6 Resiko Buruk Bagi Blogger Yang Patut Diwaspadai



6 resiko buruk bagi blogger yang patut diwaspadai

Bagi seorang blogger, Duduk setiap hari selama berjam-jam menatap komputer PC atau Laptop sudah menjadi suatu pekerjaan rutin yang lebih dari sekedar hobby. Apalagi bila kegiatan blogging adalah mata pencaharian yang sudah tentu tidak bisa dilepaskan begitu saja. Tetapi dibalik semua itu ternyata menyimpan resiko buruk bagi blogger yang patut diwaspadai setiap saat.

Seorang blogger membutuhkan waktu tidak sedikit untuk menulis sebuah artikel, Bisa berjam-jam duduk tanpa berdiri , tanpa beranjak dari tempat duduk.

Ketika mengutak ngatik template atau ada error yang terjadi pada blognya bisa memakan waktu lebih dari setengah hari bahkan lupa makan dan minum !! ( pengen jadi blogger sukses kali yaaa ...wkwkwk ).

Tidak jarang juga banyak blogger yang melakukan kegiatannya dibarengi dengan kebiasaan buruk merokok dan minum kopi.... hmmm asik memang. Hal tersebut sadar atau tidak disadari mengundang resiko dan efek buruk bagi kesehatan blogger itu sendiri.

Setelah membaca berbagai sumber informasi dan menanyakan ke beberapa blogger, Ternyata kegiatan rutinitas seorang blogger kerap kali mengundang berbagai gangguan kesehatan.

Artikel ini saya tulis sekedar untuk mengingatkan kepada rekan-rekan blogger karena gangguan kesehatan tersebut bisa juga terjadi pada diri Anda, Antara lain :

1. Penglihatan berkurang

Lambat tapi pasti, Gangguan penglihatan mata akan terjadi pada seorang blogger yang setiap hari menatap layar komputer, Apalagi jika dalam waktu yang berjam-jam.

Oleh karena itu sebaiknya lakukan relaksasi beberapa saat dengan memandang ke arah yang jauh, Pejamkan mata beberapa saat untuk membantu mengurangi kelelahan mata. Lakukan pengecekan kesehatan mata secara rutin untuk mencegah kerusakan yang lebih parah.


2. Sakit Tulang Punggung

Duduk selama berjam-jam membuat artikel di depan layar komputer tanpa beranjak akan memberikan resiko atau dampak buruk terhadap tulang punggung.

Sebaiknya perhatikan jam sebelum duduk dan bila terasa sudah lama duduk (kira-kira 1/2 jam) maka ada baiknya berdiri dan berjalan sebentar untuk menggerakkan badan agar menjadi lebih rileks.

Anda juga bisa tidur-tiduran sementara agar otot dan tulang punggung tidak menjadi kaku, Sehingga resiko cidera tulang punggung dapat diminimalisir.


3. Sering Stres

Posisi duduk sambil melakukan aktivitas blogging tanpa adanya perenggangan atau pelemasan otot akan mengakibatkan tingkat kerja otak semakin bertambah.

Apalagi jika ada hal yang sulit terjadi, misalnya error blog yang harus ditangani dengan segera,  Hal ini menambah beban kerja otak sehingga akan menjadi pemicu stres.

Oleh karena itu perhatikan jam duduk, Usahakan lakukan kegiatan blogging dengan santai. Bila ada kesulitan jangalah berupaya untuk buru-buru diselesaikan. Lakukan setahap demi setahap saja.


4. Sakit Ginjal

Hal yang satu ini masuk akal bila duduk berjam-jam untuk melakukan kegiataan blogging tanpa disertai minum yang banyak pula. Endapan hasil dari sisa makanan akan mengendap dalam ginjal akibat jarang minum dan duduk terlalu lama. Oleh karena itu jangan lupa untuk minum yang banyak guna mengantisipasi hal itu terjadi.


5. Diabetes

Bila Anda memiliki kebiasaan minum teh manis sambil melakukan kegiatan blogging ada baiknya tidak melakukan hal tersebut setiap kali membuat artikel. Kebiasaan buruk seperti itu akan mendatangkan penyakit diabetes yang mungkin tidak disadari.

Kadar gula akan bertambah setiap melakukan aktifitas blogging sehingga lambat laun tubuh akan kelebihan kadar gula yang akan memicu terjadinya penyakit diabetes.

Jadi ada baiknya selingi dengan minuman lain yang berkadar rendah gula, atau minum jus buah, air putih dan lain sebagainya.


6. Sakit Paru-paru

Penyakit yang satu ini bisa saja terjadi pada seorang blogger apabila Ia adalah seorang perokok. Karena asiknya membuat artikel, Tanpa disadari merokok sebatang demi sebatang hingga menghabiskan sebungkus rokok bahkan lebih ketika artikel selesai dibuat.

Sudah pasti lama kelamaan akan memberikan dampak buruk sakit paru paru pada si blogger itu sendiri.

Oleh karena itu, Bila Anda seorang perokok sebaiknya hentikan kebiasaan seperti itu ! atau paling tidak harus mengontrol diri agar tidak kebablasan hingga mencapai 1 bungkus rokok setiap membuat artikel.

Tips lainnya adalah cari posisi duduk yang nyaman dan gunakan alas duduk berbahan empuk, pastikan udara dapat mengalir ke dalam agar tidak menambah penyakit lainnya.

Demikian artikel kali ini, Tetap lakukan kegiatan blogging Anda dengan mewaspadai 6 resiko buruk bagi blogger tersebut di atas agar tidak terjadi pada diri Anda, Semoga dapat memberikan manfaat. Salam Blogger Sukses !!