuk membeli atau bekerja sama, Melanjutkan membuka produk lainpun tentu sudah tidak menjadi menarik lagi. Hal ini tentu memberikan citra buruk terhadap website bisnis tersebut.

Jadi jangan heran bila banyak pemilik website mengeluhkan bahwa website mereka tidak efektif untuk melakukan penjualan.

Oleh karena itu saya ingin berbagi sedikit ulasan mengenai faktor penting membuat website bisnis online agar dapat dijadikan sebagai bahan referensi ataupun pertimbangan dalam membuat website yang efektif untuk penjualan.

1. Jatuh Cinta pada Pandangan Pertama

Sebuah website haruslah mampu membuat pengunjung jatuh cinta pada pandangan pertama. Secara manusiawi pandangan pertama inilah yang akan membentuk respon awal untuk melanjutkan atau tidak. Bayangkan jikalau Anda memasuki sebuah warung atau toko yang terlihat barang-barangnya berantakan tidak karuan, Ruang yang gelap gurita, dan bau yang tidak sedap. Apakah Anda akan melanjutkan melihat-lihat barang yang lain ? Saya yakin Anda pasti tidak akan mungkin berlama-lama di sana.

Demikian halnya dengan sebuah website, Anda harus memperhatikan desainnya baik itu berupa nama website, warna latar, warna gambar, ukuran gambar, ukuran huruf dan jenis huruf  yang intinya harus diupayakan memberikan tampilan clean dan jelas. Kebanyakan pengunjung lebih menyukai website yang sederhana dan mudah di operasikan ( user friendly ). Jangan sampai merancang website yang penuh dengan tombol-tombol, terlalu banyak klik sana klik sini yang akhirnya membuat si calon pembeli kabur karena kesal.

Upayakan juga menampilkan petunjuk pemakaian atau pembelian dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan sejelas mungkin, Ingatlah bahwa tidak semua pengunjung mahir dalam bertransaksi di website !!.

Anda dapat mengambil kesimpulan apakah website memberikan kesan pertama yang baik atau tidak bagi pengunjung melalui perolehan Bounce Rate ( aplikasi Google Analytics atau Histats ). Semakin rendah angka bounce rate maka semakin baik kesan pertama itu. Bila perolehan angka tersebut mencapai lebih dari 60% maka bisa diambil kesimpulan bahwa website perlu ditata ulang / direnovasi karena memberikan kesan pertama yang buruk.

2. Kecepatan Loading

Hal kedua yang paling berpengaruh adalah kecepatan loading website. Bila pengunjung memasuki suatu website yang memajang aneka gambar dan harus menunggu waktu lama agar seluruh gambar terload maka besar kemungkinan pengunjung tersebut akan secepatnya melarikan diri mencari ke website lain.

Kecepatan loading website bisnis yang penuh dengan gambar harus menjadi perhitungan, Anda bisa melakukan test kecepatan loading dengan menggunakan alat speed test yang banyak tersedia di internet. Gunakan plugin-plugin pendukung kecepatan loading website agar dapat lebih maksimal dalam menyajikan konten-konten bagi pengunjung.

3. Perhatikan Hirarki Visual

Faktor yang satu ini sering kali diabaikan di kalangan pembuat website bisnis yang kurang memahami tingkatan visual bagi pengunjung sehingga website terkesan memiliki tampilan yang amat buruk untuk dipandang bahkan membingungkan bagi pengunjung.  Jadi penting sekali memahami peran hirarki visual untuk membuat website bisnis yang efektif.

Hirarki visual yang dimaksud adalah bagian-bagian yang ditampilkan sesuai dengan urutan-urutan kepentingan. Misalnya gambar atau konten yang dianggap paling penting berada pada bagian paling atas website. Kemudian bagian yang dianggap kurang penting dapat ditampilkan diurutan selanjutnya. Secara default, Loading website adalah dimulai dari bagian teratas, sehingga bagian atas merupakan bagian yang akan terlihat paling awal bagi pengunjung.

4. Tampilkan Informasi Sejelas Mungkin

Setelah website dapat terload dengan cepat, Website harus mampu menyajikan informasi yang jelas dan mendetail. Berikan poin-poin penting dengan perimbangan penjelasan materi ataupun produk tanpa terkesan menipu. Ulaslah dengan sejujurnya dengan harapan kesan ini akan membuat si pengunjung untuk kembali lagi suatu saat.

Bagaimanapun pengunjung yang datang pastilah mencari sesuatu yang sesuai dengan keinginannya, Banyak website bisnis yang memberikan penjelasan yang tidak mendetail bahkan boleh dibilang mengambang, Sehingga pengunjung juga tidak dapat memutuskan untuk dapat bertransaksi. Anda bisa menambahkan menu chat kepada customer service untuk menanganinya, Sehingga pengunjung merasakan website Anda memiliki tingkat pelayanan yang amat baik.

5. Perhatikan Gaya Menulis

Bila website bisnis terdapat konten, Upayakan memperhatikan gaya menulis konten. Anda dituntut untuk dapat mengerti keinginan pengunjung yang sangat majemuk. Berikan penulisan yang mendetail, Gunakan gambar sebagai alat petunjuk ilustrasi, Lakukan penekanan pada tulisan berupa tanda garis bawah, bold, tanda petik dan lain sebagainya agar mendapatkan perhatian yang lebih dari pengunjung.

6. Tombol Eksekusi

Setelah bagian-bagian di atas terpenuhi, Anda perlu menyediakan tombol eksekusi. Eksekusi yang dimaksud di sini adalah kata ajakan kepada pengunjung untuk segera melakukan pembelian atau pemesanan berupa tombol radio. Anda bisa menggunakan kata "Beli Sekarang", "Pesan Sekarang", "Daftar Sekarang", "Dapatkan Bonusnya !" dll.

Jangan lupa pantau terus peningkatan website, Sesekali lakukan optimasi SEO dan pemeliharaan agar dapat terjaga kesehatannya. Pelajari terus dan tingkatkan faktor penting untuk membuat website bisnis online Anda semakin terlihat profesional. Semoga bermanfaat, Salam sukses