10 Tips Menulis Artikel Blog Kualitas SEO Yang Baik



 tips menulis artikel blog kualitas seo yang baik
Tips Menulis Artikel Blog Kualitas SEO Yang Baik ~ Artikel blog yang baik adalah sebuah artikel yang memperhatikan apa yang menjadi kebutuhan pembaca, Sehingga diharapkan setelah membaca ulasan dalam artikel tersebut, para pengunjung akan memperoleh sebuah jawaban atas permasalahan yang tengah mereka hadapi.

Selain itu yang tak kalah penting adalah bagaimana upaya Anda sebagai penulis artikel tersebut dapat berjuang sehingga artikel dapat menduduki peringkat teratas dari sebuah mesin pencari SEO semacam Google atau Yahoo, atau yang lain.

Keuntungan Artikel Blog SEO – Apabila diamati lebih lanjut, maka jika Anda menulis sebuah artikel blog dengan tetap memperhatikan aspek SEO, maka akan banyak keuntungan yang akan Anda peroleh sebab secara tidak langsung akan menunjukkan kualitas diri dan hasil kerja Anda yang sangat berkualitas dan baik kepada para pembaca atau para pengunjung web Anda maupun kepada mesin pencari itu sendiri.

Sebab dengan selalu menyajikan isi artikel yang berbobot , up to date ( berita terbaru), serta selalu berada pada urutan teratas, maka Anda akan dianggap dan dicap sebagai penulis yang dinamis, yang selalu berusaha menyajikan info dan berita terbaru.

Optimalkan Analisis Keyword – Jika Anda ingin menulis artikel yang baik, ingat untuk selalu memperhatikan penggunaan dan pemilihan kata kunci / keyword yang tepat.  Analisa keyword akan melatih kemampuan Anda untuk menggunakan kata serta mengolah rangkaian kata kata yang sering dicari oleh  pengunjung internet melalui search engine.

Ada banyak strategi maupun alat yang dapat digunakan untuk melakukan analisa kata kunci / keyword. Jika Anda dapat menentukan kata kata kunci secara efektif , maka artikel yang Anda tulis tak akan sia-sia , atau bahkan kandas dalam tingkat persaingan perolehan peringkat SERP.

Selain itu juga dapat membuat artikel Anda terhindar dari membanjirnya kata kunci yang dapat merusak artikel Anda , sekaligus dapat melukai SEO blog (banned / penalti ) yang sudah dibangun

Nah, Poin penting untuk menulis artikel blog  kualitas SEO yang baik maka sebaiknya perhatikan hal teknis maupun non teknis berikut :

1. Judul Artikel Blog

Judul merupakan mahkota sebuah tulisan, sebab bagi sebagian besar pengunjung maupun mesin pencari judul mempunyai bobot kata kunci yang cukup tinggi, sehingga Anda harus perhatikan benar kata kunci apa yang yang jadi target andalan Anda sehingga layak Anda gunakan.

Pastikan bahwa keyword penting Anda tercantum sebagai judul artikel Anda. Tapi sedapat mungkin, hindari terjadinya pengulangan / penggunaan keyword secara berlebihan sehingga makna artikel Anda menjadi tak jelas / kabur. Di lain sisi , perhatian utama Anda harus tetap pada  pengunjung, pastikan bahwa judul artikel Anda cukup cukup jelas dan deskriptif , sehingga 80% mampu menjelaskan secara singkat isi kandungan tulisan / artikel Anda.

2. Optimalkan Permalink

Permalink punya batasan dalam jumlah karakter, yang sangat tergantung pada panjang kata yang Anda terapkan. Pastikan bahwa permalink Anda selalu terisi oleh kata kunci / keyword yang tergolong penting serta tak putus. Caranya, edit kata kunci / keyword Anda dengan  mengoptimalkan penggunaan fitur custom permalink. Jangan gunakan fungsi permalink otomatis.

3. Taruh Keyword Penting Di Awal Paragraf 

Tak jarang hal  ini dianggap sebagai pengulangan judul di awal paragraf pertama. Sebenarnya bukan ini yang dimaksud, tapi Anda dapat menulis paragraf pertama secara lebih kaya, variatif, kreatif dan komunikatif.  Justru maksud sebenarnya adalah pada penekanan serta variasi kata kunci, bukan pengulangan atas susunan kata kunci.

4.  Gunakan format heading, italic, bold, dan underline

Hal ini akan memberikan sinyal kepada pembaca maupun mesin pencari tentang pentingnya kata atau kalimat yang ditandai secara khusus. Bentuk huruf, kata, kalimat berbentuk italic, bold atau underline memberi kesan atau tekanan bahwa harus diperhatikan ( penting )

5. Terapkan Meta Deskripsi Yang Unik

Anda dapat menggunakan fitur yang telah disediakan di menu blogger, Terletak di side bar sebelah kanan bagian bawah. Hal ini patut digunakan karena membantu mesin pencari menemukan artikel-artikel yang dicari oleh pengunjung. Masukan juga kata kunci di dalam deskripsi tersebut yang akan membuat artikel semakin seo. Tentu harus diperhatikan kata-kata yang relavan, Sehingga pada saat muncul di penelusuran akan terbaca sebagai sinopsis yang menggambarkan isi artikel blog.

6. Optimalkan Penggunaan Internal / External Link

Link ke  artikel lain dengan fungsi sebagai penjelas dan bersifat referensial termasuk amat penting. Sebab bagi pengunjung, adanya link dalam sebuah artikel menunjukkan dan sekaligus akan mendorong minat pengunjung terhadap artikel lain yang jadi referensi. Dapat berasal dari artikel dalam blog sendiri atau website milik orang lain.

Internal link akan mempermudah pemetaan oleh  search engine sekaligus  pemberian bobot / pagerank terhadap artikel lain yang direkomendasikan / di link.

External link  juga tak kalah penting untuk Google , sebab mereka dapat melihat referensi yang Anda miliki. linkback ke situs yang berkualitas sehingga akan membuat artikel anda nampak natural.

7.  Anchor text

Adalah sebuah teks dimana sebuah link diselipkan. Poin yang satu ini juga penting dan proses penggunaan anchor text sebaiknya dibuat senatural mungkin. Jangan memaksakan penggunaan anchor text dengan kata kunci yang pada akhirnya akan membuat link menjadi terlihat tidak natural

8. Gunakan media visual & gambar

Gambar juga dapat menghadirkan nilai tambah pada search engine dan  pengunjung,  Secara psikologis, Orang akan lebih mudah melihat dan memahami sebuah gambar / visual. Seseorang yang sedang mencari gambar melalui browser akan menjadi tertarik dan rasa ingin tahu sehingga menjadi tergerak untuk mengunjunginya. Bagi search engine gambar akan memberikan nilai tambah pada artikel itu yang dianggap merupakan hal unik tersendiri, Tentunya gambar yang original dan fresh.

9. Optimalkan ukuran file gambar

File gambar yang terlalu besar akan membuat loading blog semakin tertekan dan merusak SEO, Hal ini haruslah diupayakan solusinya dengan cara memperkecil ukuran file gambar. Upayakan file gambar yang diupload tidak lebih dari 25 Kb, Semakin kecil file gambar semakin baik untuk blog.

10. Optimasi Atribut ALT dan Nama File Gambar

Sebuah Artikel Blog yang baik harus tetap memperhatikan Nama file gambar sebab akan memudahkan mesin pencari menganalisa artikel Anda. Hingga saat ini mesin pencari tidak dapat mengenali gambar, Mesin pencari hanya bisa membaca kata-kata atau kalimat berbentuk teks, Oleh karena itu haruslah ditambahkan nama file gambar dan atributnya. Pelajari juga cara optimasi SEO gambar jika belum tahu caranya.

Penting sekali menulis artikel blog kualitas seo yang baik sehingga perolehan pencarian juga akan dapat maksimal baik di mata search engine maupun di mata pengunjung. Demikian artikel kali ini, Semoga dapat memberikan manfaat.