KESALAHAN YANG SERING TERJADI SAAT MENULIS JUDUL ARTIKEL



kesalahan yang sering terjadi saat menulis judul artikel blog
Kesalahan Yang Sering Terjadi Saat Menulis Judul Artikel ~ Judul merupakan hal pertama yang akan terbaca oleh calon pengunjung blog baik itu saat browsing maupun saat berada di website / blog.

Ketika calon pengunjung membaca sebuah judul maka saat itu juga Ia akan memutuskan ketertarikannya untuk melanjutkan dengan mengklik atau tidak artikel tersebut. Bila judul tersebut membuatnya tertarik maka Ia akan klik dan sebaliknya jika tidak tertarik maka Ia akan pergi mencari yang lain.

Karena itu judul harus ditulis dengan baik dan semenarik mungkin. Selain dapat mendulang ketertarikan juga akan memberikan pemahaman tentang isi suatu artikel. Akan tetapi masih banyak blogger sering salah dalam menulis sebuah judul.

Nah, Berikut ini beberapa kesalahan yang sering terjadi saat menulis judul artikel, Silahkan disimak ya :

1. Tidak menggunakan tanda tanya (?) pada judul yang berupa pertanyaan

  •  contoh judul yang salah :
            Apa manfaat blog
            Bagaimana pengaruh backlink terhadap sebuah blog
            Bagaimana membuat blog

  • contoh judul yang benar :
            Apa manfaat blog ?
            Bagaimana pengaruh backlink terhadap sebuah blog ?
            Bagaimana membuat blog ?


2. Menambahkan tanda titik (.) pada akhir judul

Hal yang satu ini mungkin sudah menjadi suatu kebiasaan yang tidak disadari saat menulis. Dan Apabila demikian sebaiknya berusaha menghentikannya saat ini juga, Jangan menambahkan tanda titik pada akhir judul

Contoh:

   Tips Meningkatkan Trafik Blog.  >>  ada tanda titik di akhir judul , jadi sebaiknya diganti menjadi
   Tips Meningkatkan Trafik Blog   >>  ( tanpa tanda titik di akhir judul )


3. Salah menerjemahkan "How to"

Saat membaca blog yang berbahasa Inggris sering kali kita melihat topik dengan awal judul "How to", Misalnya How To Use Blogger kemudian diterjemahkan menjadi bagaimana cara menggunakan blogger.

Saat mendapatkan ide menulis judul hasil terjemahan "How to" seperti di atas maka hal seperti itu menjadikannya suatu kesalahan penulisan judul. How to seharusnya diterjemahkan menjadi cara... dan bukan menjadi bagaimana cara .... Ketika menggunakan Bagaimana ... maka seharusnya ditambahkan tanda tanya di belakang judul tersebut.

Contoh :

Bagaimana Cara Menggunakan Blogger ?
Bagaimana Cara Meningkatkan Trafik Blog ?


4. Menjamakkan kata yang berbentuk jamak

Kesalahan yang sering kali dialami ini mungkin karena kita tidak menyadari akan hal itu. Sebenarnya tidak terlalu berpengaruh terhadap kesehatan blog, Akan tetapi itu merupakan kesalahan penggunaan kata jamak dalam aturan tata bahasa Indonesia yang baku. Kata Jamak dalam Bahasa Indonesia menyatakan sesuatu yang berjumlah lebih dari satu.

  • Contoh: yang salah :
            5 Ciri-Ciri Blog Tidak Sehat
          10 Cara-Cara Menulis Yang Baik

  • Contoh yang benar:
           5 Ciri Blog Tidak Sehat
           Ciri-Ciri Blog Tidak Sehat

          10 Cara Menulis Yang Baik
           Cara-Cara Menulis Yang Baik

5. Menggunakan Arti Kata Yang Sama ( Sinonim )

Kesalahan yang satu ini juga sering terjadi pada banyak blogger saat menulis judul. Yaitu menggunakan kata sinonim. Dalam aturan tata Bahasa Indonesia sinonim berarti mirip atau sama.

  Contohnya:

    Membuat Artikel Adalah Merupakan Tugas Blogger
    Cara Meningkatkan Trafik Pengunjung Blog

Contoh judul di atas merupakan kesalahan penggunaan tata bahasa yang sering terjadi. Kata adalah biasanya digunakan untuk memaknai sesuatu yang didefinisikan dengan awalan kata benda, Sedangkan kata merupakan digunakan jika akan mendefinisikan pengertian rupa atau wujud.

Sedangkan penggunaan kata trafik dan kata pengunjung merupakan hal yang sama ( sinonim). Jadi penggunaan keduanya sekaligus akan membuat kesalahan memahami dan pemborosan kata yang tidak perlu dilakukan. Jadi sebaiknya ditulis seperti :

   Membuat Artikel Adalah Tugas Blogger
   Cara Meningkatkan Trafik Blog

6. Menggunakan Judul Yang Terlalu Panjang

Entah karena maksud mengejar long tail keyword atau karena alasan lain sehingga penulisan judul yang panjang ini menambah daftar kesalahan judul yang sering terjadi.

Sedangkan pihak Google telah menetapkan penggunaan maksimal 60 karakter untuk merangkai judul artikel, Lebih dari itu maka tidak akan tampil (terpotong) saat browsing di mesin pencari dan digantikan dengan ...... ( titik-titik ).

Jadi jangan sampai judul yang telah dibuat menjadi terpotong saat tampil di hasil penelusuran mesin pencari Google. Jika demikian maka efeknya adalah judul menjadi tidak terbaca sepenuhnya sehingga daya tarik bagi calon pengunjung menjadi berkurang.

Contoh :

10 Kesalahan Yang Sering Kali Terjadi Saat Menulis Artikel Di Blogspot  ( 68 karakter )
10 Kesalahan Yang Sering Terjadi Saat Menulis Di Blogspot ( 57 karakter )

Contoh judul terpotong :
 10 Kesalahan Yang Sering Kali Terjadi Saat Menulis Artikel Di.......

Nah, Setelah mengetahui kesalahan yang sering terjadi saat menulis judul artikel, Anda dapat lebih berhati-hati untuk menulis judul. Semoga dapat memberikan manfaat