Aspek-Aspek SEO Untuk Memperoleh Penulisan Artikel Yang Baik



Aspek-aspek SEO untuk Memperoleh Penulisan Artikel yang baik

Aspek SEO sebagai penentu kualitas SEO artikel Anda, sehingga tergolong artikel yang baik tak hanya tergantung dari pemilihan kata kunci yang global, penggunaan template, maupun penggunaan link building yang berkualitas, tapi yang tak kalah penting adalah masalah konten / artikel blog  yang merupakan menu utama. Inilah yang harus Anda pikirkan secara matang lebih daripada masalah yang lain.

Kekayaan kata kunci yang natural pada sebuah artikel yang baik tak hanya tergantung pada judul, meta deskripsi, atau bagian-bagian lain yang dipaksakan hanya untuk memperbanyak kata kunci. Tapi justru terdapat pada aneka kombinasi konten dari artikel itu sendiri.

Artinya  makin bagus dan berkualitas artikel Anda , sudah pasti Anda akan lebih  banyak dan akan lebih memperhatikan aspek-aspek yang penting dari sebuah SEO, sehingga akan makin banyak variasi kata kunci natural pada sebuah web / blog.

Perbedaan Artikel Blog Dengan Artikel Lain Pada Umumnya

Dengan demikian jelaslah sudah perbedaan antara sebuah artikel blog dengan aneka jenis artikel yang lain . Sebuah artikel bisa saja menyentuh, informatif, deskriptif, analogis, solutif, metaforis, bahkan mendayu-dayu dan seterusnya. Tetapi belum tentu artikel tersebut termasuk sebuah artikel blog. Mengapa ?

Sebab ada 1 poin yang belum tersentuh yaitu aspek SEO sebuah artikel. Sebuah artikel blog harus dapat  memberi perhatian penuh kepada pembaca, memberi solusi, bersifat menghibur, juga bersifat informatif, tanpa meninggalkan atau tetap memegang teguh prinsip-prinsip sebuah artikel yang baik. Semua itu belum cukup sebab tetap harus tidak bisa lepas dari konteks sebuah SEO, dimana Anda harus berjuang agar artikel Anda dapat muncul pada urutan teratas  pada mesin pencari SEO.

Aspek Aspek SEO

Inilah tips untuk proses penulisan sebuah artikel Blog , dimana Anda harus memperhatikan aspek SEO sebagai berikut :

A.    Hal Yang Harus Dilakukan Sebelum Menulis / Posting Sebuah Artikel Blog

1.     Pilih topik yang tepat

Ini termasuk sebuah aspek penting . Pilih topik yang paling banyak dicari orang, yang paling banyak diinginkan pembaca / pengunjung internet. Sesuaikan dengan keinginan pasar, sehingga artikel Anda akan banyak dicari orang. Bukankah menulis artikel yang berkualitas sama halnya dengan berjualan suatu barang yang banyak dibutuhkan orang ?  Carilah topik tulisan yang bersifat abadi / dapat bertahan lama, sehingga topik ini harus asli atau bahkan unik.  

2.     Lakukan analisa kompetisi

Sering memperhatikan hal hal yang dilakukan oleh web kompetitor, terutama web yang mengandung  topik, niche, atau ruang tema yang sejenis dengan web Anda. Strategi artikel yang digunakan kompetitor, artikel apa yang mereka tulis serta jenis postingan, bagaimana peringkat SERP dari artikel kompetitor, dll adalah hal hal yang harus Anda perhatikan dari artikel kompetitor Anda, bahkan gunakan poin penting mereka sebagai petunjuk, dalam arti carilah celah yang masih mungkin Anda garap dalam artikel Anda..

3.     Lakukan Prediksi Trend dan Re-chek

Trend adalah sesuatu yang berkaitan dengan apa yang sedang banyak dibicarakan, jadi fokus perhatian sehingga banyak dicari. Trend yang abadi adalah topik selalu ada yang tak dapat dipisahkan dengan kehidupan.

Pasang telinga, ikuti aneka trend topik yang sedang terjadi serta jadi pembicaraan banyak orang.  Libatkan diri Anda dalam aneka media sosial , sehingga Anda dapat menemukan kata kunci yang selalu mengikuti trend yang sedang in. Inilah bukti bahwa artikel Anda selalu dinamis , sehingga banyak pembaca dan pengunjung. Sekaligus akan menunjukkan pada SEO bahwa blog anda selalu menyediakan konten yang segar dan terbaru kepada para pembaca.

4.     Tentukan Artikel Yang Layak : Perhatikan Pengunjung dan SEO

Strategi ini akhirnya hanya melibatkan 2 hal utama :

a.    Kebutuhan pengunjung
b.    Kebutuhan SEO (dalam hal ini SEO )

Keduanya saling tergantung dan bersifat sinergis, karena apa yang dibutuhkan oleh SEO adalah hal apa yang pada umumnya bermanfaat sekaligus dapat menjawab segala aspek yang dibutuhkan para pengunjung. Termasuk di dalamnya antara lain adalah kata kunci dan trend.

Anda boleh saja menulis artikel tentang kegiatan harian Anda, tapi apakah hal ini bersifat SEO, yang artinya dapat menjawab kebutuhan para pembaca pada umumnya ? Jadi berpikir lagi 1000 kali sebelum Anda menentukan sebuah topik dari artikel Anda sebab apa yang Anda tulis adalah sebuah artikel yang memperhatikan aspek SEO, bukan curahan hati Anda atau catatan harian Anda.