"Mobilegeddon" Algorithma Terbaru Google Diluncurkan 21 April



mobilegeddon algorithma google terbaru

Mobilegeddon Algorithma Terbaru Google ~ Pihak Google mengumumkan bahwa pada tanggal 21 april 2015 akan meluncurkan Algorithma terbarunya yaitu "mobilegeddon". Algorithma ini mempunyai tugas menghadang situs yang tidak responsive terhadap pencarian melalui ponsel.

Karena kemajuan teknologi perangkat mobile ( ponsel ) dirasa sudah sangat mendominasi pencarian, Maka Google mengambil langkah cerdas untuk memberikan sinyal positif terhadap situs yang responsive. Label "mobile friendly" pun dilakukan untuk menyaring hasil pencarian melalui ponsel untuk seluruh bahasa yang digunakan.

Sedangkan yang menggunakan perangkat komputer tidaklah akan berpengaruh banyak. Walau demikian yang namanya sudah era ponsel cerdas, Tentu banyak yang menggunakan ponsel untuk melakukan pencarian, Bisa dimana saja dan kapan saja. Jadi mau tidak mau, Suka tidak suka situs Anda yang tidak responsive haruslah dirubah.

Kriteria Mobile-Friendly Versi Googlebot 

Dari blog resmi Webmaster Google dijelaskan ada beberapa kriteria "mobile-friendly" yang akan terdeteksi oleh Googlebot, Dan sebelum mengubah situs / blog Anda ada baiknya membaca kriterianya untuk diterapkan, antara lain :

1. Tidak menggunakan software yang tidak umum diperangkat mobile, misalnya Flash
2. Teks yang digunakan harus dapat terbaca dengan jelas
3. Konten harus dapat terlihat dan terbaca secara penuh dalam satu layar ponsel
4. Memberikan jarak yang cukup antar tautan, Agar tidak salah ketika ditap

Nah, Untuk memastikan apakah situs atau blog Anda responsive sebaiknya cek dahulu lewat tautan berikut ini : https://www.google.com/webmasters/tools/mobile-friendly/

Dan saya cukup bersyukur setelah dicek menggunakan tautan di atas, Blog ini sudah mobile-friendly



Lalu Apa Pengaruh Algorithma Mobilegeddon Terhadap Pencarian ?

Namanya juga era ponsel, Apa-apa ponsel.... apa-apa ponsel, Jadi situs Anda juga bakalan banyak pencarian menggunakan ponsel juga toh ? Sebaliknya pencarian menggunakan perangkat komputer akan berkurang jauh. Orang akan lebih nyaman dan sering menggunakan ponsel ketimbang harus repot-repot membawa laptop apalagi membawa PC ya gak sih ?

Dan repotnya lagi ketika algorithma mobilegeddon ini diluncurkan maka situs yang tidak responsive akan "dianaktirikan" dalam pencarian Google. Jadi jika ada yang melakukan pencarian menggunakan perangkat mobile ( ponsel ) maka situs yang tidak responsive tidak akan diutamakan, Dengan kata lain akan terdahulukan blog yang responsive.
 
Karena itulah maka mau tidak mau, Suka tidak suka situs Anda harus dirubah menjadi responsive ( mobile-friendly ), Walaupun sebenarnya blog yang tidak responsive bukanlah suatu hal ( content ) yang buruk !.

Cara Mengatasi Algorithma Mobilegeddon

Karena algorithma mobilegeddon diciptakan untuk mengoptimalkan hasil pencarian melalui perangkat mobile ( ponsel ), Maka cara mengatasi algoritma ini saya kira cukup simple saja. Yaitu mengaktifkan theme responsive ( template responsive ).

Jika menggunakan Blogspot, ganti template atau aktifkan fitur mobile pada menu template, Sedangkan untuk pengguna Wordpress dapat mengganti theme yang responsive atau menggunakan plugin mobile.

Setelah menggunakan fitur responsive, Ada baiknya lakukan pengecekan terlebih dahulu untuk memastikan kriteria mobile friendly sudah tertanam dalam blog / situs Anda.

Dan bagi Anda yang blog atau situsnya masih belum responsive, Lebih baik upayakan untuk mengubahnya sebelum algorithma mobilegeddon google diluncurkan.