MENGAPA DOMAIN BLOGSPOT INDONESIA BERUBAH ? INILAH PENJELASANNYA



domain blogspot.com berubah menjadi blogspot.co.id
domain blogspot.com berubah menjadi blogspot.co.id

Domain blogspot.com Indonesia berubah menjadi blogspot.co.id ~ Sejak hari kamis lalu tepatnya tanggal 3 September 2015 alamat domain blogspot.com di Indonesia berubah menjadi blogspot.co.id.

Tidak tahu persis jam berapa pihak Google mulai mengalihkan domain tersebut, Kira-kira siang menjelang sore harilah ketika saya buka blog Belajar menjadi blogger ternyata sudah berubah.

Awalnya memang sempat kaget juga melihat perubahan ini yang secara tiba-tiba, Dan saya pun mencoba untuk membuka blog yang lain yang ternyata juga telah berubah.

Kemudian teringat postingan terdahulu di blog ini tentang pembagian blogspot barulah saya menyadari bahwa hal tersebut sudah diberlakukan terhadap blog di Indonesia juga.

Sekitar tahun 2013 saya sudah pernah menulis artikel pembagian blogspot berdasarkan negara yang dimulai dari 15 negara dan perubahan akan diterapkan oleh Google secara bertahap. Saat itu Indonesia masih belum terbagi dan baru mulai hari kamis kemarin blogspot.com Indonesia berubah menjadi blogspot.co.id.

Saya kira bagi Publisher Adsense sering kali melihat alamat seperti blogspot.co.uk , blogspot.sg. blogspot.in dan lain-lain (di dalam dashboard Google Adsense ) yang telah terlebih dahulu diterapkan pengalihannya.


Alasan Google merubah blogspot.com menjadi blogspot.co.id



Saya kira alasannya cukup sederhana, Google mendukung kebebasan mengeluarkan pendapat dan ingin mudah mengatur konten yang kontroversial !

Google akan lebih mudah melakukan penyeleksian terhadap masalah blog jika ada masalah yang terkait hukum lokal dan apabila ada pelaporan tentang pelanggaran hukum di suatu negara tentang konten maka akan lebih memudahkan pihak Google untuk melaksanakan kebijakannya yaitu menghapus atau tidak menampilkan konten tersebut di negara itu sendiri.

Konten tersebut tidak akan dapat diakses di negara tersebut, Tetapi jika diakses dari negara lain tetap akan tampil seperti biasa.


Adakah Cara Mengatasi Perubahan Blogspot.com Menjadi Blogspot.co.id ?



Jawabannya adalah ada !!

Anda cukup menambahkan ncr ( no country redirect ) di belakang URL, Misalnya http://namablog.blogspot.com/ncr  tekan enter maka domain Anda tidak akan dialihkan secara otomatis oleh Google. ( hanya sementara loh ). Dan akan kembali ke semula ketika clear cache dilakukan.

Cara lain yang lebih permanen adalah menanamkan kode ncr tersebut ke dalam template blog , Caranya :
  • Buka Template >> Edit HTML
  • Cari kode <head>
  • Copy kode di bawah ini dan letakkan di bawah kode <head>
<script type="text/javascript">
var blog = document.location.hostname.split(".");
if(blog[blog.length-1]!="com")
{var ncr="http://"+blog[0]+".blogspot.com/ncr";
window.location.replace(ncr+document.location.pathname);}
</script> 
atau yang satu ini

<script type='text/javascript'> var str= window.location.href.toString(); if ((str.indexOf('.com/'))=='-1') { var str1=str.substring(str.lastIndexOf(".blogspot.")); if (str1.indexOf('/')=='-1') { var str2=str1; } else { var str2=str1.substring(0,str1.indexOf('/')+1); } window.location.href =window.location.href.toString().replace(str2,'.blogspot.com/ncr/'); } </script>
  • Save Template

Nah, Silahkan dicoba script di atas, Tetapi bila blog Anda merupakan blog publisher Adsense saya tidak menyarankan Anda menggunakan tehnik pengalihan karena kuatir akan melanggar TOS Adsense. Ini hanya rasa khawatir pribadi saya saja karena belum melakukan percobaan, Apabila Anda telah melakukan percobaan dan berpendapat lain silahkan dishare ya.

Pemberitahuan secara resmi dari pihak Google tentang pencegahan redirect seperti di atas tidak diberitakan secara jelas. Hanya ....... menurut pihak Google keutamaan melakukan redirect tidak bertujuan mengelabui pengunjung atau mesin pencari misalnya melakukan redirect halaman konten yang tidak relavan.


Pengaruh perubahan blogspot.com menjadi blogspot.co.id



Pengalihan suatu domain tentu memberikan pengaruh terhadap suatu blog, Antara lain yaitu :

1. Alexa Rank dan MOZ

Perubahan yang sangat terasa adalah kembalinya ke angka 0 pada nilai Alexa Rank dan MOZ rank ( PA dan DA ). Adanya proses pengalihan ini menyebabkan domain tersebut dianggap sebagai domain yang baru sehinga perlu adanya penyesuaian. Tetapi tidaklah perlu khawatir karena lambat laun akan kembali ke angka sebelumnya.

2. Penyesuaian Adsense

Untuk mendapatkan hasil valid dari URL blogspot.co.id tentu Anda harus memasukkan domain baru tersebut ke kolom claimed Adsense  agar dapat diakui sebagai salah satu alamat blog Anda. Jika tidak maka jangan heran bila pendapatan Adsense tidak akan dibayarkan.

3. Akankah terjadi Duplikat Content ?

Masalah duplikat konten masih menjadi perdebatan, Menurut Saya tidak akan terjadi duplikat konten karena proses pengalihan tidak akan dianggap mesin pencari menuju dua alamat (link) yang berbeda,

Sama halnya bila mengganti domain blogspot.com menjadi domain .COM atau custom domain TLD lainnya tidak terjadi duplikat content.

4. Akankah Kehilangan Pengunjung ?

Jawabannya ialah tidak, Proses pengalihan ini bersifat otomatis mengalihkan alamat lama ke alamat baru sehingga tidak mempengaruhi trafik blog.

Bila ada pengunjung yang mengetikkan alamat blogspot.com maka akan otomatis dialihkan ke blogspot.co.id , Jadi Anda tidak perlu khawatir dengan hal ini karena pihak Google sudah lebih dulu mengantisipasinya.

Ok, Saya kira cukup sekian artikel domain blogspot.com Indonesia berubah menjadi blogspot.co.id, Semoga dapat memberikan manfaat.