BELAJAR PINTAR CARA KERJA SEO



Belajar Pintar Cara Kerja SEO ~ Cara kerja SEO atau search engine optimization memiliki fokus agar dapat membuat halaman web atau situs dapat memiliki ranking yang tinggi pada halaman hasil pencarian sehingga dapat meningkatkan jumlah pengunjung yang datang ke situs atau web tersebut. Apabila anda tertarik untuk meningkatkan trafik dari website atau situs anda di internet, maka anda bisa mencoba strategi internet marketing yang satu ini, yaitu dengan menggunakan cara kerja SEO.

Fungsi Utama SEO

Mesin pencari memiliki dua fungsi utama yaitu menelusuri dan membuat indeks serta menyediakan daftar ranking pada pengguna mesin pencari dari website yang mereka tentukan sebagai website yang paling relevan.

Untuk membayangkan bagaimana cara kerja SEO dalam menelusuri dan membuat indeks, anda bisa membayangkan bahwa world wide web atau jaringan internet sebagai suatu jaringan stasiun pemberhentian dalam satu sistem kereta bawah tanah di suatu kota besar.

Setiap stasiun pemberhentian adalah dokumen yang unik biasanya berupa halaman web tetapi terkadang dapat pula dalam bentuk PDF, JPG atau jenis dokumen yang lain. Mesin pencari kemudian memerlukan jalan untuk dapat menelusuri seluruh kota dan mencari semua stasiun pemberhentian yang dilewati di jalannya. Sehingga mereka akan menggunakan jalan yang tersedia paling baik yaitu link.
belajar cara kerja seo

Cara Kerja SEO

Link yang ada di struktur suatu web memberikan ikatan yang menyatukan semua halaman web atau situs secara bersama sama. Link memberikan kesempatan bagi robot otomatis yang dimiliki oleh mesin pencari yang disebut dengan “crawlers” atau “spiders” untuk dapat mencapai jutaan dokumen yang saling terkait di web.

Sekali mesin pencari dapat menemukan halaman halaman ini, mereka akan membuka kode yang ada di dalamnya dan menyimpan potongan yang terpilih dalam database yang sangat besar, untuk dapat dipanggil di waktu mendatang ketika dibutuhkan pada kotak pencarian.

Untuk dapat mencapai tugas yang paling monumental yaitu menyimpan jutaan halaman yang dapat diakses dalam waktu hitungan detik, perusahaan mesin pencari telah mengkonstruksikan pusat data di seluruh dunia.

Fasilitas penyimpanan yang sangat besar ini menyimpan ratusan mesin yang memproses informasi dalam jumlah yang sangat besar dengan sangat cepat. Ketika seorang melakukan pencarian dari segala tempat mesin pencari, mereka akan menginginkan hasil yang secepat mungkin; bahkan untuk satu atau dua detik terlambat dapat menyebabkan ketidakpuasan, sehingga mesin pencari bekerja sangat keras untuk dapat memberikan jawaban secepat mungkin.

Memberikan Jawaban Sesuai Relevansi dan Popularitas

Mesin pencari adalah mesin penjawab. Ketika seseorang melakukan pencarian secara online, mesin pencari akan menelusuri jutaan dokumen dan melakukan dua hal: pertama, mesin ini mengembalikan hanya hasil yang relevan atau berguna pada kotak pencari; kedua, mesin pencari memberikan ranking pada hasil hasil pencarian tersebut berdasarkan dari popularitas website yang menyediakan informasi.

Relevansi dan popularitas adalah proses cara kerja SEO yang sangat berpengaruh pada dunia marketing di internet. Bagi mesin pencari, relevansi memiliki arti lebih dari sekedar menemukan halaman dengan kata yang benar.

Pada zaman dahulu di awal kehidupan web, mesin pencari tidak mencari lebih jauh dari cara sederhana ini, dan hasil pencarian sangat terbatas jumlahnya. Setelah bertahun tahun, para insinyur yang cerdas telah membuat cara yang lebih baik untuk dapat mencocokan hasil dengan pertanyaan dari pencarian.

Hari ini, ratusan faktor dapat mempengaruhi relevansi dari hasil pencarian yang dikeluarkan oleh mesin pencari. Mesin pencari biasanya mengasumsikan bahwa semakin populer suatu situs, halaman atau dokumen, maka akan lebih bernilai jenis informasi yang diberikan. Asumsi ini telah dibuktikan dapat bekerja dengan efektif dan sukses berdasarkan kepuasan pelanggan dengan hasil pencarian.

Popularitas dan relevansi tidak ditentukan secara manual. Sebaliknya, mesin pencari menggunakan rumus matematika atau algoritma untuk mengurutkan tingkat relevansi dan kemudian memberikan ranking berdasarkan kualitas atau popularitas web atau situs tersebut. algoritma ini biasanya menggunakan ratusan variabel.

Dalam wilayah cakupan marketing, biasanya hal ini disebut sebagai ranking factor. Dengan mengetahui bagaimana mesin pencari membuat indeks, ranking berdasarkan relevansi, maka SEO kemudian memberikan tingkat relevansi yang lebih tinggi pada website untuk meningkatkan ranking pada hasil mesin pencari.

Nah, itulah segelintir cara kerja SEO, Semoga dapat memberikan manfaat. Salam sukses