PLUGIN WORDPRESS YANG WAJIB DIGUNAKAN BLOG



plugin wordpress yang wajib digunakan blog
Bagi Anda yang baru menggunakan Wordpress Shelf Hosting mungkin akan bingung memilih plugin wordpress yang wajib digunakan blog untuk dapat membantu memaksimalkan urusan SEO, Loading maupun keamanannya. Karena ada begitu banyak plugin yang tersedia di sana dan mirip-mirip pula kategorinya dan dari sekian banyak plugin tersebut masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya.

Jenis atau nama plugin yang akan dibahas nanti merupakan plugin yang banyak digunakan ( umum digunakan ) dan apabila nantinya plugin tersebut tidak sesuai dengan selera atau menimbulkan masalah pada blog maka Anda bisa dengan mudah mengganti atau menghapusnya.

Sebenarnya berapa sih jumlah maksimal plugin yang dapat disuntikan ke dalam sebuah blog ? Ada yang menyarankan bahwa sebaiknya menggunakan maksimal 10 plugin saja agar tidak memberikan beban berat pada saat loading, Karena setiap kali loading blog akan selalu ada proses pemanggilan plugin. Oleh sebab itu sebisa mungkin gunakan plugin yang benar-benar diperlukan saja, Jangan sampai penggunaan plugin bukannya membantu meningkatkan kinerja blog malah mendapat bumerang yang akan memperburuk SEO blog.

baca juga : plugin SEO terbaik

Kalau menurut pribadi saya, Plugin digunakan sesuai dengan kebutuhan saja, Dan saya rangkum menjadi 3 jenis plugin Wordpress yang wajib digunakan blog, Yaitu :

1. Plugin untuk kecepatan blog
2. Plugin untuk SEO blog
3. Plugin untuk keamanan blog.

Ketiga jenis plugin di atas hanyalah bentuk minimalis, Jadi Anda bebas menambahkan jika dirasa perlu.

I. Plugin Wordpress Untuk Kecepatan Blog

Untuk membantu mempercepat loading blog maka Anda bisa menggunakan plugin W3 Total Cache atau plugin WP Super Cache. Kedua plugin ini merupakan plugin untuk kecepatan blog yang sudah banyak penggunanya. Dengan penggunaan plugin ini akan membantu meningkatkan kinerja server yang akan menanamkan cache pada browser page, object, database, dan minify. Jadi Anda tidak perlu khawatir bila blog terdiri dari banyak gambar, Plugin ini akan bekerja membantu loading blog dengan cachenya yang ampuh sehingga blog terasa menjadi lebih ringan.

II. Plugin Untuk SEO Blog

Saat membangun sebuah blog, Kita pasti ingin blog dapat terindeks dan teroptimasi dengan baik sehingga mesin pencari dapat mengenali blog dengan lebih baik. Dengan adanya plugin SEO ini maka kita tinggal melakukan settingan-settingan saja dan biarkan plugin yang bekerja untuk blog. Banyak plugin SEO yang dapat kita temui tetapi yang sering digunakan adalah All In One SEO Pack, SEO by Yoast, SEO Ultimate, Platinum SEO Pack. Masing masing mempunyai tujuan yang sama yaitu meningkatkan pencarian halaman oleh mesin pencari.

III. Plugin Untuk Keamanan Blog

Keamanan yang dimaksud di sini adalah keamanan dari komentar spam terutama spambot (komentar yang dikirimkan menggunakan software tertentu), Keamanan login, Keamanan Database. Dengan penggunaan plugin ini maka blog akan dapat menyaring komentar spam secara otomatis, Dapat memberikan keamanan database, maupun keutuhan blog atau website, Diantaranya ialah : Akismet, Captcha by BestWebSoft, Anti Spam, Contact Form 7 Honeypot, BulletProof Security.

Baca juga : Cara Membuat Toko Online Wordpress

Nah, Itulah beberapa plugin wordpress yang wajib digunakan blog, Agar blog yang dibentuk dari Wordpress dapat lebih baik kinerjanya di mata search engine, Lebih ringan loadingnya dan lebih aman. Tentunya masih banyak plugin - plugin yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan performa blog, Semoga dapat memberikan manfaat.