TIPS AGAR PERTEMANAN TIDAK DIHAPUS OLEH SAHABAT FACEBOOK



tips agar pertemanan tidak dihapus oleh sahabat facebook ( unfriend )
Facebook merupakan salah satu media sosial yang cukup membuat kebanyakan orang ketagihan. Anda dapat menulis berbagai status, berbagi foto, saling komentar, chat dan lainnya yang membuatmu sebagai pemilik akun merasakan amat senang dengan semua itu. Tapi... ternyata dibalik semua itu mungkin saja ada yang merasa tersinggung, tidak menyukai aktifitas Anda sehingga menghapus pertemanan di Facebook ( unfriend ).

Memang Facebook adalah media sosial yang dapat dengan bebas diakses oleh siapapun, Tetapi bukan berarti kita dapat berbuat semaunya melalui akun tersebut. Perlu adanya sikap toleransi maupun sikap saling menghargai antara sesama teman di Facebook. Dengan demikian terjalin persahabatan yang saling mengisi dan bertahan lama.

Tidak jarang akibat dari ketersinggungan dan pertengkaran di dunia sosial media Facebook mengakibatkan pemutusan hubungan pertemanan dan mencuat hingga ke dunia nyata bahkan mencapai hukum dan lain sebagainya.

Sebagai insan sosial tentu harus menjaga tata krama pertemanan yang baik di dunia maya maupun di dunia nyata, agar pertemanan tidak dihapus ( diputus ) oleh sahabat. Nah, ada beberapa tips yang bisa diterapkan saat menggunakan Facebook, berikut penjelasannya :

1. Saling Respon Status

Jika ada status yang diposting oleh teman (boleh juga status yang lama), Ada baiknya berikan koment ataupun berupa 'LIKE' walaupun Anda belum tentu menyukai postingan tersebut. Tentu hal ini tidaklah sulit bukan. Demi menjaga kelanggengan pertemanan sebaiknya lakukan hal seperti itu. Tidak perlu sering kali jikalau memang Anda tidak sempat, Tetapi paling tidak lakukanlah sesekali. Jangan hanya mengharapkan status Anda saja yang ingin selalu dikoment oleh teman. Tetapi mulailah dari Anda terlebih dahulu sebagai pembuka pertemanan yang baik. Bila hal ini Anda abaikan maka jangan heran dan jangan marah jika pertemanan akan diputus oleh sahabat Anda.

baca juga : cara mengganti email facebook

2. Jangan Merusak Citra Foto Teman

Kita tahu bahwa Facebook tidaklah terlepas dari yang namanya foto dari pribadi akun tersebut. Tentunya setiap gambar apapun sangatlah penting dan mempunyai arti baginya. Bahkan foto / gambar yang menurut Anda buruk tapi bagi si pemilik akun belumlah tentu demikian bahkan bisa jadi foto tersebut menyimpan moment yang amat penting.

Karena itulah jangan merusak citra foto teman dengan memberikan komentar buruk, atau sembarang (asal) melakukan tag / menandai foto sehingga melukai perasaan si pemilik akun. Bila melakukan tag ada baiknya mengkonfirmasi / minta ijin terlebih dahulu dengan si pemilik akun, Bila disetujui baru lakukan tag. Sehingga terjalin saling menghargai antar sesama facebooker.

3. Berikan Perhatian

Sering kali kita mendapatkan pemberitahuan teman sedang berulang tahun dari sistem facebook, Nah moment ini bisa digunakan untuk memberikan perhatian kepada sahabat untuk meminimalisir terjadinya penghapusan pertemanan di Facebook. Sekedar mengucapkan 'selamat ulang tahun' , 'happy birthday' tentu bukanlah hal yang amat sulit dan menyita waktu bukan ? Karena itu lakukanlah agar terjadi keharmonisan pertemanan tetap dapat terjalin.

4. Upayakan Posting yang Bermanfaat

Setiap postingan di media sosial facebook tentu dapat terlihat oleh khalayak umum karena itulah upayakan membuat postingan yang bermanfaat, bisa berupa tips, kata motivasi, kabar berita atau lainnya. Hal ini akan memberikan nilai positif dari teman facebook dan meminimalisir terjadinya penghapusan pertemanan. Usahakan jangan selalu melakukan posting yang kata-katanya dianggap 'alay', mengeluh, menggunjing orang lain.

5. Tahan Amarah

Tidak dapat dipungkiri bahwa terkadang pertemanan di Facebook kerap terjadi sedikit gesekan seperti halnya di dunia nyata. Jika terjadi hal demikian sebaiknya tahanlah amarah Anda, Janganlah langsung membalas bila rasa kesal terjadi. Belum tentu hal yang dipikirkan / dirasakan memang benar adanya, bisa saja karena kita salah mengerti ( salah paham ). Lakukan delay terhadap emosi karena hal ini juga akan mencerminkan pribadi yang baik di media sosial selain membuat pertemanan tidak dihapus oleh sababat facebook.

Nah, demikian saja dulu postingan kali ini semoga dapat memberikan manfaat. Salam sukses