FB LEGACY CONTACT FITUR AHLI WARIS FACEBOOK



Fb Legacy Contact fitur ahli waris facebook

Banyaknya akun pengguna Facebook (Fb) yang ikut mati pada saat penggunanya telah meninggal dunia menyebabkan pihak facebook berfikir cerdas untuk mencari jalan keluarnya. Dan tepatnya pada tanggal 12 februari 2015 melalui newsroom facebook mengumumkan fitur baru Legacy Contact (kontak warisan) sebagai solusinya.

Melalui fitur ini para pemilik akun Facebook dapat memilih akun anggota keluarganya ataupun orang terdekatnya untuk dapat memelihara atau mengatur akunnya jika sudah meninggal.

Ada 3 hal yang dapat dilakukan oleh para pewaris akun dengan menggunakan fitur FB Legacy Contact Yaitu :

1. Memposting ungkapan belasungkawa di timeline almarhum untuk diabadikan
    Misalnya : mengumumkan upacara peringatan

2. Menanggapi permintaan teman baru dari anggota keluarga / saudara / teman lain yang belum sempat terhubung

3. Meng-update foto profil dan cover laman facebook

Pengguna juga dapat mengatur untuk memberikan izin kepada si pewaris akun facebook agar kelak bisa mengunduh data dari facebooknya, seperti gambar / foto, postingan, atau berupa informasi lain tetapi pewaris tidak dapat masuk sebagai orang yang telah meninggal dan tidak dapat melihat pesan pribadi orang tersebut.

Pewaris akun pun tidak dapat menghapus akun almarhum secara langsung, Jika menghendaki untuk melakukan penghapusan maka langkah selanjutnya ialah menghubungi pihak Facebook untuk melakukannya penghapusan secara permanen.

Anda dapat mencoba cara membuat Fb Legacy Contact melalui menu

Setting > Security > Legacy Contact

Setelah berada di menu kontak warisan, Ada pilihan pesan yang dapat dilakukan untuk mengirimkan pesan kepada seseorang yang menjadi tujuan warisan. Nah , Anda bisa memilih kerabat dekat, teman yang sangat dipercaya.

Menu selanjutnya ialah perizinan data arsip yang dapat disetting sesuai dengan kehendak pemilik akun, apakah memperbolehkan data-datanya berupa tulisan, foto atau info profil untuk didownload nantinya

Sebagai bagian dari penghormatan terhadap almarhum maka dapat ditambahkan di bagian timeline sebagai "pengingat", misalnya berupa hari peringatan kematian, atau acara lainnya. ( Lihat Video di bawah ini )


Apakah Anda sudah mempunyai rencana mewariskan akun Facebook Anda? Sayangnya saat ini  penggunaan Fb Legacy Contact sebagai fitur ahli waris facebook yang pertama baru diterapkan pada wilayah Amerika Serikat. Penelitian dan pengembangan fitur masih terus dilakukan untuk memberikan dukungan kenyaman para pengguna Facebook. Semoga dapat memberikan manfaat, Salam sukses.