HTTPS Membantu Memperkuat Peringkat Website



https membantu memperkuat peringkat website

Https Membantu Memperkuat Peringkat Website ~ Sesuai dengan kemajuan jaman sudah semakin banyak yang bertransaksi di dunia internet melalui media website misalnya perbankan, toko online. Transaksi yang berlangsungpun sudah sedemikian besar jumlahnya, Data penting juga menjadi taruhannya.

Karena itu diperlukan suatu tingkatan keamanan  sambungan yang terenkripsi  untuk dapat melindungi hal seperti itu. Di sisi lain tak jarang pula pemilik website tidak memikirkan keamanan dalam bertransaksi, Sehingga mengalami kebocoran data dan lain sebagainya.

Pengumuman Resmi Google tentang HTTPS

Kini Google melalui blog resminya telah mengumumkan bahwa mereka mementingkan keamanan bagi pemilik situs dan berharap segera beralih ke HTTPS untuk menjamin keamanan bertransaksi di web.

Penggunaannya disinyalir akan mempengaruhi peringkat pencarian sesegera mungkin walaupun pihak Google masih memberikan kesempatan kepada para webmaster untuk dapat beralih ke https tersebut.

Selama ini kita mengenal HTTP ( Hypertext Transfer Protcol) yang mengirim dan menerima informasi melalui media internet tanpa mempertimbangkan tingkat keamanan sebuah data untuk dapat sampai ke tujuan.

Sedangkan HTTPS ( Secure Hypertext Transfer Protocol ) mengirim dan menerima informasi yang memerlukan otorisasi disetiap transaksi. Saat ini keamanan yang digunakan HTTPS adalah menggunakan SSL ( Secure Sockets Layer) untuk komunikasi data.

Google Merekomendasikan Penggunaan HTTPS

Beberapa bulan yang lalu pihak Google melakukan tes penggunaan sambungan aman yang diekripsi untuk melihat pengaruh peringkat penelusuran. Dan hasil positif pun mereka dapatkan sehingga pihak Google merekomendasikan untuk menggunakan HTTPS bagi setiap website.

Saat ini pihak Google masih memberikan kesempatan kepada para pemilik website untuk dapat beralih ke HTTPS tetapi seiring berjalannya waktu pihak Google akan semakin memperkuat algorithma HTTPS ini dalam menentukan rangking pencarian untuk mendorong para pemilik website beralih dari HTTP ke HTTPS.

Jikalau Anda berniat untuk beralih dari HTTP ke HTTPS, Pihak Google telah memberikan beberapa kiat dasar untuk memulainya antara lain :

•    Tentukan jenis sertifikat yang diperlukan : sertifikat tunggal, multi-domain atau wildcard
•    Gunakan sertifikat kunci 2048-bit
•    Gunakan URL relative untuk sumber daya yang berada di domain aman yang sama
•    Gunakan portokol URL relatif untuk seluruh domain
•    Baca petunjuk di artikel pemindahan situs
•    Pastikan situs HTTPS tidak terblokir oleh robots.txt
•    Hindari tag meta Noindex.

Perlukah Website beralih ke HTTPS ?

Jika ditinjau dari segi keamanan maka tentulah sangat perlu untuk dapat beralih ke mode HTTPS, Apalagi website yang digunakan untuk bertransaksi, website perbankan, website toko online. Selain peringkat yang baik di mata search engine kita harapkan juga keamanan di setiap transaksi.

Lain halnya jikalau website hanya berupa  konten , maka saya kira tidaklah perlu karena transaksi pun hampir tidak ada. Jikalau Anda memikirkan peringkat maka buatlah konten yang berkualitas seperti yang tertulis diblog resmi milik Google Webmaster.

Sekian dulu artikel singkat ini, Semoga saja dengan adanya HTTPS yang menjadi salah satu penentu peringkat website ini semakin bertambah aman disetiap transaksi.