16 Tips Menulis Artikel Blog Enak dibaca Pengunjung




tips menulis artikel blog enak dibaca pengunjung

16 Tips Menulis Artikel Blog Enak Dibaca Pengunjung ~ Salah satu faktor penting yang memberikan nilai suatu blog adalah artikel. Sebagus apapun judul tetap saja isi artikelah yang menjadi nilai utama pengunjung untuk memutuskan membaca lebih lanjut atau meninggalkan artikel tersebut.

Selain manfaat yang terkandung dalam artikel, Perlu diperhatikan juga struktur penulisan maupun peletakkan kalimat agar mudah dipahami oleh pengunjung.

Oleh karena itu saya akan berikan beberapa tipsnya agar artikel Anda enak dibaca oleh pengunjung blog.
Silahkan disimak :

1. Pergunakan Bahasa yang baik
Upayakan menggunakan tata bahasa yang baku agar tercermin profesionalisme selain penghormatan atas bahasa di negeri sendiri. Hindarilah penggunaan bahasa gaul, bahasa daerah atau bahasa yang tidak umum.

2. Berikan jarak antar paragraf
Jangan menulis terus hingga beberapa kalimat tanpa ada lompatan jarak sehingga orang yang membacanya akan terasa pusing karena kerapatan antar kalimat tersebut.

3. Buat Sub Judul
Uraikan dalam bentuk sub judul, Hal ini akan membuat pembaca menjadi lebih mudah memahami dan memilah persoalan yang sedang dibahas dalam artikel

4. Gunakan gambar
Sisipkan gambar untuk menambah daya tarik pandangan tetapi jangan terlalu banyak (bila tidak diperlukan) , Upayakan tidak lebih dari 3 gambar, Jangan lupa lakukan compress gambar agar lebih ringan. Sesuaikan juga dengan ukuran tampilan blog.

5. Gunakan Quote ( " )
Pagari pernyataan yang dianggap penting atau kutipan dari orang lain menggunakan blockquote, Anda bisa saja merubah tampilan blockquote ( search di Google.., banyak koq yang udah buat caranya ).

6. Gunakan Bullet List atau Numbered List
Bullet List atau Numbered List akan membuat penguraian (pembagian) menjadi lebih mudah dipahami,

contoh bullet list

 contoh numbered list
    1. Cara membuat blog 
    2. Cara membuat blog di WordPress

    7. Gunakan Warna, Bold, Italic, Underline
    Anda bisa menambahkan warna, bentuk tulisan bold, italic, underline sesuai dengan kehendak untuk memberikan penekanan pada suatu kata atau kalimat yang dianggap perlu perhatian khusus.

    8. Usahakan Postingan Jangan Terlalu Panjang
    Buatlah artikel yang tidak terlalu panjang (kira-kira tidak lebih dari 1000 kata), Karena akan memberikan tingkat kebosanan pengunjung. Jika pembahasan yang memang harus panjang, Gunakan tehnik bersambung ke halaman baru.

    9.  Gunakan Alignment
    Tulisan yang sudah dibuat sebaiknya dirapikan lagi menggunakan alignment justify agar terkesan tidak berantakan.

    10. Gunakan Huruf  Eye Friendly
    Huruf juga memberikan pengaruh besar terhadap pengunjung untuk meneruskan membaca atau tidak, Anda bisa menggunakan settingan huruf  Arial, Courier, Georgia, Helvetica, Times, Trebuchet, Verdana. Pilih sesuai dengan kehendak, Gunakan pratinjau terlebih dahulu untuk melihat apakah sudah enak dipandang atau tidak sebelum melakukan publikasi artikel.

    11. Jangan Menggunakan Huruf Yang Amat Kecil
    Ini yang harus dihindari, Saya pernah mengunjungi blog yang artikelnya menggunakan huruf kecil sekali (sekitar 10pt). Hal ini tentunya membuat tidak nyaman dalam membaca artikel. Usahakan pergunakan lebih dari 12pt yaa.

    12. Perhatikan Warna Latar Belakang
    Upayakan menggunakan warna latar yang tidak membuat silau mata, Saya pribadi tidak menyukai warna latar yang menggunakan warna hitam karena setelah membaca artikel tersebut mata terasa berbayang dan cepat lelah. Jadi .. upayakan warna teks seirama ( matching ) dengan warna latar blog.

    13. Jangan Terlalu Banyak Iklan
    Salah satu hal yang paling mengganggu proses baca artikel adalah pemasangan iklan yang amat banyak hingga menutupi pandangan postingan. Hal ini amat menjengkelkan si pembaca, Jadi usahakan tidak memasang iklan yang berlebihan ( idealnya 3 gambar saja ).

    14. Jangan Mengulang Kalimat
    Mungkin hal yang satu ini seringkali terjadi, Yaitu mengulang kalimat yang sama. Hal ini biasanya terjadi dikarenakan niat penulis untuk mengejar keyword atau kata kunci. Tehnik menulis seperti ini tentu akan membuat pembaca menemukan kalimat yang terasa aneh dan tidak pada tempatnya. Oleh karena itu sebaiknya menulis untuk pembaca bukan untuk mesin pencari.

    15. Baca Ulang Postingan
    Sebelum melakukan publikasi, Sebaiknya baca ulang postingan dengan maksud melakukan pengecekan terhadap materi yang baru saja ditulis. Jika dirasakan ada kalimat yang kurang pas , lakukanlah perbaikan.

    16. Link Yang Relavan
    Tautkan link yang ada kaitannya dengan postingan, Jangan asal melekatkan link dengan niat menambah pageviews. Sehingga hal ini akan membuat pengunjung merasa ditipu.


    Demikian 16 tips menulis artikel blog enak dibaca pengunjung, Semoga dapat memberikan manfaat.