INI DIA PENYEBAB PENDAPATAN ADSENSE 2015 MENURUN



Ini Dia Penyebab Pendapatan Adsense 2015 Menurun  ~ Sejak Awal Januari 2015 hingga awal pebruari 2015 ini masih ditemui hasil perolehan CPC yang sangat rendah, Kisaran CPC yang ditawarkan antara U$0.03 – 0.07 per click. Banyak publisher yang mengeluhkan rendahnya penghasilan Google Adsense, Sedangkan trafik blog yang dihasilkan tidak menurun bahkan ada yang cenderung meningkat akan tetapi perolehan Adsense menurun jauh dari biasanya.

penyebab pendapatan Adsense menurun

Penyelidikanpun diupayakan para blogger untuk mencari jawaban apa yang sebenarnya menjadi  penyebab CPC rendah. Berbagai pendapatpun saya terima, ada yang mengatakan bahwa karena blog gado-gado, biasa kalau baru ganti tahun, Google melakukan proses kontrak baru dan lain sebagainya. Saya tidak mengatakan bahwa semua itu salah, tetapi saya tidak yakin akan hal tersebut sehingga mencari tahu lebih dalam lagi.

Dari hasil cari tahu diberbagai media social diketahui bahwa pada laporan keuangan Q4 2014 (baca : Quartal  4 tahun 2014), Google mencatatkan pertumbuhan pendapatan sebesar 15%. Ya.. suatu angka yang terbilang sangatlah besar, tetapi hal ini tidak cukup tinggi bila dibandingkan target yang ditetapkan oleh Wall Street.

Pada Q4 2014, Google memperoleh pendapatan US$ 14.5 miliar suatu hasil yang meningkat sebesar 17% dibandingkan pendapatannya pada kuartal yang sama pada tahun 2013, Yaitu US$12.4 miliar.

Sama halnya dengan pertumbuhan nilai saham juga tidak mencapai target yang kini nilainya hanya US$ 6.88 dibandingkan target sebelumnya yaitu mencapai US$ 7.11 per lembar.

Hal di atas terjadi karena adanya penurunan tariff pemasangan iklan online, serta fluktuasi nilai mata uang asing yang sangat besar (Reuters, 30/1/2015).

Penyebab lainnya adalah banyaknya pengakses layanan online melalui perangkat mobile seperti ponsel dan tablet karena tarif pemasangan iklan di perangkat seperti itu jauh lebih murah jika dibanding dengan perangkat yang lainnya.

Dari pihak Google mengatakan bahwa tarif rata-rata untuk iklan online ( CPC=Cost Per Click ) menurun hingga 3 % dibanding pada tahun 2013, sementara jumlah konsumen yang mengklik iklan meningkat 14 %. Dan kita tahu bahwa nilai CPC merupakan faktor perkalian yang sangat menentukan hasil akhir dari banyaknya klik.

Sebagai salah satu publisher Adsense sangat mengharapkan fluktuasi akan kembali normal sehingga biaya pemasangan iklan kembali meningkat dengan ditandai meningkatnya CPC. Jalan lain untuk menghadapi pendapatan Adsense 2015 yang menurun adalah meningkatkan trafik blog agar dapat menopang penurunan pendapatan Adsense yang terlanjur dicintai para publisher dan tetap mensyukuri hasil yang telah diperoleh.

Ok, Sekian dulu cuap-cuap kali ini , semoga dapat memberikan manfaat. Salam sukses