Dasar SEO Wajib Diketahui Pemula



Dasar SEO Wajib DIketahui Pemula

Dasar SEO sangat penting untuk diketahui terutama bagi para pemula yang mulai mengenal istilah SEO. SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization, yaitu satu bentuk tehnik atau cara yang digunakan para pemilik website atau pun blog yang dapat membuat situs mereka tersebut berada pada posisi halaman pertama dalam mesin pencarian seperti halnya Bing, Google, dan juga Yahoo.

Sementara itu yang dimaksud dengan dasar SEO adalah beberapa bentuk pondasi yang wajib untuk diketahui oleh para pemula yang sedang belajar SEO dengan website dan juga blog yang mereka miliki masing-masing.

Dasar SEO ini sangat penting untuk digunakan seorang penula agar ia dapat terlatih menjadi seorang ahli dari bidang SEO terutama dalam membuat situs website atau pun blog yang mereka miliki agar dapat lebih dikenal orang luas, dan berada pada posisi pertama dalam mesin pencarian.

Berikut ini adalah bagian dari dasar-dasar SEO :

On Page SEO

Bagi para pakar pengguna SEO, istilah on page SEO tentu sudah tidak asing lagi mereka dengar. Namun hal ini akan berbeda jadinya bagi para pemula yang baru belajar mengenai dasar SEO. On page SEO sendiri adalah salah satu bentuk pondasi dasar SEO yang berupa tehnik untuk mengoptimisasi halaman dari situs website atau bahkan blog yang Anda miliki dengan cara menerapkan beberapa bentuk kata kunci dasar yang ditargetkan ke dalamnya.

Penggunaan on page SEO ini dalam dasar SEO dapat membawa keuntungan dengan nilainya yang dianggap lebih relevan oleh mesin pencari seperti halnya Google, Bing, atau bahkan Yahoo. Sehingga halaman pada situs website atau blog yang Anda miliki tersebut sudah pasti mendapatkan backlink dengan jumlah yang banyak, dan juga dapat menempati posisi sebagai ranking pertama dalam mesin pencarian tersebut.

Dasar SEO lainnya, yang juga masih termasuk dalam  on page SEO, diantaranya adalah :

1. Tittle Tag

Tittle tag ini dalam dasar SEO sama artinya dengan sebuah judul dalam sistem postingan ataupun artikel yang terdapat pada mesin pencari.  Tampilan dari tittle tag biasanya berbeda karena pada umumnya tittle tag tersebut dibaca oleh mesin pencari. Apabila tittle tag memiliki tampilan yang sama dengan judul postingan yang Anda buat dan telah dipublish pada situs website atau blog yang Anda miliki tersebut, maka yang muncul dalan mesin pencari pun akan sesuai dengan judul dari postingan yang Anda buat itu sendiri.

2. Meta Description

Dalam dasar SEO selanjutnya yang terdapat dalam on page SEO terdapat  bagian yang dinamakan dengan Meta Description. Meta description ini adalah satu bentuk keterangan dari halaman situs atau pun website yang muncul pada mesin pencarian dengan kalimat dari postingan atau pun artikel SEO yang sudah Anda buat. Jadi fungsi dari meta description adalah untuk menarik pengunjung dan memberitahukan kepada mesin pencari tentang isi artikel yang sesuai dengan dekripsi tersebut sehingga dapat mendatangkan traffic.


3. URL

Uniform Resources Locator atau lebih dikenal dengan istilah URL. URL terkait erat dalam dasar SEO yang merupakan suatu bentuk rangkaian karakter disusun berdasarkan format tertentu yang berfungsi untuk menunjukkan alamat sumber, seperti halnya bentuk dokumen atau pun gambar dari internet.

4. Heading

Heading dalam dasar SEO terkadang ada  yang menyamakannya dengan Tittle tag, padahal heading adalah dasar SEO yang berbeda dari tittle tag. Pada bagian heading, dasar SEO dikenal dengan beberapa kumpulan kata yang menjadi bagian dari judul maupun sub judul pada satu bentuk dokumen HTML.

5. Link To Autority Site

Link to Authority Site merupakan satu bentuk dasar SEO dalam on page SEO, yang berguna untuk mengetahui link apa saja yang dapat menunjukan situs website, atau bahkan blog yang sudah dipercaya oleh mesin pencarinya.

Off Page SEO

Off page SEO adalah dasar SEO yang digunakan sebagai cara untuk mengoptimisasi satu bentuk halaman yang terdapat dari luar situnya itu sendiri. Biasanya hal ini lebih dikenal dengan istilah Backlink. Backlink adalah bentuk halaman dari situs website atau pun blug yang Anda miliki muncul pada situs lain yang memiliki page ranking yang lebih tinggi ataupun lebih rendah.

Demikianlah info mengenai, dasar SEO yang wajib para pemula ketahui, semoga bermanfaat.